Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial

Authors

  • Agnes Remi Rando Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP - Universitas Flores
  • Agustina Pali Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP - Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983

Keywords:

STAD, Pembelajaran IPS, Keterampilan sosial

Abstract

Proses pembelajaran yang maish banyak focus kepada hasil belajar saja serta siswa masih terlihat kesulitan dalam berperilaku sesuai dengan tuntutan sosial, berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain, menjadi alasan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran STAD terhadap kemampuan social siswa dilaksakan. Pendekatan penelitianyang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitiannya berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengetahui perkembangan keterampilan sosial peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) secara efektif dapat mengembangakan keterampilan sosial peserta didik. Peningkatan keterampilan sosial peserta didik terlihat pada perubahan dari siklus I sebesar 20% dan siklus II menjadi 40 %. Dengan tingkat perubahan sebesar 20%, dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif mengembangkan keterampilan sosial peserta didik.

References

Ahyar, L. M., Ibnu, S., & Affandy, D. (2017). Penerapan Stad Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(1), 21–30. https://doi.org/10.17977/um026v2i12017p021.

Alfianti, R. A., Suprapta, B., & Andayani, E. S. (2019). Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 938. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12636.

Andersen, T., & Watkins, K. (2018). The value of peer mentorship as an educational strategy in nursing. Journal of Nursing Education, 57(4), 217–224. https://doi.org/10.3928/01484834-20180322-05.

Budiastana, P. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Kognisi dan Keterampilan Sosial Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12782.

Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Diahwati, R., Hariyono, H., & Hanurawan, F. (2016). Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 1(8), 1612–1620. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6682.

Diperna, J. C., Lei, P., Cheng, W., Hart, S. C., & Bellinger, J. (2017). A Cluster Randomized Trial of the Social Skills Improvement System-Classwide Intervention Program (SSIS-CIP) in First Grade James. Journal of Educational Psychology, 110(1), 1–16. https://doi.org/10.1037/edu0000191.

Djambazova-Popordanoska, S. (2016). Implications of emotion regulation on young children’s emotional wellbeing and educational achievement. Educational Review, 68(4), 497–515. https://doi.org/10.1080/00131911.2016.1144559.

Elliott, S. N., Hwang, Y. S., & Wang, J. (2019). Teachers’ ratings of social skills and problem behaviors as concurrent predictors of students’ bullying behavior. Journal of Applied Developmental Psychology, 60(November 2018), 119–126. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2018.12.005.

Gabriele, K. M., Holthaus, R. M., & Boulet, J. R. (2016). Usefulness of Video-Assisted Peer Mentor Feedback in Undergraduate Nursing Education. Clinical Simulation in Nursing, 12(8), 337–345. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2016.03.004.

Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693.

Hamilton, J. L., Potter, C. M., Olino, T. M., Abramson, L. Y., Heimberg, R. G., & Alloy, L. B. (2016). The Temporal Sequence of Social Anxiety and Depressive Symptoms Following Interpersonal Stressors During Adolescence. Journal of Abnormal Child Psychology, 44(3), 495–509. https://doi.org/10.1007/s10802-015-0049-0.

Han, J.-S., Baek, H. C., & Jeong, A.-S. (2015). The Effects of Psychiatric Nursing Simulation on Anxiety and Self-confidence about Clinical Placement of Nursing Students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 16(11), 7812–7819. https://doi.org/10.5762/kais.2015.16.11.7812.

Hu, B. Y., Li, Y., Wang, C., Wu, H., & Vitiello, G. (2021). Preschool teachers’ self-efficacy, classroom process quality, and children’s social skills: A multilevel mediation analysis. Early Childhood Research Quarterly, 55, 242–251. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.12.001.

Istiqamah. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Kooperatif Tipe STAD Terhadap Siswa Kelas X MAN 3 Aceh Utara Jurnal. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(2), 216–235. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5034.

Jeon, H. J., M. McCartney, C., Richard, V., & Johnson, S. J. (2020). Associations between parent-teacher and teacher-child relationships and children’s socioemotional functioning. Early Child Development and Care, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1711747.

