PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS KAPTEN JAPA DENPASAR UTARA

Authors

  • I PUTU TOMMI PURWANTO .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .
  • Drs. Made Putra, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3008

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Powerpoint dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensinal pada siswa kelas V SD Gugus Kapten Japa Denpasar Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non Equvalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Kapten Japa yang berjumlah 264 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yang diacak adalah kelasnya untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil pengundian yaitu siswa kelas V SD N 33 Dangin Puri sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan kelas V SD N 20 Dangin Puri sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu uji beda mean (uji-t). Hasil pengujian menunjukan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Powerpoint dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensinal. Hal tersebut dapat dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen X ̅ = 81,06 > X ̅ = 75,85 pada kelas kontrol dan berdasarkan kreteria pengujian thitung = 4,82 > ttabel (α= 0,05, 63) = 2,000 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Gugus Kapten Japa Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Generatif, Media Powerpoint, Hasil Belajar PKn

This research aimed at knowing the significantly different in citizenship study between groups of students’ learning by using generative learning helped by power point with students who involved in conventional learning in grade V of Elementary school students at SD Gugus Kapten Japa in north denpasar district. Type of this study was experimental research used quasi experimental design. The subjects of this research were grade V of Elementary school students at SD Gugus Kapten Japa in North Denpasar district. Sample were taken randomly namely, grade V of Elementary school students at SD N 33 Dangin Puri as an experimental class with the number of the students of each group were 32 students and grade V of Elementary school students at SD N 20 Dangin Puri as controlled class with the number of the students of each group were 31 students. The technique used in collecting the data in this research was objective test. Statistical analysis used to test the research hypothesis was test of different mean (t-test). The analysis showed that there was the significantly different in citizenship study between the students’ learning by using generative learning helped by power point with the students who involved in conventional learning. It was be evidenced that the average score reached of experimental class was X ̅ = 82,18 > X ̅ = 70,71 in controlled class, and by virtue of testing criteria is value = 4,82 > table = 2,000 with. result H0 is not accept dan Ha is accept. it can be concluded that the used of generative learning helped by power point influenced the students citizenship study in grade V of Elementary school students at SD Gugus Kapten Japa in North Denpasar district.
keyword : generative learning, power point, citizenship study

Published

2014-06-20

How to Cite

., I. P. T. P., ., D. I. G. A. A. S. A., & ., D. M. P. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS KAPTEN JAPA DENPASAR UTARA . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3008

Issue

Section

Articles