PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) BERBANTUAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS RADEN AJENG KARTINI

Authors

  • Ni Putu Dita Wisna Wati .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .
  • Dr. I Wayan Rinda Suardika,S.Pd, M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3002

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan bahan ajar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus Raden Ajeng Kartini Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus Raden Ajeng Kartini yang berjumlah 531 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yang diacak adalah kelasnya untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan hasil pengundian yaitu siswa kelas VB SD Negeri 19 Pemecutan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 41 orang siswa dan siswa kelas VA SD Negeri 27 Pemecutan sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 42 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes jenis objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thit = 4,95 > ttab = 1,990 pada taraf signifikansi 5% dan dk=81. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbantuan bahan ajar dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata hasil belajar IPS juga menunjukkan bahwa kelompok eksperimen = 82,21 > = 72,30 pada kelompok kontrol. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan bahan ajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus Raden Ajeng Kartini Kecamatan Denpasar Barat.
Kata Kunci : model pembelajaran SAVI berbantuan bahan ajar, pembelajaran konvensional, hasil belajar IPS

This research was aimed to know the significant differences of social science learning result between students who were taught by using Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) learning model assisted instructional materials with students who learned with the conventional learning in fifth grade SD Gugus Raden Ajeng Kartini West Denpasar District of academic year 2013/2014. Kind of this research was a quasi-experimental study with research design that used is Non Equivalent Control Group Design. The population in this research were all students of fifth grade in SD Gugus Raden Ajeng Kartini West Denpasar District of academic year 2013/2014 as many as 531 students. The samples was selected by using random sampling technique where some classes were randomized to determine the eksperimental group and control group. After randoming those classes, 41 fifth grade students of SD Negeri 19 Pemecutan were determined as eksperimental group and 42 fifth grade students of SD Negeri 27 Pemecutan were determined as control group. The data in this research was collected by giving objective test in the form of multiple choice to the eksperimental and control group. The collected data was analyzed by using statistic descriptive analysis and infertial statistic (t-test). The result of data analysis showed that tcount = 4,95 > ttable = 1,990 with 5% significance level and degree of freedom is 81. The finding reveald that, there is a significant effect on social science learning result between students who were taught by using Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) learning model assisted instructional materials with students who learned with the conventional learning, and mean score of eksperimental group also showed = 82,21, it is bigger than the mean score of control group which was = 72,30. Therefore, it can be conclude that Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) learning model assisted instructional materials has obvious effect toward social science learning result of fifth grade students at SD Gugus Raden Ajeng Kartini West Denpasar District.
keyword : SAVI learning model assisted instructional materials, conventional learning, and social science learning result

Published

2014-06-20

How to Cite

., N. P. D. W. W., ., D. I. W. D., & ., D. I. W. R. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) BERBANTUAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS RADEN AJENG KARTINI. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3002

Issue

Section

Articles