Kusumayanti, N. P. C., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, D. K. N. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494.

Lestari, D., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran STAD dengan TSTS terhadap Keterampilan Sosial Muatan IPS. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 55. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2659.

Maharani, A. (2020). Meningkatkan Pemahaman Bahasa Indonesia Lisan, Kreativitas, dan Keterampilan Sosial Anak Melalui Cerita Bergambar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p1-7.

Maksum, K., & Arifin, A. S. (2019). Pola Pendekatan Penanganan Gangguan Perilaku ( conduct disorder ) pada Pelajar SD : Sebuah Upaya Mengurangi Perilaku Kekerasan Pelajar di Yogyakarta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Volume, 6(2), 259–277. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.513.

Moeller, R. W., & Seehuus, M. (2019). Loneliness as a mediator for college students’ social skills and experiences of depression and anxiety. Journal of Adolescence, 73(March), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.03.006.

Munawar, H. (2019). The application of STAD-Cooperative Learning Model: Efforts to increase motivation and Learning Outcomes of students in Class 5 SD N 07 Ledok Salatiga in Mathematics subjecth in Folding Symmetry and Rotating Symmetry topics. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 11(2), 114–135. https://doi.org/10.18326/mdr.v11i2.114-135.

Navisha, R. I., Tastra, I. D. K., & Dibia, I. K. (2017). Pengaruh Model Stad Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10935.

Nikmah, E. H., Fatchan, A., & Wirahayu, Y. A. (2016). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3), 1–17. http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelE91D7FB9C21685AA36E47BE7A44B0CC7.pdf.

Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Student Teams Achievement Division ( Stad ) Berbantuan Komik ( Learning Effectiveness of Student Teams Achievement. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1067.

Oh, E. (2019). Research on the effective of peer instruction and students’ involvement. Asia-Pacific of Multimedia Services Convergent with Art Humanities, and Sociology, 9, 199–208. https://doi.org/https://doi.org/10.35873/ajmahs.

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222.

Permana, I. P. A. I., Dantes, N., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10910.

Pratiwi, P. H., Nur, H., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123.

Primartadi, A. (2013). Pengaruh Metode Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Mroblem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Potensi Akademik Siswa SMK Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1024.

Puryadi, P., Rahayu, S., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 23. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.329.

Rumapea, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Pemberian Soal Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Pendidikan Matematika, 12(1), 1–14. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4551/pdf.

Rupp, S., Elliott, S. N., & Gresham, F. M. (2018). Assessing elementary students’ bullying and related social behaviors: Cross-informant consistency across school and home environments. Children and Youth Services Review, 93, 458–466. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.08.028.

Sari, N. P. I. K., Arnyana, I. B. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Self Efficacy Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 229–236. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607.

Sirajuddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1), 64–83. https://doi.org/10.32493/JEE.v1i1.1982.

Sri, W. (2014). Efektivitas Program Resolusi Konflik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Sosial Siswa Yang Terlibat Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(Juni), 53–58. https://doi.org/10.24014/jp.v10i1.1179.

Stone, R., Cooper, S., & Cant, R. (2013). The Value of Peer Learning in Undergraduate Nursing Education: A Systematic Review. ISRN Nursing, 2013(i), 1–10. https://doi.org/10.1155/2013/930901.

Sunarti, S., & Rachman, D. (2018). The Effectiveness of Flip Classroom with Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Method to Teach Reading Viewed from Students’ English Learning Interest. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 3(2), 183. https://doi.org/10.24903/sj.v3i2.246.

Sutinah. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Devision (STAD). Jurnal Penelitian Pendidikan, 1–12. https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/download/2848.

Zayia, D., Parris, L., McDaniel, B., Braswell, G., & Zimmerman, C. (2021). Social learning in the digital age: Associations between technoference, mother-child attachment, and child social skills. Journal of School Psychology, 87(June 2020), 64–81. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2021.06.002.

Zuhara, E. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 41. https://doi.org/10.22373/je.v6i1.8208.

Downloads

Published

2021-05-18

How to Cite

Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 295–300. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983

Issue

Section

Articles