Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD

Authors

  • Aulia Ika Wulandari UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
  • Elvira Hoesein Radia UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Abstract

Pelaksanaan penilaian ranah sikap belum maksimal karena guru hanya mengamati sikap siswa tanpa mengacu pada instrumen yang baku untuk mengukur sikap sosial siswa khususnya sikap tanggung jawab. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk instrumen penilaian sikap tanggung jawab pembelajaran tematik terpadu kelas 5 tema 6. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket menggunakan skala Likert. Analisis data penelitian bersifat deskriptif kategori. Berdasarkan uji ahli evaluasi sikap diperoleh skor 76% dikategorikan validitas tinggi dan layak diujicobakan. Berdasarkan penilaian ahli bahasa diperoleh skor 80% dikategorikan tingkat validitas tinggi dan layak diujicobakan. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa instrumen sikap sosial dari 30 (tiga puluh) item pernyataan diperoleh data; tingkat validitas instrumen menunjukkan rhitung terendah adalah 0.385, memiliki nilai Pearson Correlation XTot  ≥ 0,361 sehingga 30 butir pernyataan dikategorikan valid; reliabilitas instrumen penilaian sikap tanggung jawab menunjukkan α = 0.944 dengan kriteria sangat reliabel atau sangat andal. Berdasarkan uji coba terbatas tersebut maka instrumen penilaian sikap sosial tanggung jawab valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan.

 

References

Adjii, K. (2019). Instrumen penilaian kedisiplinan siswa sekolah menengah kejuruan. Assessment and Research on Education, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33292/arisen.v1i1.19

Astuti, S. I., & Darsinah, D. (2018). Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Manajemen Pendidikan, 13(2), 165–174. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7484

Baidhowi. (2018). Instrumen Penilaian Sikap Sosial (Studi Penilaian Sikap Sosial pada mata pelajaran Fikih di Jurusan Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuk) Muhammad Rizal. Jurnal Edudeena, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.518

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167

Darmansyah, D. (2014). Teknik Penilaian Sikap Spritual dan Sosial dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 08 Surau Gadang Nanggalo. Al-Ta Lim Journal, 21(1), 10–17. https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.67

Dessiane, S. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosialpembelajaran Tematik Kelas 4 SD. 6, 21–26. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310

Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Mawardi, M. (2014). Model Desain Pembelajaran Konsep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Semarang: Widya Sari Press.

Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan Sd Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31 – 48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35

Ningsih, Y. (2018). Penilaian Sikap Sosial Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 08(02), 208–215. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29080%2Fjbki.v8i2.85

Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52

Nugraha, R. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar di Kecamatan Jambu. Jurnal Sekolah (JS), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9925

Oviana, W. (2015). Kemampuan Mahasiswa Mengintegrasikan Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 (Kajian teoritis). Pionir Jurnal Pendidikan, 4(2). Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/183/164%0A

Prasanti, R. S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Universitas Lampung.

Purwanti, et al. (2019). Sosialisasi Penilaian Sikap Peserta Didik pada Kurikulum 2013 bagi Guru SD Gugus Melati Kec. Ngaliyan Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(1), 12–16. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/15174

Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.17

Sanjiwana, P.P.C.M Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Sikap Sosial Siswa Kelas V pada Pembelajaran dengan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1), 11–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631

Sari, D. A. P. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Lampung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tursinawati. (2017). Analisis Rubrik Penilaian Sikap Siswa Pada Subtema Macam-Macam Sumber Energi Di Kelas IV SD Negeri 53 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 4(1), 449–455. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/2164

Utami, Purnomo, & Salam. (2019). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Smp Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 40–52. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30446

Wardani, N.S, D. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.5214

Widodo, G. S., Hariyono, & Hanurawan, F. (2016). Persepsi guru tentang kenakalan siswa : Studi kasus di sekolah dasar “Raja Agung .” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaraan, 23(2), 142–153. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10165/4852

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3

Downloads

Published

2021-04-09

How to Cite

Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Issue

Section

Articles