PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TURNAMENT (TGT) MELALUI VARIASI REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS III BATUAN SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Kadek Mita Wahyuni .
  • Drs. Made Putra, M.Pd .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3205

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok yang belajar dengan model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) melalui variasi reinforcement dengan kelompok yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada Siswa Kelas V SD Gugus III Batuan Sukawati Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di kelas V SD No. 2 Batuan yang berjumlah 33 orang dan kelas V SD No. 1 Batuan Kaler yang berjumlah 30 orang, kemudian data dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis uji t. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) melalui variasi reinforcement dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut terbukti dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7,81 > 2,000 dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar IPS kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 76,85 > 66,70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) melalui variasi reinforcement terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus III Batuan Sukawati tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : pembelajaran Team Game Turnament (TGT), model pembelajaran konvensional, hasil belajar IPS

The purpose of this research was to know the siqnificant difference of the social science learning result between the group that learned by learning model of Team Game Tournament (TGT) through the variation of reinforcement with the group that learned by learning model of conventional of the fifth grade students in elementary school of cluster III Batuan Sukawati of year academic 2013/2014. The kind of this research was quasy experiment and used Nonequivalent Control Group Design. The sample in this research were all the fifth grade students of SD 2 Batuan that consisted of 33 persons, and the fifth grade students of SD 1 Batuan Kaler that consisted of 30 persons, then the data analyzed by t test. Based on the result of data analysis that can be found that there is a difference of social science learning result between students that learned by learning model of Team Game Tournament (TGT) through the variation of reinforcement with the student that learned by learning model of conventional. Those can be proved with tvalue more than ttable, that is 7.81 > 2.000 with the average result of social knowledge learning result of experiment class better than control class that is 76.85 > 66.70. Therefore, can be concluded that there is an effect of learning model of Team Game Turnament (TGT) through the variation of reinforcement on the social science learning result of the fifth grade students in elementary school of cluster III Batuan Sukawati of year academic 2013/2014.
keyword : Team Game Tournament (TGT) learning, conventional learning, social science learning result

Published

2014-07-02

How to Cite

., K. M. W., ., D. M. P. M., & ., D. I. W. D. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TURNAMENT (TGT) MELALUI VARIASI REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS III BATUAN SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3205

Issue

Section

Articles