Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4

Authors

  • Nia Fuji Lestari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Nyoto Harjono Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379

Keywords:

Pengembangan, Instrumen Penilaian, Karakter PPK, Kemandirian, Tematik Terpadu.

Abstract

Kesulitan yang dihadapi guru saat ini adalah mengukur keberhasilan pembelajaran karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian karakter PPK aspek kemandirian menggunakan Skala Likert pada pembelajaran tematik terpadu siswa SD kelas 4 yang layak untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Jenis data yang digunakan merupakan data primer berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket.  Produk diujikan secara terbatas kepada 15 siswa kelas 4 yang berasal dari 3 sekolah berbeda. Data diolah menggunakan IBM SPSS 25 for Windows. Dari hasil uji terbatas diperoleh validitas dari 40 butir pernyataan yang diuji cobakan, 6 (15%) butir pernyataan memiliki tingkat validitas sangat tinggi, 25 (62,5%) katagori validitas tinggi, 6 (15%) katagori validitas cukup, 3 (7,5%) katagori validitas rendah, dan memiliki rata-rata rhitung sebesar 0,667 ≥ 0,20 maka instrumen dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen memiliki alpha cronbach’s (α) sebesar 0.965 dengan kriteria sangat reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian karakter PPK aspek kemandirian pada pembelajaran tematik terpadu SD kelas 4 layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu instrumen yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru untuk mengukur pembelajaran karakter.

References

Adib, H. S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Prosiding Seminar Nasional Dan Internasional, 1(1), 139–157. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3054

Barus, G. (2015). Menakar Hasil Pendidikan Karakter Terintegrasi Di SMP. Cakrawala Pendidikan, 34(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4827

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Dahniar, A. (2019). Memahami Pembentukan Sikap (Attitude) Dalam Pendidikan Dan Pelatihan. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 202–206. https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.27

Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209

Harahap, A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 1–11. https://doi.org/http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6732/0

Kamal, M. (2007). Restrukturisasi Pendidikan Menuju Bangsa Berkarakter. STIT Pemalang, (17), 35–44.

Kartono, C. S. (2013). Pengembangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/diksar/article/view/5423

Lismawati. (2015). Evaluasi implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) 2013 pada pelajaran al-islam di sd muhammadiyah 5 jakarta. Pendidikan Islam, 7(2), 53–66. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/178

Luthviyani, Setianingsih, & Handayani. (2019). Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Nilai-nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.113-122

Manasikana, A., & Anggraeni, C. W. (2018). Pendidikan karakter dan mutu pendidikan indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 102–110.

Maryuliana, dkk. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/ei.1.1.1-12

Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan Sd Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31 – 48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas Xi Sman 3 Medan ( Development of Geogebra-Based Learning Media With Addie Development Models in Class Xi Sman 3 Medan ). Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 37–50. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i1.19657

Nida, Parmiti, & Sukmana. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/25393/15846

Nita, R. W., & Zaini, A. (2017). Analisis Aplikasi Sosiometri Untuk Pengungkapan Interpersonal Skill (Solusi yang Ditawarkan Menuju Profesionalisme Guru BK). Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling, 4–6. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1287

Nugroho, M. S., Islam, U., Mataram, N., Program, D., Pariwisata, S., Baloq, L., … Pariwisata, P. (2019). Sikap Masyarakat Terhadap Pengembangan Pantai Loang Baloq Sebagai Daya Tarik Wisata di Kota Mataram. Journal of Enterprise and Development, 1(2), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jed.v1i02.979

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Rahmadani, J. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Berbasis Tematik di SDN SUmbersari 2 Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(23), 1–14. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6986

Sappaile, B. I. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(006), 379–391. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.356

Setiawati, F. A., Mardapi, D., & Azwar, S. (2013). Penskalaan Teori Klasik Instrumen Multiple Intelligences Tipe Thurstone Dan Likert. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 259–274. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1699

Simarmata, N. N., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 194–199. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122

Siregar, S. W. (2016). Assesment Dalam Bimbingan dan Konseling. 1–18.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar tehadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61

Sutijan, S., Makhfud, H., Lestari, L., & Chumdari, C. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. Paedagogia, 18(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/7517/0

Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56.

Suwandi, Edi, D. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert Pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal UNTAN, 1–11. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan/article/view/31191

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932

Wijayanti, T., Sukestiyarno, & Masrukhi. (2015). Implementasi Penilaian Kemampuan Berfikir Kritis Dan Karakter Demokratis Pada Materi Sistem Politik Indonesia Dengan Metode Pembelajaran Role Playing Berbasis Konservasi. Journal Of Educational Research And Evaluation, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/9915

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yudhawati, D. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Matakuliah Pengembangan Kepribadian. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 73–77. Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1081

Yuliawati, L. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 terhadap Tingkat Perilaku Kreatif Siswa di Lingkungan Sosial: Studi Korelasi antara Kurikulum 2013 dengan Tingkat Kreatifitas Siswa di SMAN 1 Padalarang. Bandung.

Yusri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN I Dekai Kabupaten Yahukimo. Ilkom Jurnal Ilmiah, 8(1), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.22.49-56

Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207

Downloads

Published

2021-04-08

How to Cite

Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379

Issue

Section

Articles