Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Resiliensi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32082Keywords:
kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guruAbstract
Kinerja guru yang belum optimal disebabkan oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah yang tidak sesuai dengan yang diharapkan dan kurang optimalnya resiliensi diri guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan resiliensi diri guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian studi korelasi (expost facto). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 dan dibatasi untuk guru yang PNS. Sampel ditentukan dengan tehnik sampling total. Pengumpulan data dengan pengisian angket. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 11,24%, resiliensi diri guru terhadap kinerja guru sebesar 51,04 %, dan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan resiliensi diri guru terhadap kinerja guru sebesar 62.28%. Simpulan penelitian ini adalah gaya kepemimpinan situasional dan resiliensi diri guru memiliki kontribusi terhadap kinerja guru. Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan mutu sekolah, dan dijadikan sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas guru dan seluruh staf sekolah.
References
Ahmadiansah, R. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Salatiga. Interdisciplinary Journal of Communication, 1(2), 1–27. https://doi.org/10.18326/inject.v1i2.223-236
Aisyah, S., & Takdir, S. (2017). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Di SMP Negeri 1 Wamena Kabupaten Jayawijaya. Magister Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.34125/kp.v2i2.116
Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi Diri Dan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP: Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106–112. https://doi.org/10.21009/jppp.062.08
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Dwiyani, D., & Sarino, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Sebagai Determinan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(1), 83–94. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9763
Erawan, N. M. A. N. P., & Sukartha, I. M. (2018). Pengaruh Kompetensi, Pengalaman Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Pada Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi, 24(3), 2360–2388. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v24.i03.p27
Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.55
Hafiva, W., Yusri, F., & Aprison, W. (2020). Efektivitas Pendekatan Ego Untuk Meningkatkan Resiliensi Diri Siswa di SMAN 2 Padang Panjang. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 223–236. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1474
Kartowagiran, B. (2015). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 30(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208
Luddin, A. B. M. (2014). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Kegiatan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2). https://doi.org/10.17977/jip.v19i2.4216
Nugraha, D. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Pengasuh Paud Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 160–169. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9356
Pramesti, D., & Muhyadi. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43–56. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11854
Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru SMAN 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144–160. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758
Purwanti, K., AR, M., & Yusrizal, Y. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Smp Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 390–400. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.510
Ramadoni, W., Kusmintardjo, & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan SDN Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, DanPengembangan, 1(8), 1500–1504. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620
Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Smp Di Kebupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 198–204.
Saragih, R. S., & Simarmata, H. M. P. (2018). Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(2), 124–133. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jimb.v19i2.2146
Sukiyanto, & Maulidah, T. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi Guru dan Karyawan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 127. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.874
Suparno, A. (2013). Kontribusi Pelatihan Guru, Iklim Organisasi Dan Persepsi Guru Tentang Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Smkn Kota Semarang. Jurnal Varidika, 25(1), 53–65. https://doi.org/10.23917/varidika.v25i1.719
Susanti, Y. (2016). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Profesionalitas Terhadap Kinerja Guru (Penelitian di SMP Negeri Komisariat 01 Ciamis). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 4(2). https://doi.org/10.25157/je.v4i2.999
Sutrisno, B. (2017). Meningkatkan Resiliensi Peserta Didik Melalui Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 144–153. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i2.6189
Suyitno, T. (2018). Pengaruh Hasil Diklat, Kompetensi Pedagogik, dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 122–142. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.51
Umi, R., Nopriansyah, U., & Purnama, S. (2019). Korelasi Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak Terhadap Kinerja Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4552
Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932
Winarsih, S. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. International Conference of Moslem Society, 2, 95–106. https://doi.org/10.24090/icms.2018.1864
Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)