Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Profesional dengan Keterampilan Penerapan Gestur Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran

Authors

  • Ni Kadek Yuni Antari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32017

Keywords:

kompetensi, pedagogik, profesional, gestur guru

Abstract

Pemberian gestur yang tidak sesuai akan menyebabkan siswa menjadi tidak nyaman, sehingga guru perlu memperhatikan penggunaan gestur atau bahasa tubuh dalam proses pembelajaran yang disesuikan dengan kondisi dan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi yang signifikan kompetensi pedagogik dan profesional dengan keterampilan penerapan gestur guru dalam pelaksanaan pembelajaran secara parsial dan simultan. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini yaitu berjumlah 89 orang guru dan sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling total sehingga seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dengan melakukan penyebaran kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis I memperoleh nilai signifikansi 0,027 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 23,6%, hipotesis II memperoleh nilai signifikansi 0,015 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 24,5%, dan hipotesis III memperoleh nilai signifkansi 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 28,7%. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi pedagogik dan profesional secara parsial dan simultan memberikan kontribusi yang signifikan dengan keterampilan penerapan gestur guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah dapat memberikan sumbangan pemikiran dan dapat memberikan kesadaran akan pentingnya penguasaan keterampilan penerapan gestur guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

References

Ahyanuardi, A., Hambali, H., & Krismadinata, K. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 67–74. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.169

Amelia, D. J., & Saputra, S. Y. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617

Anggreni, N. M. (2016). Konstruksi Budaya Mutu Relevansinya Dengan Manajemen Mutu Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 84–92. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.75

Ardina, F. R., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 171–180. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.6119

Damayanti, P. A. S., Mardani, D. M. S., & Sadyana, I. W. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Jepang Dalam Melaksanakan Pembelajaran Dilihat Dari Persepsi Siswa Kelas X Dan Kelas Xi IBB di Sma N 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 4(3), 185. https://doi.org/10.23887/jpbj.v4i2.14456

Dardiri, A., Mujiyono, M., & Ichwanto, M. A. (2017). Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuran Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 40(2), 193–203. https://doi.org/10.17977/um031v40i22017p193

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran,Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2). https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Darmawansah, A., & Putro, R. H. E. (2019). Penggunaan komunikasi non-verbal bahasa tubuh dalam desain instruksional pelatih dan atlet kategori tanding pencak silat. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2), 153–167. https://doi.org/10.25139/jkp.v3i2.2127

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Fatimah, S. (2017). Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, Dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 57–70. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7934

Hafriani. (2019). Analisis Kompetensi Profesional Guru Matematika Bersertifikat Pendidik Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 20(1), 58–68. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3856

Hapwiyah, H. A., Cahyani, D., & Azmi, N. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru IPA Dalam Menggunakan Penilaian Proyek Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas VII MTs N Cirebon II. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 33–56. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v4i1.271

Indriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 oleh Guru SD/MI di Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal VARIDIKA, 27(1), 43–49. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.738

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94 – 104. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.8204

Karom, D., Ruhimat, T., & Darmawan, D. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Edutech, 13(2), 274–308. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3113

Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 984–988. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45–51. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17282

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Maryono. (2019). Implikatur Presentasi Komplementarisme Verbal dan Nonverbal Tari Gambiranom Susunan S. Ngaliman. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 116–126. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.646

Nuryana Fitrianova. (2020). Studi Korelasi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru dengan Pengelolaan Kelas di MIN 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 51–59. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.7

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9). https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818

Subadi, T., Priyono, K. D., Dahroni, & Musyiyam, M. (2013). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Lesson Study Di Sekolah Muhammadiyah Kartasura. Warta, 18(1), 62–76. https://doi.org/10.23917/warta.v18i1.1168

Suparno, A. (2013). Kontribusi Pelatihan Guru, Iklim Organisasi Dan Persepsi Guru Tentang Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Smkn Kota Semarang. Jurnal Varidika, 25(1), 53–65. https://doi.org/10.23917/varidika.v25i1.719

Susanti, Y. (2016). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Profesionalitas Terhadap Kinerja Guru (Penelitian di SMP Negeri Komisariat 01 Ciamis). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 4(2). https://doi.org/10.25157/je.v4i2.999

Sutarno, H., Rohendi, D., & Putri, G. G. (2011). Pengaruh Kompetensi Guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 53(16), 134–14. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sutrisno, T. (2017). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa Semester III Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo Dalam Mengikuti Pembelajaran Mata Kuliah Kesamaptaan Melalui Reinforcement (Penguatan). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1847

Togatorop, M. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Co-Op Co-Op Berbantu Teknologi Inforamsi Dan Komunikasi (TIK) Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Satya Widya, 33(2), 128–145. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p128-145

Umi, R., Nopriansyah, U., & Purnama, S. (2019). Korelasi Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak Terhadap Kinerja Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4552

Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI Sma Negeri 6 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 81. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.87

Yunanik, S. (2019). Pemberian Penguatan Verbal dan Non-verbal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kepahlawanan dan Patriotisme. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2). https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.75

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Antari, N. K. Y., & Sujana, I. W. (2021). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Profesional dengan Keterampilan Penerapan Gestur Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 93–103. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32017

Issue

Section

Articles