Joyful Learning Berbasis Picture Cards Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Era New Normal

Authors

  • Siti Arafat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Flores, Ende-Indonesia
  • Agustina Pali Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Flores, Ende-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32980

Keywords:

Joyful Learning, Minat Belajar

Abstract

Paradigma pembelajaran yang masih berpusat pada guru berdampak pada rendahnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang merangsang minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikasnsi peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Joyful Learning berbasis Picture Cards pada pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 21 orang. Data dikumpulkan melalui interview, observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 52,63% dan pada siklus II sebesar 68, 42%. Perolehan nilai rata-rata peningkatan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 84, 21 dan nilai rata-rata peningkatan minat belajar siswa pada siklus II sebesar 91. Signifikansi peningkatan minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 6,79 dan dapat diklasifikasikan dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Joyful Learning berbasis Picture Cards dapat dijadikan metode alternatif dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan minat belajar siswa.

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 70–72. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2351.

Anggoro, S., Sopandi, W., & Sholehuddin, M. (2017). Influence of Joyful Learning on Elementary School Students’Attitudes Toward Science. Series: Journal of Physics: Conf. Series 812 (2017) 012001, 755(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001.

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi Jakarta.

Azzahra, F., & Hasan, Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan membuat Piring Anyaman Lidi melalui Strategi Joyful Learning bagi Anak Tunagrahita Ringan. Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2006), 200–205. ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937.

Cahapay, M. B. (2020). Rethinking Education in the New Normal Post-COVID-19 Era: A Curriculum Studies Perspective. Aquademia, 4(2), ep20018. https://doi.org/10.29333/aquademia/8315.

Crawford, J., Butler-henderson, K., Rudolph, J., Malkawi, B., Glowatz, M., Magni, P. A., & Lam, S. (2020). COVID-19: 20 countries’ higher education intra-period digital pedagogy responses. Journal of Applied Learning & Teaching, 3(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2020.3.1.7.

Fatimah, I. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p028.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Fisher, B. M. E., Stockbridge, K., Dorner, M., Evensen, C. A., Maghzi, K., Pearson, H., & Cuddy, E. (2015). Mapping Joyful Teaching and Learning : Multiple Perspectives on the Active , Collaborative Learning Environment Mapping Joyful Teaching and Learning : CCNews: Newsletter for the California Council on Teacher Education, 23(4), 23–26.

Gamage, K. A. A., Wijesuriya, D. I., Ekanayake, S. Y., Rennie, A. E. W., Lambert, C. G., & Gunawardhana, N. (2020). Online Delivery of Teaching and Laboratory Practices: Continuity of University Programmes during COVID-19 Pandemic. Education Sciences, 10(10), 291. https://doi.org/10.3390/educsci10100291.

Hopkins, D. (2014). A Teacher’s Guide to Classroom Research (Fifth). Open University Press.

Huro, F. B., Program, P., Pendidikan, S., Sarjanawiyata, U., & Yogyakarta, T. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metode Joyful Learning Pada Siswa Kelas VIIG SMP Negeri 2 Sanden Tahun Pelajaran 2012/2013. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30738/.v3i1.289.

Juliati, N., & Rafiqah. (2017). Efektivitas Penerapan Metode Enjoyfull Learning dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bolo Kab. Bima. Pendidikan Fisika, 5(1), 66–69. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3395/1/NILA JULIATI.pdf.

Karalis, T. (2020). Planning and evaluation during educational disruption: Lessons learned from Covid-19 pandemic for treatment of emergencies in education. European Journal of Education Studies, 7(4), 2020. https://doi.org/10.5281/zenodo.3789022.

Khasinah, S. (2013). Classroom action research. Pionir, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.159.

Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1888.

Mubhirah, Q. U., Muntari, & Idrus, S. W. Al. (2018). Chemistry Education Practice Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Media Kartu Aksi Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Pada Siswa Kelas Xi Mia Man 2 Model Mataram the Influence of Learning Model Joyful Learning With Action Card Media. Chemistry Education Practice, 1(1), 27. https://doi.org/10.29303/cep.v1i1.886.

Pali, A., & Ota, M. K. (2020). Pendampingan Kegiatan Fun With English Pada Serikat Anak Misioner (SEKAMI) Stasi St. Keusukupan Agung Ende, Flores, NTT. SELAPARANG.Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(November), 278–283. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2884

Pali, A., & Rando, A. R. (2020). Suggestopedia Method Application Based on Sasando Instrumental Music in Optimizing Reading Comprehension Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 522–528. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28216.

Proity, S. H. (2015). Effect of Joyful Teaching on Grade IV Students ‟ Academic Performance in Science. International Journal of Science and Research (IJSR), 4(10), 1232–1240. https://pdfs.semanticscholar.org/0d1b/d23c899d03160e99db032044aa5cd985adde.pdf.

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.

Tria, J. Z. (2020). The COVID-19 Pandemic through the Lens of Education in the Philippines: The New Normal. International Journal of Pedagogical Development and Lifelong Learning, 1(1), ep2001. https://doi.org/10.30935/ijpdll/8311.

Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693.

Wahyudi, D., & Marwiyanti, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 267–292. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2369.

Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153.

Wijayanengtias, M., & Claretta, D. (2020). Student Perceptions of Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 16–21. https://doi.org/10.21070/kanal.v9i1.685.

Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga Paud Di Riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4(3), 205–212. https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18526.

Xin, Y. P., Park, J. Y., Tzur, R., & Si, L. (2020). The impact of a conceptual model-based mathematics computer tutor on multiplicative reasoning and problem-solving of students with learning disabilities. The Journal of Mathematical Behavior, 58. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2020.100762.

Xue, Q., Xie, X., Liu, Q., Zhou, Y., Zhu, K., Wu, H., Wan, Z., Feng, Y., Meng, H., Zhang, J., Zuo, P., & Song, R. (2021). Knowledge, attitudes, and practices towards COVID-19 among primary school students in Hubei Province, China. Children and Youth Services Review, 120(November 2020), 105735. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105735.

Downloads

Published

2021-04-08

How to Cite

Arafat, S., & Pali, A. (2021). Joyful Learning Berbasis Picture Cards Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Era New Normal. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 180–187. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32980

Issue

Section

Articles