Instrumen Penilaian Perseptual Motorik Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.33225Keywords:
perseptual motorik, sbdp, instrumen penilaianAbstract
Belum adanya instrumen penilaian perseptual motorik yang layak dalam menilai proses pembelajaran SBdP kelas IV SD menyebabkan kurang optimalnya proses penilaian. Tujuan penelitian yaitu merancang instrumen penilaian perseptual motorik siswa pada mata pelajaran SBdP kelas IV sekolah dasar yang dilihat dari segi validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model RDR (Research Development Research) Borg & Gall dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) studi pendahuluan (research), (2) mengembangkan produk (development), dan (3) validasi produk (research). Penelitian yang dilakukan terbatas hingga tahap uji ahli/pakar dikarenakan keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga. Subjek penelitian ini yaitu instrumen penilaian perseptual motorik siswa yang terdiri atas kisi-kisi tes, tes unjuk kerja, lembar penilaian, dan rubrik penilaian dengan jumlah pernyataan sebanyak 25 butir. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan membagikan lembar penilaian kepada 2 orang dosen. Instrumen pengumpulan data menggunakan rating scale dengan skala 4. Metode analisis data validitas isi menggunakan rumus Gregory, dan rerata skor sedangkan metode analisis data reliabilitas menggunakan rumus percentage of agreement. Berdasarkan rumus Gregory, hasil analisis uji validitas isi didapat hasil sebesar 1,00 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi sedangkan hasil analisis validitas dengan rerata skor diperoleh hasil ≥ 3 yang menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkan valid. Hasil uji reliabilitas dengan rumus percentage of agreement diperoleh hasil ≥ 85% yang menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka instrumen penilaian perseptual motorik siswa pada mata pelajaran SBdP kelas IV SD yang telah dirancang layak digunakan.
References
Abidin, Y. (2012). Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 164–178. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1301
Alwi, I. (2010). Pengaruh Jumlah Alternatif Jawaban Tes Obyektif Bentuk Pilihan Ganda Terhadap Reliabilitas , Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 3(2), 184–193. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/download/19/18
Amalia, nunung fika, et al. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4443/3807
Antara, P.A., & Aryaprastya, I. G. . (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Metode Bermain Peran (Penelitian Tindakan Kelas Di Taman Kanak-Kanak Labschool Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali Tahun 2011). Pedagogik-Pendas, 2, 245–256. http://jurnal.upi.edu/index.php/download/pdf/1911/
Antara, P. . (2017). Menelisik Fenomena Kelas Kreatif Pada Taman Kanak-kanak di Bali. 726–731. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1009/735
Antara, P. . (2018). Stimulasi Metode Permainan Kreatif Berdesain Creative Movement Dalam Menumbuhkan Kemampuan Spasial Anak Dengan Mempertimbangkan Budi Pekerti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 311–320. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11
Antara, P. . (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. 14(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2
Azmi, F., Halimah, S., & Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. Jurnal At-Tazakki, 1(1), 15–28. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/download/853/645
Bahri, S. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD di Dataran Tinggi Monco Gowa. Jurnal Bionature, 2, 110–116. https://adoc.pub/faktor-yang-mempengaruhi-kinerja-guru-sd-di-dataran-tinggimo.html
Bahrudin, Febrian Alwan, et al. (2017). Implementasi Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edukasi IPS, 1(1), 31–40. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/propatria/article/view/1108/701
Borich, G. . (1994). Observation Skills for Effective Teaching. New York : Macmillan Publishing Company.
Candra Rolisca, R. U., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Sma Brawijaya Smart School (Bss). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2706
Elvinar, E., & Nurbaiti, S. B. B. . (2017). Peningkatkan Kemampuan Motorik Anak Melalui Gerak Dan Lagu Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Cut Mutia Banda Aceh. Visipena Journal, 8(1), 108–123. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.381
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/822/665
Herawan, D. . (2017). Media Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 5 Berbasis Animasi. 278–282.
Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuatitatif. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kusmiati, A.M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11934
Laban, R. (1976). Modern Educational Dance. New York : McDonald and Evans Ltd.
Lestari, Resa Ani, et al. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Produk Artikel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Chemistry in Education, 4(2), 15–21. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/download/4825/5581
Lutan, R. (2001). Asas-asas Pendidikan Jasmani. Jakarta : Dirjen Olahraga.
Marimah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269
Miftah, M. (2018). Model Dan Format Analisis Kebutuhan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknodik, 13(1), 095. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.443
Mustafa, Pinton Setya, et al. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133
Nurdin, S. (2013). Aspek Aplikasi Konsep Sains dalam Evaluasi Pembelajaran IPA di MI. Jurnal Pionir, 1(1), 115–130. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/160/141
Nurgiyantoro, B. (2004). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. DIKSI Universitas Negeri Yogyakarta, 11(1), 91–116. https://core.ac.uk/download/pdf/11062749.pdf
Rahmawan, Eris Fahmi, et al. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Bernyanyi Berbasis Android. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 5(1), 81–89. https://doi.org/10.15294/jrer.v5i1.14888
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan : Lembaga Academis & Research Institute.
Rochmah, N. (2018). Keefektifan Outdoor Learning Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Motorik Kasar SBdP Kelas I. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230
Saftari, Maya, et al. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164
Saputro, B. (2016). Manajemen Penelitian Pengembangan. Aswaja Pressindo.
Setemen, K. (2018). Pengembangan Dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 178–187. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.
Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Sidoarjo : Uwai Inspirasi Indonesia.
Suastra, I. W. (2016). Permasalahan Guru Dalam Merancang Dan Mengimplementasikan Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Sains di SMP dan SMA. Seminar Nasional Riset Inovatif (Senari) Ke 4 Tahun 2016, 4, 304–313. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/836/593
Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 1–15. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/viewFile/837/655
Surmiyati, et al. (2014). Analisis Kemampuan Kognitif Dan Kemampuan Afektif Terhadap Kemampuan Psikomotor Setelah Penerapan Ktsp. Βeta, 7(1), 25–36.
Widoyoko, E. P. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Yudanto, Alim, A. M. (2016). Pengembangan Tes Perseptual Motorik untuk Anak Taman Kanak-kanak. Yogyakarta : UNY.
Yudanto. (2018). Model Aktivitas Jasmani Berbasis Perseptual Motorik. Grobongan : CV Sarnu Untung.
Yuniawa, T. (2014). Model Penilaian Kinerja Dalam Pembelajaran Membaca Berbasis Teks Narasi Bermuatan Pendidikan Karakater Cinta Budaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 61–72. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2177
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)