PENGARUH MODEL ICI (INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS 2 KECAMATAN KUBUTAMBAHAN KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Komang Desy Ari Kusumayani .
  • Drs. Dewa Nyoman Sudana,M.Pd. .
  • Drs. I Ketut Dibia,S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model ICI (Interactive Conceptual Instruction ) dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SD kelas IV SD Negeri di Gugus 2 Kecamatan Kubutambahan. Penelitian ini tergolong eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah semua SD yang ada di Gugus 2 Kecamatan Kubutambahan khususnya siswa kelas IV yang berjumlah 219 orang, sedangkan sampel penelitian adalah SDN 5 Kubutambahan dan SDN 6 Kubutambahan sebanyak 60 orang yang diambil secara random sampling, yaitu dengan mencampur subjek-subjek dalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama untuk memperoleh kesempatan dipilih menjadi anggota sampel. Data tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran model ICI (Interactive Conceptual Instruction ) yaitu 19,70 yang berada pada kategori tinggi, (2) siswa yang belajar menggunakan model konvensional yaitu 14,70 yang berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran ICI (Interactive Conceptual Instruction ) dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model konvensional pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV pada SD Negeri di Gugus 2 Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2013/2014, hal ini ditunjukkan oleh thitung 5,74 > ttabel 2,000 yang berarti model pembelajaran model ICI (Interactive Conceptual Instruction ) menunjukan prestasi belajar yang lebih baik daripada model konvensional
Kata Kunci : Model ICI, prestasi belajar

This study aims to determine the differences between the social studies achievement of students who learned with using the model of ICI (Interactive Conceptual Instruction ) with students who learned with the conventional model of learning in fourth grade elementary students in Cluster 2 Elementary School District of Kubutambahan . Is classified as a quasi-experimental study ( quasi experiment ) with posttest design - only control group design . The study population was all elementary schools in the District Cluster 2 Kubutambahan especially fourth graders totaling 219 people , while the sample is SDN and SDN Kubutambahan 5 6 Kubutambahan many as 60 people were taken by random sampling , ie by mixing the subjects in the population so that all subjects considered together to obtain a sample selected opportunity . Data collected on student achievement tests . The collected data was analyzed by descriptive and inferential statistical analysis ( t-test ) . The results showed that : ( 1 ) the average score obtained by the students who are learning using learning model model of ICI (Interactive Conceptual Instruction ) is 19.70 that are in the high category , ( 2 ) students who learn using conventional models , namely 14 , 70 who are in the medium category , and ( 3 ) there is a significant difference in learning achievement between groups of students who are learning using learning model ICI (Interactive Conceptual Instruction ) and a group of students who are taught using the conventional model in social studies fourth grade students in elementary country in Cluster 2 Kubutambahan District of Academic Year 2013/2014 , this is indicated by 5.74 t count > t table 2.000 which means learning model ICI models (Interactive Conceptual Instruction ) shows the learning performance is better than conventional models.
keyword : Model of ICI, learning achievement

Published

2014-07-02

How to Cite

., K. D. A. K., ., D. D. N. S., & ., D. I. K. D. M. (2014). PENGARUH MODEL ICI (INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS 2 KECAMATAN KUBUTAMBAHAN KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3186

Issue

Section

Articles