PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Authors

  • Gusti Ayu Putu Intan Kusuma Dewi .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .
  • Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Experientialdan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di kelas V SD No.5 Kapal tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD No.5 Kapal yang banyaknya 91 orang siswa. Setelah disetarakan dan diundi sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VB sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 31 dan Kelas VC sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Data tentang hasil belajar konsep pengukuran dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Data analisis dengan t-test melalui tahapan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Experientialdan siswa yang dibelajrkan dengan pembelajaran konvensional ( thitung= 5,433>ttabel = 2,000 ) dengan db = 59 ( ∑n-2 = 61 – 2 = 59 ) dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Experientialberpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA Kelas V SD No. 5 Kapal Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata Kunci : Model Pembelajaran Experiential , hasil belajar IPA.

This study aims to determine significant differences between students' science learning outcomes that learned through learning model Experiential with students that learned through conventional teaching in fifth grade of SD No.5 Kapal year 2013/2014 . The study population was all students in the fifth grade which are contains91 students. After synchronized and samples drawn in this study was 5th B grade as experimental group which are contains 31 students and 5th C grade as a control group which are contains 30 students. Types of research are using quasi-experimental or quasi-experimental . The study design used is Non- Equivalent Control Group Design . Data on study results was collected with instruments measuring the concept of a multiple choice test . This data analysis was by t - test with stage test for normality and homogeneity tests . The results showed , there was a significant differences between students who take lessons with Experiential learning model with students who take conventional learning ( of t = 5.433> t table = 2.000 ) with db = 59 ( Σn - 2 = 61-2 = 59 ) and significance level of 5 % . It can be concluded that the learning model Experiential was significantly affect science learning outcomes in fifth grade of SD No. 5 Kapal year 2013/2014.
keyword : Learning models Experiential , learning outcomes IPA

Published

2014-07-16

How to Cite

., G. A. P. I. K. D., ., D. I. M. S. M., & ., D. I. B. S. M. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3483

Issue

Section

Articles