MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERNUANSA VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS LETKOL WISNU

Authors

  • Ni Made Ayu Purwandari .
  • Dr. I Wayan Rinda Suardika,S.Pd, M.Si .
  • Drs. Made Putra, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning bernuansa VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD gugus Letkol Wisnu Denpasar tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 338 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa yang terdiri dari siswa kelas VA SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 12 Peguyangan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Tes yang digunakan adalah tes hasil belajar IPA dengan bentuk tes pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning bernuansa VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional (80,3 > 60,5). Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan db = 62 ( n1+n2-2 = 64 – 2 = 62 ) pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung >ttabel (5,801 > 2,000), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning bernuansa VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model experiential learning bernuansa VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD gugus Letkol Wisnu Denpasar tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : model experiential learning, VAK, hasil belajar IPA.

This study aims to determine significant differences in learning outcomes of science between students that learned through experiential learning model of nuanced VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) with students that learned through conventional learning in fifth grade elementary school students in Gugus Letkol Wisnu Denpasar academic year 2013/2014. This study is a kind of quasi-experimental research with nonequivalent control group design. The population was fifth grade elementary school students in Gugus Letkol Wisnu Denpasar academic year 2013/2014 as many as 338 students. While the sample in this study were 64 students consisting of VA grade students of SD Negeri 1 Peguyangan as the experimental group and fifth grade students of SD Negeri 12 Peguyangan as a control group. Data collected by the test method. The test used is the science achievement test in the form of multiple choice test. Data were analyzed using t-test analysis. The results showed that the average science student learning outcomes that learned through experiential learning model of nuanced VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) higher than the average science student learning outcomes that learned through conventional learning (80,3 > 60,5). Based on the results of t-test analysis with db = 62 (n1+n2-2=64-2=62 ) at the 5% significance level obtained thit > ttab (5,801 > 2,000) , Ho is rejected and Ha accepted. This proves that there are significant differences between students science learning outcomes that learned through experiential learning model of nuanced VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) with students that learned through conventional teaching in fifth grade elementary school students in Gugus Letkol Wisnu Denpasar academic year 2013/2014. Thus, it can be concluded that the application of experiential learning model of nuanced VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) affect the learning outcome of students fifth grade elementary science in Gugus Letkol Wisnu Denpasar academic year 2013/2014.
keyword : experiential learning model, VAK, science learning outcomes

Published

2014-06-20

How to Cite

., N. M. A. P., ., D. I. W. R. S. M., & ., D. M. P. M. (2014). MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERNUANSA VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS LETKOL WISNU. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3007