PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS BEKERJA ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS MAYOR METRA DENPASAR

Authors

  • I Gusti Ayu Agung Adiputri .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .
  • Dr. I Wayan Rinda Suardika,S.Pd, M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran generatif berbasis bekerja ilmiah dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa Kelas V SD Gugus Mayor Metra, Denpasar Utara Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “Nonequivalent control group design”. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Gugus Mayor Metra Denpasar Utara.Untuk menentukan sampel digunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 29 Pemecutan yang berjumlah 49 orang kelompok eksperimen dan SD negeri 21 Pemecutan yang berjumlah 52 orang kelompok kontrol. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes yaitu tes hasil belajar IPA, jenis tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik uj-t. Nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kelas eksperimen 74,65 dan kelompok kontrol 69,25. Demikian pula hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran generatif berbasis bekerja ilmiah dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hasil analisis diperoleh nilai (t hitung = 3,57 > t tabel = 2.00). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berbasis bekerja ilmiah berpengeruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD gugus mayor metra denpasar utara tahun ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Model pembelajaran generatif, bekerja ilmiah, hasil belajar IPA

The aimed of this study was to determine whether there was a significant differences in science learning outcomes between students who followed generative learning based on scientific work with students who took conventional learning in fifth grade of SD Gugus Mayor Metra, Denpasar Utara academic year 2013/2014.This study was a quasi experimental research with Nonequivalent Control Group Design. The population of this study were the fifth grade students of SD Gugus Mayor Metra Denpasar Utara.Sample was taken by using random sampling technique.The sample of this study were the fifth grade students of SD Negeri 29 Pemecutan which consisted of 49 students as the exsperiment group and SD Negeri 21 Pemecutan which consisted of 52 students as the control group. The data of the result of the science learning process was collected using the test method that is objective test in regular multiple choice. The data were analyzed by using t-test.The average scores of science learning in experiment class 74,65 and the control class 69,25. And the analyzed show that there are significant differences in science learning output between students taught by using generative learningmodel based on scientific workwith students taught by using conventional learning. Based on the t-test results obtained (tvalue = 3,57 > ttable = 2.00). It can be concluded that generative learningbased on bekerja ilmiah significantly influences toward science learning outcomes on fifth grade elementary students of Gugus Mayor Metra Denpasar Utara academic year 2013/2014.
keyword : Generative learning model, scientific work, science learning outcomes.

Published

2014-06-26

How to Cite

., I. G. A. A. A., ., D. S. P. M., & ., D. I. W. R. S. M. (2014). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS BEKERJA ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS MAYOR METRA DENPASAR . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3115

Issue

Section

Articles