Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dan NHT Dalam Pembelajaran IPS Tingkat SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31021Keywords:
picture and picture, NHT, IPSAbstract
Kurang maksimalnya guru dalam memanfaatkan model pembelajaran dan penggunaan alat peraga selama proses pembelajaran IPS serta kurangnya motivasi belajar akan sangat berpengaruh pada keberhasilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat agar siswa mampu mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan efektivitas dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan NHT untuk meningkatkan hasil belajar IPS tingkat SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian meta analisis dengan cara review naratif dan sistematik artikel ilmiah. Subjek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan NHT pada mata pelajaran IPS tingkat SD. Metode pengumpulan data yang dilaksanakan melalui penulusuran jurnal online dari google scholar dengan total 10 artikel yang dipilih dari setiap tipe pembelajaran membahas 5 artikel ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai gain yang diperoleh dari hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture memiliki nilai rata-rata 2,83, sedangkan pada tipe NHT memiliki nilai rata-rata 19,74. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif untuk diimplementasikan dalam pelajaran IPS siswa SD. Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, siswa akan aktif selama pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
References
Ani, N. K. K., Darsana, I. W., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11018
Apriandi, D. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) Dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Di Kabupaten Bantul Ditinjau Dari Aktivitas Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v1i1.467
Aprilia, L. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530
Astuti, H. P., Nugroho, A. A. E., & Dewi, N. A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Keanekaragaman Hayati Dalam Pembentukan Empati Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.23573
Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Picture and Picture untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368
Elida. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas IX. 7 Smp 21 Kota Pekanbaru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 135–143. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1077
Fauziah, T., & Bermawi, Y. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Materi Peninggalan Sejarah di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(3), 79–87. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7503
Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502
Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12–29. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29
Indrawan, I. W. A., Manuaba, I. B. S., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632
Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran CORE Dan NHT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74–79. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/230
Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 251–263. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p251-263
Mana’a, S., Saneba, B., & Palimbong, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(3), 1–12. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3194
Maponga, R. D., & Anse, L. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NNT) di Kelas VI SDN 1 Koroha. Journal Of Basication (Job): Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 123–128. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i3.14407
Marasiwi, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Premiere Educandum, 7(1), 19–27. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1140
Marina, C. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dipadu dengan Model Picture and Picture yang Dikembangkan Melalui Lesson Study. JINOP (JURNAL INOVASI PEMBELAJARAN), 2(1), 256–269. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3284
Mayasari, S., & N, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 37 Pekanbaru. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 313–318. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6659
Mikaningsih, J. N. A. (2014). Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.54
Murwanto, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Numbered-Head-Together ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Jurnal Sainsmat, 9(1), 14–28. https://doi.org/10.35580/sainsmat91141872020
Nilasari, E. P., & Subroto, W. T. (2013). Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2956
Otiarka, A. F., & Susilo, T. D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Media Stik Keberuntungan. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(6), 640–614. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/144
Paramita, N. M. A. S., Rati, N. W., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar Ips Siswa Kelas V. Journal Of Education Technology, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/Jet.V3i1.17957
Passalowongi, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 275–282. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.341
Pitriani, N. W., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10789
Prasetyo, R. S. J. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Materi Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jatisarono Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1–7. http://ojs.upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/994
Pratama, G. H. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar Ilmu, 23(1), 131–141. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402
Rahmi, S. O., & Adnan, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 43 Sungai Sapih Padang. Jurnal Basicedu, 3(2), 666–673. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.53
Rohima, Sukmawati, & Rosnita. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(5). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20008
Rosmalem. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(2), 153–161. https://doi.org/10.24114/jh.v6i2.6529
Suasaningdyah, E. (2018). Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain Layang-Layang Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 105. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p105-115
Sulastri, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas V SDN 43 Rejang Lebong. Pendipa Journal of Science Education, 4(3), 46–51. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.46-51
Sumarni, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Sederhana Materi Pembagian Siswa Kelas II. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 61–68. https://doi.org/10.24176/re.v7i1.1813
Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10144
Susanto, F., & Ayuni, I. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe NHT Dengan Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Sistematis Bagi Peserta Didik SMP Di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Aksioma, 6(3), 301–307. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1054
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Sutriningsih, N., Pratiwi, R., & Utami, B. H. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal E-Dumath, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.26638/je.717.2064
Syah, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 016 Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(3), 346–350. https://doi.org/10.33578/Pjr.V2i3.5527
Tanjung, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Siswa Kelas V A SD Negeri 200402 Sabungan Padangsidimpuan 2017- 2018. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 45–48. https://doi.org/10.31604/Ristekdik.2018.V3i2.45-48
Utama, M., & Sari, D. L. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Make A Match Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar - Suruh. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 82–99. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p82-99
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)