Pengembangan Aplikasi Daring Pembelajaran IPA Pada Pokok Bahasan Organ Gerak Manusia

Authors

  • Ni Made Anggi Dian Fitriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31989

Keywords:

aplikasi, organ gerak manusia

Abstract

Terbatasnya media pembelajaran elektronik yang dapat digunakan guru dalam proses pembelaran IPA mengakibatkan proses pembelajaran kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan aplikasi daring pembelajaran IPA pada pokok bahasan organ gerak manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah validitas aplikasi daring pembelajaran IPA pada pokok bahasan organ gerak manusia. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah menunjukkan aplikasi pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi (96,6%), hasil review ahli desain pembelajaranberada pada kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi (93,75%), hasil review ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi (90%), hasil uji perorangan berada pada kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi (90,53%), dan hasil uji kelompok kecil berada pada kualifikasi baik dan sedikit revisi (88,86%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran IPA dinyatakan valid. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa, membuka wawasan guru, dan menambah koleksi media pembelajaran di sekolah.

References

Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sstem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456

Amelia, D. J., & Saputra, S. Y. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617

Amrita, P. D., & Kuswanto, H. (2019). Pengembangan Mobile Learning IPA Sasirangan Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik SMP. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 151–164. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11446

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10

Baharuddin, Indana, S., & Koestiari, T. (2017). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tugas Proyek Materi Sistem Ekskresi untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 81–97. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9574

Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.8425

Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa Dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia IPA Berbasis Animasi Melalui Model Cooperative Learning. Jurnal Edukasi, 12(2), 193–204. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155

Diawati, L. P. (2018). Pengaruh Model Children’s Learning in Scince Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(2), 113–121. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16417

Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar Kota Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 141–157. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.446

Fitra, Nurhadi, & Irawan. (2017). Perancangan Aplikasi Perangkat Ajar Pengenalan Anggota Tubuh Manusia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Media Processor, 9(1), 89–97.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765

Khosiyah, M., & Gunawan. (2019). Pengembangan Media Belajar Berbasis Android Pada Materi Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 168–177. https://doi.org/10.33654/pgsd

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Londa, A. H., Mete, Y. Y., & Sadipun, B. (2018). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 113–120. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.359

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101–109. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611

Mudarini, dkk H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Berbantuan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11016

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35

Ningsih, S., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Universitas Baturaja. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p163

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurhadi, & Sobri, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android dalam Meningkatan Kwalitas Pembelajaran Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Betrik: Besemah Teknologi Informasi Dan Komputer, 8(3), 137–144. https://doi.org/10.36050/betrik.v8i03.74

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. 2(2), 1–10. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752

Putri, D. I., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Perancangan Aplikasi Multimedia untuk Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 124–132. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.124-132

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649

Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p050

Widayat, W., Kasmui, K., & Sukaesih, S. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Tema Sistem Gerak Pada Manusia. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 535–541. https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3353

Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 354–362. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Fitriani, N. M. A. D., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Aplikasi Daring Pembelajaran IPA Pada Pokok Bahasan Organ Gerak Manusia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31989

Issue

Section

Articles