Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV

Authors

  • Dian Oktafiani Sultan Ageng Tirtayasa University
  • Lukman Nulhakim
  • Trian Pamungkas Alamsyah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261

Keywords:

multimedia interaktif, adobe flash, gaya

Abstract

Variasi dalam pembelajaran sangat penting untuk diterapkan di sekolah agar siswa tidak merasa jenuh dan kurangnya motivasi dalam belajar. Salah satunya yaitu dengan pengadaan media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash dapat menjadi salah satu alternatif pilihan media khususnya pada saat adanya virus pandemi Covid-19 seperti saat ini, sehingga dapat menjadi satu diantara cara bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Data diperoleh dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil kelayakan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu dilakukan oleh tim ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan kategori interpretasi “Sangat Layak”, sedangkan respon siswa yang diketahui dari uji coba secara terbatas pada siswa kelas 4 didapatkan kategori interpretasi “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash pada materi gaya (macam-macam gaya) sangat baik dan layak digunakan di sekolah dasar. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash ini berimplikasi pada meningkatnya motivasi belajar, memudahkan siswa dalam memahami materi di masa pandemi covid-19, dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

References

Akbar, N.S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Energi Alternatif Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Perumnas Condongcatur. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(6):109-117.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

BSNP. (2008). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Madcoms. (2012). Adobe Flash CS3. Yogyakarta: Andi.

Pranowo, G. (2011). Kreasi Animasi Interaktif dengan Action Script 3.0 pada Flash CS5. Yogyakarta : Andi Offset.

Prastowo, Andi. (2018). Sumber Belajar & Pusar sumber Belajar Teori Dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.

Putra, K.A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Bagi Siswa Kelas III SD. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 6(3): 268-281.

Ridwan. (2015). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261

Issue

Section

Articles