Model Problem Based Learning Menggunakan Metode Probing-Prompting Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

  • Ni Kadek Kariani .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3098

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara yang dibelajarkan melalui penerapan model Problem Based Learning menggunakan metode Probing-Prompting dengan yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequevalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara yang berjumlah 102 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 80 orang siswa yaitu 40 orang siswa dari kelas VA yang menjadi kelompok eksperimen dan 40 orang siswa dari kelas VB yang menjadi kelompok kontrol. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan teknik tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 1 = 80,34 > 2 = 71,17 kelompok kontrol. Selanjutnya berdasarkan uji hipotesis diperoleh = 4,83, sedangkan dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 40 + 40 –2 = 78 diperoleh harga ttabel = 2,00, sehingga = 4,83 > ttabel (α=0,05, 78) = 2,00, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok dan hasil uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning menggunakan metode Probing-Prompting berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Probing-Prompting, hasil belajar IPA

This study aimed to determining the significant difference of science learning outcomes between students who were taught by Problem Based Learning model using Probing-Prompting method and students who were taught by conventional learning of fifth graders of SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara year 2013/2014. This study was a quasy experimental design with used Nonequivalent Control Group Design. The population of this study was all fifth graders of SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara amounted of 102 students. The sample of this study was 80 students that devide as two groups, 40 students from VA as the experimental group and 40 students from VB as the control group. This study used saturation sampling technique as the sampling method. Data of science learning outcomes were collected by using test methods, then analyzed by using t-test. By analyzing the data, it was found that the average value of experimental group X ̅ = 80,34 > X ̅ = 71,17 control group. Then, based on t-test, it was found that tcount = 4,83 and with 5% of significance level and df = 40 + 40 – 2 = 78, it was found that ttable = 2,000, so tcount = 4,83 > ttable(α=0,05,78) = 2,000, then H0 rejected and Ha accepted. Based on the difference of average values both groups coupled with the result of hypothesis testing, it can be concluded that the application of Problem Based Learning model using Probing-Prompting method indeed affects the science learning outcomes of the fifth graders of SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara year 2013/2014.
keyword : Problem Based Learning, Probing-Prompting, Science learning outcomes

Published

2014-06-26

How to Cite

., N. K. K., ., D. S. P. M., & ., D. I. K. A. (2014). Model Problem Based Learning Menggunakan Metode Probing-Prompting Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3098

Issue

Section

Articles