MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KOMPYANG SUJANA DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Putu Ade Suryani .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 16 kelas V di Gugus Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 683 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VC SD Negeri 9 Padangsambian yang berjumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VD SD Negeri 9 Padangsambian yang berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar Matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan, thitung = 3,17 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%, dk=78) = 2,00. Hal ini berarti bahwa thitung = 3,17 > ttabel (α=0,05,dk=78) = 2,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014. Dari nilai rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas V, diketahui nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 72,00 dan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 62,13. Hal ini berarti bahwa nilai rata-rata eksperimen > nilai rata-rata kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013 /2014.
Kata Kunci : model pembelajaran berbasis masalah , pembelajaran konvensional, hasil belajar Matematika.

This research aims to find out the significant distinction of the result of Mathematic learning between the students who follow the study using learning model based on problem and the students who follow the conventional learning on the grade V elementary school student cluster of Kompyang Sujana academic year of 2013/2014. The research was using Non-equivalent Control Group Design. The populations of the research are 16 classes of grade V in cluster Kompyang Sujana West Denpasar academic year of 2013/2014 with total number of 683 students. The research’s sample is the students of grade VC Elementary School of Negeri 9 Padangsambian which numbering 40 students as an experiment class and the students of grade VD Elementary school of Negeri 9 Padangsambian numbering 40 students as a control class. The result data of Mathematics learning of the students was collected by instrument test in the form of common multiple choices. The collected data was analyzed using test-t statistic analysis. The analysis result using test-t showed that, tcount = 3.17 and ttable (at significant level of 5%, dk = 78) = 2.00. It means that tcount = 3.17 > ttable (α = 0.05, dk = 78) = 2.00, so that can be concluded that there is a significant distinction of the result of Mathematics learning between the students who follow the study using learning model based on problem and the students who follow the study using conventional learning on the grade V elementary school students cluster of Kompyang Sujana West Denpasar academic year of 2013/2014. From the average scores result of the Mathematic learning of grade V students, it is known that the average scores of experiment group is 72.00 and the average scores of control group is 62.13. It means that the experiment’s average scores > the control’s average scores, so that it can be concluded that the application of learning model based on problem has an impact to the mathematics learning result of grade V elementary school students cluster of Kompyang Sujana West Denpasar academic year of 2013/2014.
keyword : Learning model based on problem, conventional learning, the result of Mathematics learning

Published

2014-07-02

How to Cite

., N. P. A. S., ., D. M. R. K., & ., D. I. W. W. S. M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KOMPYANG SUJANA DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3188

Issue

Section

Articles