MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBASIS LOCAL GENIUS BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS KAPTEN JAPA

Authors

  • I Putu Dede Mahendra .
  • Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd .
  • Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbasis local genius dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kapten Japa Kecamatan Denpasar Utara tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Gugus Kapten Japa Kecamatan Denpasar Utara tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 442 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPS yang merupakan penggabungan nilai kognitif dan afektif. Nilai kognitif dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dalam pilihan ganda biasa sedangkan nilai afektif dikumpulkan melalui teknik observasi sesuai dengan karakter yang dikembangkan. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan melalui menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbasis local genius dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji-t didapat thitung = 5,71 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,69. Berdasarkan kriteria pengujian thitung > ttabel (5,71>1,69) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar IPS yang diperoleh antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) berbasis local genius lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (84,50>78,80). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbasis local genius berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Kapten Japa Kecamatan Denpasar Utara tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : model pembelajaran TGT, local genius, hasil belajar

This study aims to determine the differences of social studies learning outcomes between students that learned using Teams Games Tournaments (TGT) cooperative learning model based local genius with students who learned with the conventional learning in fifth grade SD Gugus Kapten Japa North Denpasar District of academic year 2013/2014. This research was a quasi-experimental study with a research design that is used is Non Equivalent Control Group Design. The population in this study were all students of fifth grade in SD Gugus Kapten Japa North Denpasar District of academic year 2013/2014 which consist of 442 students. Samples were taken with a random sampling technique. The data collected is the learning outcomes of social studies which is an amalgamation of cognitive and affective value. Cognitive scores were collected using the test of learning results in a regular multiple choice whereas affective values collected through observation techniques accordance with the character that developed. Data were analyzed by t-test. The results showed that there were significant differences of social studies learning outcomes between students that learned through implementing Teams Games Tournaments (TGT) cooperative learning model based local genius with students who learned with conventional learning. Based on the t-test results obtained tcount = 5,71 and ttable at the 5% significant level = 1,69. Based on the testing criteria that tcount > ttable (5,71 > 1,69) then Ho is rejected and Ha accepted. The average of social studies learning outcomes between students who learned with cooperative learning model Teams Games Tournaments (TGT) based local genius higher than students who learned with conventional learning (84,50 > 78,80). It can be concluded that the cooperative learning model Teams Games Tournaments (TGT) based local genius againts the learning outcomes of social studies fifth grade students in SD Gugus Kapten Japa District of North Denpasar academic year 2013/2014.
keyword : : TGT learning model, local genius, learning outcomes

Published

2014-07-02

How to Cite

., I. P. D. M., ., D. I. W. S. M., & ., D. I. W. W. S. M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBASIS LOCAL GENIUS BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS KAPTEN JAPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3183

Issue

Section

Articles