Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Kerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32113Keywords:
Kecerdasan Emosional, Motivasi, Komitmen KerjaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya tuntutan pendidikan terhadap kerja guru yang mempengaruhinya dalam mengelola emosi dan kurangnya motivasi kerja sehingga berdampak pada rendahnya komitmen kerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besaran kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap komitmen kerja. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex post facto dengan jumlah populasi 48 guru. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling total. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik kuantitatif berupa analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa presentase kecerdasan emosional terhadap komitmen kerja 27,3%, motivasi terhadap komitmen kerja 27,5% dan kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap komitmen kerja 30,6%. Simpulan penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan motivasi kerja memiliki kontribusi yang positif terhadap komitmen kerja guru. Implikasi dari pelaksanaan penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan motivasi yang tinggi membuat seorang guru memiliki kepribadian yang cerdas, mampu mengatasi permasalahan dan tanggung jawabnya sebagai guru, menjalin hubungan dengan rekan kerja dan mampu mengontrol suasana hati yang gelisah ketika mengajar, serta guru akan lebih antusias dan bersemangat dalam melakukan setiap tugas dan tanggungjawabnya
References
Ahyanuardi, A., Hambali, H., & Krismadinata, K. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 67–74. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.169
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11
Auda, R. M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi pada Bank DKI Kantor Cabang Surabaya. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 156. https://doi.org/10.26740/bisma.v8n2.p156-176
Dardiri, A., Mujiyono, M., & Ichwanto, M. A. (2017). Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuran Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 40(2), 193–203. https://doi.org/10.17977/um031v40i22017p193
Dwiyani, D., & Sarino, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Sebagai Determinan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(1), 83–94. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9763
Hartoyo, T., Mardji, M., & Dardiri, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Training Within Industry (Twi) Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Motivasi Serta Kesiapan Kerja Bidang Teknik Bubut Siswa Smk Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1633–1639. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6690
Karom, D., Ruhimat, T., & Darmawan, D. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Edutech, 13(2), 274–308. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3113
Khasanah, U. (2020). Hubungan Antara Kepuasan akan Gaji, Kecerdasan Emosional dengan Komitmen Kerja. Jurnal Psikologi, 7(2), 157–172. https://doi.org/10.35891/jip.v7i2.2422
Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 984–988. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336
Kodyawati, P., & Dewi, L. G. K. (2019). Pengaruh Independensi Keahlian Profesi Motivasi Kerja Pengalaman Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pengawas Koperasi. E-Jurnal Akuntansi, 27(2), 1597–1627. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p29
Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45–51. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17282
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Malik, S. W., Sumardi, & Djoehana. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja Dengan Komitmen Guru Terhadap Organisasi Sekolah Raudhatul Athfal Di Kota Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 46–54. https://doi.org/10.33751/jmp.v4i1.418
Nursalim, N. (2017). Profesionalisme Guru Sd / Mi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 250–256. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i10
Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32–41.
Pasek, N. S. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.23887/jia.v1i1.9983
Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru SMAN 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144–160. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758
Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91–100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818
Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2017). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927
Sidartha, A. L. A., & Sujana, I. K. (2020). Pengaruh Idealisme, Kecerdasan Emosional dan Etika pada Persepsi Etis Mahasiswa Profesi Akuntansi dengan Kepercayaan Diri. E-JURNAL AKUNTANSI, 30(8), 2138–2151. https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i08.p19
Subagio, M. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Kerja, Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Ithaca Resources. Jurnal Manajemen, 19(1), 101–120. https://doi.org/10.24912/jm.v19i1.108
Susanti, Y. (2016). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Profesionalitas Terhadap Kinerja Guru (Penelitian di SMP Negeri Komisariat 01 Ciamis). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 4(2). https://doi.org/10.25157/je.v4i2.999
Vitaloka, A. A. S. M. L., & Netra, I. G. S. K. (2019). Peran Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Komitmen Organisasional. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1813. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p23
Wardana. (2018). Peningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Standar Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kolegial Teknik Kunjungan Antar Kelas. Jurnal Tarbawi, 15(1), 93–112. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.721
Wardani, W. (2019). Pengaruh kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri sosial terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66–73. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p066
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)