STRATEGI PEER LESSONS BERBANTUAN PICTURE AND PICTURE BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V

I Gusti Ayu Riani Wisesa ., Drs. Made Putra, M.Pd ., DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signiifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi peer lessons berbantuan picture and picture dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Kontrol Group Desain. Populasi yang dilibatkan adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara yang berjumlah 102 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 74 orang siswa yaitu 37 orang siswa dari kelas VA yang menjadi kelompok eksperimen dan 37 orang siswa dari kelas VB yang menjadi kelompok kontrol. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampel jenuh. Data yang dikumpulkan adalah data tentang hasil belajar IPS siswa pada aspek kognitif dengan teknik tes. Data hasil belajar IPS aspek kognitif dikumpulkan menggunakan metode tes jenis objektif (Multiple Choise Test) kemudian data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas V yang dibelajarkan menggunakan strategi peer lessons berbantuan picture and picture lebih dari siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional (71,09>60,18). Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi peer lessons berbantuan picture and picture dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung=5,30:ttabel=2,000). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi peer lessons berbantuan picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara.
Kata Kunci : peer lessons, hasil belajar

This experiment aims to determine the significant in social learning outcomes between students who thought by using peer lessons strategy through picture and picture with student who thought by using conventional learning in the fifth grade of SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara. The experiment is a quasi experiment with experiment design which using a Non-Equivalent Control Group Design. Population involved was all of the students in the fifth grade of SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara amount 102 students. The experiment sample amount 74 students, there are 37 students from class VA which become experiment group and 37 students from VB which become control group. The experiment sample was getting by saturation sample technique. Data were collected using social learning outcomes test on cognitive aspect. Data were collected by multiple choise test, then analyzed using t-test. The average of social learning outcomes students who thought by using peer lessons strategy through picture and picture is more than students who thought by using conventional learning (71,09>60,18). The results indicate that there are significant differences in social learning outcomes between students who thought by using peer lessons strategy through picture and picture with students who thought by using conventional learning (thitung=5,30:ttabel=2,000). Conclusions of this experiment that there are effect of the application of peer lessons strategy through picture and picture on social learning outcomes in the fifth grade of SD Negeri 21 Pemecutan Denpasar Utara.
keyword : Peer lessons, learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.