PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA

Authors

  • Komang Yuli Andayani .
  • Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .
  • Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui penerapan pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran Konvensional pada siswa kelas V SD gugus Patimura Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD gugus Patimura Kecamatan Denpasar Selatan sebanyak 340 orang siswa. Untuk menentukan sampel digunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 11 Sesetan yang berjumlah 33 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 18 Sesetan yang berjumlah 33 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes yaitu tes hasil belajar IPA, jenis tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui penerapan pendekatan SETS dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 7,97 > ttabel(α=0,05,64) = 2,000 dan didukung dengan perbedaan rata-rata hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu X ̅ = 74,33 > X ̅ = 50,42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan SETS berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas V SD gugus Patimura Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Pendekatan SETS, hasil belajar IPA

The aims of this reaserch is to know differences between groups of science learning outcomes of students who learned with Science Environment Technology And Society (SETS) Approach and the learned with the Conventional Elementary School 5th grade students Gugus Patimura South Denpasar District of Academic Year 2013/2014 numbered 340 people. This study used quasi-experiment design that is Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were all 5th grade students of elementary school Patimura group. How to determine the sample with a random sampling technique. Samples were students in the class V Elementary School 11 Sesetan totaling 33 experiment groups and the Grade 18 Elementary School V Sesetan the control group numbered 33 people. Science learning outcomes data collection was conducted using an objective type test in the form of multiple-choice regular. Data were then analyzed using statistical methods that t-test. The results showed that there are significant differences between the groups of science learning outcomes of students who learned with the implementation SETS Approach and learned with conventional learning. This is evident from the differences in the results obtained by the analysis using the t-test tvalue = 7,97> t-table (α = 0.05.64) = 2.000. Supported by the average value of the results of the experiment group is learning science learning outcomes X ̅ = 74,33 > X ̅ = 50,42 the control group. So it can be concluded that the SETS approach effect on science learning outcomes of students in 5th grade in elementary school Gugus Patimura in South Denpasar district of academic year 2013/2014.
keyword : SETS approach, science learning outcomes

Published

2014-07-02

How to Cite

., K. Y. A., ., D. N. W. S. M., & ., D. I. K. A. P. (2014). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3192

Issue

Section

Articles