Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379Keywords:
Pengembangan, Instrumen Penilaian, Karakter PPK, Kemandirian, Tematik Terpadu.Abstract
Kesulitan yang dihadapi guru saat ini adalah mengukur keberhasilan pembelajaran karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian karakter PPK aspek kemandirian menggunakan Skala Likert pada pembelajaran tematik terpadu siswa SD kelas 4 yang layak untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Jenis data yang digunakan merupakan data primer berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket. Produk diujikan secara terbatas kepada 15 siswa kelas 4 yang berasal dari 3 sekolah berbeda. Data diolah menggunakan IBM SPSS 25 for Windows. Dari hasil uji terbatas diperoleh validitas dari 40 butir pernyataan yang diuji cobakan, 6 (15%) butir pernyataan memiliki tingkat validitas sangat tinggi, 25 (62,5%) katagori validitas tinggi, 6 (15%) katagori validitas cukup, 3 (7,5%) katagori validitas rendah, dan memiliki rata-rata rhitung sebesar 0,667 ≥ 0,20 maka instrumen dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen memiliki alpha cronbach’s (α) sebesar 0.965 dengan kriteria sangat reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian karakter PPK aspek kemandirian pada pembelajaran tematik terpadu SD kelas 4 layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu instrumen yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru untuk mengukur pembelajaran karakter.
References
Adib, H. S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Prosiding Seminar Nasional Dan Internasional, 1(1), 139–157. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3054
Barus, G. (2015). Menakar Hasil Pendidikan Karakter Terintegrasi Di SMP. Cakrawala Pendidikan, 34(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4827
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Dahniar, A. (2019). Memahami Pembentukan Sikap (Attitude) Dalam Pendidikan Dan Pelatihan. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 202–206. https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.27
Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209
Harahap, A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 1–11. https://doi.org/http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6732/0
Kamal, M. (2007). Restrukturisasi Pendidikan Menuju Bangsa Berkarakter. STIT Pemalang, (17), 35–44.
Kartono, C. S. (2013). Pengembangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/diksar/article/view/5423
Lismawati. (2015). Evaluasi implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) 2013 pada pelajaran al-islam di sd muhammadiyah 5 jakarta. Pendidikan Islam, 7(2), 53–66. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/178
Luthviyani, Setianingsih, & Handayani. (2019). Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Nilai-nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.113-122
Manasikana, A., & Anggraeni, C. W. (2018). Pendidikan karakter dan mutu pendidikan indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 102–110.
Maryuliana, dkk. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/ei.1.1.1-12
Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823
Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan Sd Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31 – 48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35
Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas Xi Sman 3 Medan ( Development of Geogebra-Based Learning Media With Addie Development Models in Class Xi Sman 3 Medan ). Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 37–50. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i1.19657
Nida, Parmiti, & Sukmana. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/25393/15846
Nita, R. W., & Zaini, A. (2017). Analisis Aplikasi Sosiometri Untuk Pengungkapan Interpersonal Skill (Solusi yang Ditawarkan Menuju Profesionalisme Guru BK). Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling, 4–6. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1287
Nugroho, M. S., Islam, U., Mataram, N., Program, D., Pariwisata, S., Baloq, L., … Pariwisata, P. (2019). Sikap Masyarakat Terhadap Pengembangan Pantai Loang Baloq Sebagai Daya Tarik Wisata di Kota Mataram. Journal of Enterprise and Development, 1(2), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jed.v1i02.979
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90
Rahmadani, J. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Berbasis Tematik di SDN SUmbersari 2 Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(23), 1–14. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6986
Sappaile, B. I. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(006), 379–391. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.356
Setiawati, F. A., Mardapi, D., & Azwar, S. (2013). Penskalaan Teori Klasik Instrumen Multiple Intelligences Tipe Thurstone Dan Likert. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 259–274. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1699
Simarmata, N. N., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 194–199. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122
Siregar, S. W. (2016). Assesment Dalam Bimbingan dan Konseling. 1–18.
Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373
Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar tehadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61
Sutijan, S., Makhfud, H., Lestari, L., & Chumdari, C. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. Paedagogia, 18(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/7517/0
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56.
Suwandi, Edi, D. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert Pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal UNTAN, 1–11. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan/article/view/31191
Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932
Wijayanti, T., Sukestiyarno, & Masrukhi. (2015). Implementasi Penilaian Kemampuan Berfikir Kritis Dan Karakter Demokratis Pada Materi Sistem Politik Indonesia Dengan Metode Pembelajaran Role Playing Berbasis Konservasi. Journal Of Educational Research And Evaluation, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/9915
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yudhawati, D. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Matakuliah Pengembangan Kepribadian. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 73–77. Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1081
Yuliawati, L. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 terhadap Tingkat Perilaku Kreatif Siswa di Lingkungan Sosial: Studi Korelasi antara Kurikulum 2013 dengan Tingkat Kreatifitas Siswa di SMAN 1 Padalarang. Bandung.
Yusri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN I Dekai Kabupaten Yahukimo. Ilkom Jurnal Ilmiah, 8(1), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.22.49-56
Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)