MODEL TEMATIK BERNUANSA KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN MEDIA ANIMASI BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS KAPTEN JAPA

Authors

  • Ni Wayan Budi Santika Dewi .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3065

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa Denpasar Utara yang dibelajarkan menggunakan model tematik bernuansa kearifan lokal berbantuan media animasi dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain eksperimen “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa Denpasar Utara. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA pada ranah kognitif. Data dikumpulkan melalui metode tes, yaitu tes hasil belajar IPA dengan bentuk objektif tipe pilihan ganda biasa. Data hasil belajar IPA dianalisis menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thit = 4,14 > ttab (α= 0,05, 65) = 2,00, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model tematik bernuansa kearifan lokal berbantuan media animasi dan yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal ini juga didukung oleh perbedaan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (83.57>77.52). Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model tematik bernuansa kearifan lokal berbantuan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa Denpasar Utara.
Kata Kunci : model tematik, kearifan lokal, media animasi, hasil belajar.

The study aimed at understanding the significant differences in students’ science learning outcomes between thoses who have been assisted by means of thematic model in the nuances of local wisdom, as well as equipped by the animation media, and those who learn conventionally in the third grade Public Elementary School Gugus Kapten Japa, North Denpasar. This research was a quasi experiment applied study with the experimental design of “Nonequivalent Control Group Design”. The research population was all the third grade Public Elementary School Gugus Kapten Japa, North Denpasar. The samples were established by random sampling technique. The collected data was the students’ science learning outcomes in cognitive aspect. The data was collection was undergone by testing method; the outcomes were tested by objective type test with a regular multiple choices. The data then was analyzed by t-test. In reference to the data analysis, it was obtained tcount = 4.14 > ttable (α=0.05,65) = 2,00, Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, it can be interpreted that there are significant differences in regards to the students’ science learning outcomes between the ones learning by means of thematic model with the local wisdom nuances, equipped by animation media and the conventionally learning students. It is also supported by the difference in average of the outcomes between the experimental group that is higher than the control group (83,57>77.52). Therefore, it can be concluded that the thematic model with the nuances of local wisdom and the assisting animation media influence the students’ science learning outcomes at third grade Public Elementary School Gugus Kapten Japa, North Denpasar.
keyword : thematic model, local wisdom, animation media, learning outcomes.

Published

2014-06-24

How to Cite

., N. W. B. S. D., ., D. M. R. K., & ., D. I. G. A. O. N. M. (2014). MODEL TEMATIK BERNUANSA KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN MEDIA ANIMASI BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS KAPTEN JAPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3065

Issue

Section

Articles