Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34535Abstract
Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia pendidikan, dimana pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi dilakukan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa di SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 65 orang yang terdiri dari guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring sangat berpengaruh terhadap hasil belajar pada konsep dasar matematika siswa. Selama pembelajaran daring siswa kurang efektif dalam belajar dan siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. Hasil belajar siswa pun kurang stabil dan hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran selama pandemi berubah yaitu dengan menggunakan jaringan jarak jauh. Hal ini memberikan dampak pada guru karena kurang maksimal dalam memberikan materi pembelajaran dan terganggunya proses pembelajaran yang menyebabkan materi tidak tuntas.
References
Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do social features help in video-centric online learning platforms? A social presence perspective. Computers in Human Behavior, 113(April), 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, 10(3), 282–289.
Baety, D, N., & Munandar, D, R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889.
Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019.
Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.
Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364.
Dewi, A. E. R. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Fasilitas Belajar Terhadap Pembelajaran. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 194–205. https://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoLEC/article/download/901/402/2576.
Diyanti, I. S., & Soejoto, A. (2015). Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Gema 45 Surabaya. Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015, 1, 1–18. https://doi.org/10.26740/jupe.v1n3.p%25p.
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.
Hidayah, L., Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 8(1), 237–247. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1925.
Huda, A. K., Reffiane, F., & Untari, M. F. asri. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri Rejosari 03 Kota Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(2), 171. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.3072.
Hwang, G. J, Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.
Hwang, Gwo Jen, Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.
Isnaini, M., & Afgani, M. W. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Limas Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri). Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 12(2). https://doi.org/10.17509/md.v12i2.7679.
Iswiwiyanti, A. (2017). Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Think–Pair–Share (TPS) Dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matematika Di Smpn I Tanjung Morawa. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 13–26. https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.934.
Jumrawarsi, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Find Someone Who terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Gantang, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.202.
Kkese, E. (2020). McGurk effect and audiovisual speech perception in students with learning disabilities exposed to online teaching during the COVID-19 pandemic. Medical Hypotheses, 144(July), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233.
Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009.
Lage-Cala, S., Folgueras-Díaza, M. B., Alonso-Hidalgoa, M., García-Menéndezb, D., & Fernández-Garcíab, F. J. (2020). Investigation of the effectiveness of online learning tools for energy performance certificates preparation. Energy Reports, 6, 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034.
Laksmi, N. P. R. A., Wiarta, I. W., & Made Putra. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv. Mimbar Pgsd, 5(2), 1–10. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10646.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.
Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016.
Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, June, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.
N.L.Sudiartini, I.G.P.Suharta, & I.G.P.Sudiarta. (2021). Kontribusi Kedisiplinan Belajar, Pola Asuh Orang Tua dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31386.
Nasrulloh, F. (2017). Keefektifan model kooperatif tipe tps dan nht ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas xi. Eduscope, 03(01). https://doi.org/10.32764/eduscope.v3i1.181.
Ningrum, W. R. (2018). Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/621.
Oyedotun, T. D. (2020). Sudden change of pedagogy in education driven by COVID-19: Perspectives and evaluation from a developing country. Research in Globalization, 2(June), 100029. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100029.
Patricia, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011.
Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685/1908.
Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152.
Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(4), 4–9. https://doi.org/10.7759/cureus.7541.
Setyaningsih, T. D., Agoestanto, A., & Kurniasih, A. W. (2014). Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Siswa Menggunakan PBL dalam Tugas Pengajuan Masalah Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 180–187. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.4544.
Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/download/13598/pdf.
Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588.
Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156–170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Telussa, R. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi pada Konsep Mobilitas Sosial Di Pkbm Mekar Sari Kabupaten Nabire Papua. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol8issue2year2020.
Torisa, I. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2), 13–23.
Wahyudi, W., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3062.
Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Smp Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 105–126. http://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/INT/article/view/310/242.
Wulandari, E. T. (2019). Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa The Importance of the Effect of Learning Facilities on Student Learning Achievement. EProsiding Seminar Nasional Biologi VI, 20, 258–261. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10545/6181.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)