Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355Keywords:
IPA, media E-Flashcard, model ADDIEAbstract
Kurangnya penerapan media pembelajaran menyebabkan tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai, sehingga perlu mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran E-Flashcard pada muatan pelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang menerapkan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah validitas media pembelajaran E-Flashcard pada muatan pelajaran IPA. Pengumpulan data digunakan metode non tes berupa lembar kuesioner. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji ahli isi mata pelajaran diperoleh skor 100, hasil uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 80,00 dengan kategori baik, hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 89,33, hasil uji coba perorangan diperoleh skor 92,72, dan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 92,00. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Flashcard dinyatakan sangat layak untuk digunakan didalam pembelajaran IPA. Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar, memudahkan siswa memahami materi di masa pandemi covid-19, dan memudahkan guru menyampaikan materi pelajaran
References
Aprilia, L. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530
Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30
Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.8425
Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa Dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia IPA Berbasis Animasi Melalui Model Cooperative Learning. Jurnal Edukasi, 12(2), 193–204. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155
Diawati, L. P. (2018). Pengaruh Model Children’s Learning in Scince Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(2), 113–121. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16417
Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2). https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744
Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan metode eksperimen berbantu media benda konkret terhadap hasil belajar ipa siswa kelas V sekolah dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 24. https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513
Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792
Ikhwati, H. (2015). Pengembangan Media Flashcard Ipa Terpadu Dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (Stad) Tema Polusi Udara. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 481–486. https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3344
Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765
Karom, D., Ruhimat, T., & Darmawan, D. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Edutech, 13(2), 274–308. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3113
Kawi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Internatonal Journal of Elementary Education, 3(1), 70–78. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17658
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jinotep: Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130–145. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145
Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3). https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073
Maulida, M., Wati, M., & An’nur, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.760
Munajah, R. (2020). Penerapan Media Belajar Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Penggolongan Makhluk Hidup Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Mandalasari 2 Pandeglang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v4i1.615
Nikmatillah, N. (2018). Penggunaan Media Papan Persilangan dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkawinan Silang Mahluk Hidup untuk Siswa Kelas IX C SMP Negeri 7 Malang Tahun 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2187
Noge, M. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis E-Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Smp. Journal of Education Technology, 2(1), 13. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13801
Pratiwi, D. E. (2016). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Macromedia Flash Pada Pembelajaranbahasa Indonesia Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(1). https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p105-111
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Setianingsih, A. I. G. A. A. . (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 24(1), 203–209. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452
Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, 14(1), 81–96. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.9
Tirtayani, L. A., Magta, M., & Lestari, N. G. A. M. Y. (2017). Teacher Friendly E-Flashcard: A Development Of Bilingual Learning Media For Young Learners. Jet: Journal of Education Technology, 1(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i1.10080
Wicaksono, A. G., Jumanto, & Oka, I. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Yupriyanti, N. L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4825
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)