Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital

Authors

  • Komang Ayu Megantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251

Keywords:

komik digital, sumber daya alam

Abstract

Ketersediaan media pembelajaran inovatif di sekolah masih terbatas khususnya pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial topik sumber daya alam siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital pada topik sumber daya alam yang teruji validitasnya. Model pengembangan dalam penelitian ini yaitu ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini berupa produk media komik digital topik sumber daya alam, sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu validitas media komik digital pada topik sumber daya alam siswa kelas IV SD. Metode dan instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan rating scale berupa lembar penilaian yang diberikan kepada 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi dan 5 orang siswa kelas IV SD untuk mengetahui validitas media komik digital. Hasil analisis data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui validitas media komik digital menggunakan rumus indeks validitas Aiken dan rumus mean. Hasil indeks validitas Aiken memperoleh hasil indeks terendah dari ahli materi sebesar 0.88, 0.63 dari ahli media dan indeks tertinggi 1. Respon guru memperoleh skor sebesar 4.62 dan respon siswa sebesar 4.95 dengan predikat sangat baik. Media komik digital valid secara isi dan layak digunakan sebagai sumber belajar

Author Biographies

Komang Ayu Megantari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gede Margunayasa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Ayu Tri Agustiana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Itqan, 8(2), 145–167. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/

Andrian, R. (2017). Pembelajaran Bermakna Berbasis Post It. Jurnal Mudarrisuna, 7(1), 103–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v7i1.1911

Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212

Ariyana, Ramdhani, I. S., & Sumiyani. (2020). Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. 3, 356–370. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. March. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Ernawati, Y., Rufii, & Waluyo, D. A. (2019). Komik Digital Ekonomi Untuk Generasi Milenial. 7(4), 117–120.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, ISSN: 2654-8607, 93–97. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id

Hakim, A. F. (2018). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Alat-Alat Pembayaran Internasional. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(3), 204–212.

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. http://ejournal.radenintan.ac.id

Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, 4(2), 128. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642

Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 269–278. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.2795

Larasati, D. A., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2020). Pengaruh Media Peta Berbasis Konstruktivistik Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah dasar. Jurnal Unma, 3(1), 53–63. http://jurnal.unma.ac.id

Lestari, I. D., Halimatusha’diah, H., & Puji Lestari, F. A. (2018). Penggunaan Media Audio, Visual, Audiovisual, dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-guru. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 55. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361

Mardiana, S., & Sumiyatun, S. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Metro. Historia, 5(1), 45. https://doi.org/10.24127/hj.v5i1.732

Mawardi, G., Iriani, T., & Daryati, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Kompetensi Pembelajaran Pokok Materi Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Pensil, 8(1), 24–30. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.8485

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147

Ningrum, G. A. O. (2021). Optimalisasi Keaktifan dan Kemampuan Berhitung dengan Media Benda Konkret pada Siswa Kelas I SDN Kaliwareng. 3(1), 80–89. http://pub.mykreatif.com

Nugraha, D. A. (2020). Pengembangan Komik Kimia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Cet (Chemo-Edutainment). Chemistry in Education, 9(2), 84–90. https://journal.unnes.ac.id

Nurdianto, I. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Platform Google Classroom Pada Materi Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi. Journal of Chemical Information and Modeling, 8. http://www.riset.unisma.ac.id

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Pradiatiningtyas, D., & Suparwanto. (2017). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Smk N 4 Purworejo. 7(2), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2311/ijns.v7i2.1499

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. 07(01), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Pravitasari, T. A., Adib, A., & Wahyudi, A. T. (2017). Perancangan Komik Digital Mengenai Pengaruh Negatif Media Sosial Pada Remaja Wanita di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 2. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/5517/5044

Raneza, F., & Widowati, H. (2020). Analisis Urgensi Pengembangan Komik Digital Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman. Biolova, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.24127/biolova.v1i1.28

Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran IPS Siswa SDN 02 Kelas III Kab.Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 1(1), 1–11. https://sinta.ristekbrin.go.id

Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Media Permainan Papan Pada Pembelajaran IPS Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, 6(1), 163–174. https://ejournal.upi.edu

Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3), 105–110. https://doi.org/10.35793/jtek.6.3.2017.18070

Siti Nurjanah, & Sumarmi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (Tts) Pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Kelas Iv Di Mi Al Busyro. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.85

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Sukriyatun, G. (1970). Penggunaan Model Jigsaw dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 9.3 pada Pelajaran IPS Materi Sejarah di SMPN 16 Bogor. European Journal of Biochemistry, 13(3), 592–592. https://doi.org/10.1111/j.1432-1033.1970.tb00966.x_1

Sunarto, Setyadi, D., & Wuryantoro, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Workshop Dalam KKG Mini di SD Negeri 2 Kedungbanteng Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional Literasi, 1. https://prosiding.unipma.ac.id

Suprianto, E. (2019). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2Desember), 22–32. https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/810

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/507

Yuliana, Siswandari, & Sudiyanto. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 135–146. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id

Downloads

Published

2021-05-18

How to Cite

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 139–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251

Issue

Section

Articles