Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dan NHT Dalam Pembelajaran IPS Tingkat SD

Authors

  • I Made Harman Sulaksana universitas pendidikan ganesha
  • I Made Citra Wibawa universitas pendidikan ganesha
  • Ni Wayan Arini unniversitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31021

Keywords:

picture and picture, NHT, IPS

Abstract

Kurang maksimalnya guru dalam memanfaatkan model pembelajaran dan penggunaan alat peraga selama proses pembelajaran IPS serta kurangnya motivasi belajar akan sangat berpengaruh pada keberhasilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat agar siswa mampu mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan efektivitas dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan NHT untuk meningkatkan hasil belajar IPS tingkat SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian meta analisis dengan cara review naratif dan sistematik artikel ilmiah. Subjek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan NHT pada mata pelajaran IPS tingkat SD. Metode pengumpulan data yang dilaksanakan melalui penulusuran jurnal online dari google scholar dengan total 10 artikel yang dipilih dari setiap tipe pembelajaran membahas 5 artikel ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai gain yang diperoleh dari hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture memiliki nilai rata-rata 2,83, sedangkan pada tipe NHT memiliki nilai rata-rata 19,74. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif untuk diimplementasikan dalam pelajaran IPS siswa SD. Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, siswa akan aktif selama pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Author Biography

I Made Harman Sulaksana, universitas pendidikan ganesha

PGSD

References

Ani, N. K. K., Darsana, I. W., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11018

Apriandi, D. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) Dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Di Kabupaten Bantul Ditinjau Dari Aktivitas Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v1i1.467

Aprilia, L. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530

Astuti, H. P., Nugroho, A. A. E., & Dewi, N. A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Keanekaragaman Hayati Dalam Pembentukan Empati Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.23573

Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Picture and Picture untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368

Elida. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas IX. 7 Smp 21 Kota Pekanbaru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 135–143. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1077

Fauziah, T., & Bermawi, Y. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Materi Peninggalan Sejarah di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(3), 79–87. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7503

Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502

Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12–29. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29

Indrawan, I. W. A., Manuaba, I. B. S., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632

Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran CORE Dan NHT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74–79. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/230

Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 251–263. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p251-263

Mana’a, S., Saneba, B., & Palimbong, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(3), 1–12. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3194

Maponga, R. D., & Anse, L. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NNT) di Kelas VI SDN 1 Koroha. Journal Of Basication (Job): Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 123–128. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i3.14407

Marasiwi, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Premiere Educandum, 7(1), 19–27. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1140

Marina, C. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dipadu dengan Model Picture and Picture yang Dikembangkan Melalui Lesson Study. JINOP (JURNAL INOVASI PEMBELAJARAN), 2(1), 256–269. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3284

Mayasari, S., & N, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 37 Pekanbaru. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 313–318. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6659

Mikaningsih, J. N. A. (2014). Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.54

Murwanto, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Numbered-Head-Together ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Jurnal Sainsmat, 9(1), 14–28. https://doi.org/10.35580/sainsmat91141872020

Nilasari, E. P., & Subroto, W. T. (2013). Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2956

Otiarka, A. F., & Susilo, T. D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Media Stik Keberuntungan. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(6), 640–614. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/144

Paramita, N. M. A. S., Rati, N. W., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar Ips Siswa Kelas V. Journal Of Education Technology, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/Jet.V3i1.17957

Passalowongi, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 275–282. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.341

Pitriani, N. W., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10789

Prasetyo, R. S. J. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Materi Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jatisarono Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1–7. http://ojs.upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/994

Pratama, G. H. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar Ilmu, 23(1), 131–141. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402

Rahmi, S. O., & Adnan, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 43 Sungai Sapih Padang. Jurnal Basicedu, 3(2), 666–673. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.53

Rohima, Sukmawati, & Rosnita. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(5). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20008

Rosmalem. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(2), 153–161. https://doi.org/10.24114/jh.v6i2.6529

Suasaningdyah, E. (2018). Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain Layang-Layang Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 105. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p105-115

Sulastri, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas V SDN 43 Rejang Lebong. Pendipa Journal of Science Education, 4(3), 46–51. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.46-51

Sumarni, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Sederhana Materi Pembagian Siswa Kelas II. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 61–68. https://doi.org/10.24176/re.v7i1.1813

Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10144

Susanto, F., & Ayuni, I. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe NHT Dengan Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Sistematis Bagi Peserta Didik SMP Di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Aksioma, 6(3), 301–307. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1054

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Sutriningsih, N., Pratiwi, R., & Utami, B. H. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal E-Dumath, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.26638/je.717.2064

Syah, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 016 Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(3), 346–350. https://doi.org/10.33578/Pjr.V2i3.5527

Tanjung, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Siswa Kelas V A SD Negeri 200402 Sabungan Padangsidimpuan 2017- 2018. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 45–48. https://doi.org/10.31604/Ristekdik.2018.V3i2.45-48

Utama, M., & Sari, D. L. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Make A Match Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar - Suruh. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 82–99. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p82-99

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Sulaksana, I. M. H., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dan NHT Dalam Pembelajaran IPS Tingkat SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 64–73. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31021

Issue

Section

Articles