Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi dengan Media Konret

Authors

  • I Made Krisna Bayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990

Keywords:

video, demonstrasi, siklus air

Abstract

Pembelajaran daring yang dilakukan membuat pembelajaran menjadi tidak efektif dan membosankan. Hal ini terjadi karena guru belum menghadirkan media yang tepat dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media yang menarik contohnya seperti video demontasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran demonstrasi pada topik siklus air di kelas V sekolah dasar dengan menggunakan Model 4D. Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen sebagi ahli materi, 2 orang dosen sebagai ahli media, dan 2 orang guru sebagai praktisi. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner berupa google form yang diberikan kepada responden. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas video pembelajaran demonstrasi adalah rating scale berupa lembar penilaian materi dan media video pembelajaran demonstrasi dari ahli. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus indeks validitas Aiken untuk data para ahli dan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas dari respons praktisi dan siswa pada video pembelajaran demonstrasi. Hasil validitas materi video pembelajaran demonstrasi yang diperoleh adalah sebesar 0.96 “validitas tinggi”, selanjutnya hasil ahli media diperoleh skor sebesar 0.92 dengan kriteria “validitas tinggi”. Sedangkan pada analisis skor penilaian para responden menggunakan rumus mean memperoleh rata-rata sebesar 3.72 dari respons praktisi dengan kategori “sangat baik”, dan 3.94 dari respons siswa dengan kategori “sangat baik”. Jadi, video pembelajaran demonstrasi yang dikembangkan pada topik siklus air dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar.

Author Biographies

I Made Krisna Bayu, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Citra Wibawa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.

Alamsyah, R., Toenlioe, A. J. E., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229–236. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4563.

Andreas, L. O., & Gusmareta, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah Dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial Laras. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Anjarsari, E., D.F., D., & W.A., A. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.

Citra, D. (2017). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini, 5(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10498.

Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957.

Erowati, M. T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SDN Sumberejo 01. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7735.

Fahrurozi, S. K., & Dwi Maryono, C. B. (2017). Indonesian Journal of Informatics Education Simple Additive Weighting Method in the Development of a System Assessing the Feasibility of. Indonesian Journal of Informatics Education, 1(2), 17–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20961/ijie.v1i2.12446.

Fitriani, W., Suwarjo, & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040.

Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513.

Hayati, Najmi, & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2). https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1027.

Hendracipta, N. (2016). Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 109–116. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.672.

Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Jurnal Diklat Teknis, 6(2). https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60.

Huang, S.-Y., Kuo, Y.-H., & Chen, H.-C. (2020). Applying Digital Escape Rooms Infused with Science Teaching in Elementary School: Learning Performance, Learning Motivation, and Problem-Solving Ability. Journal Pre-Proof, 1–46. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100681.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197.

Ilhami, R. S., & R, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2). https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.

Jr., L. D. L., Tiangcoa, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Mark, J. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the Covid-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.

Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi Video dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105–112. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i10.508.

Karisma, R., Mudzanatun, & A., P. (2019). Pengembangan Media Audio Visual untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19255.

Kristiani, N., & Prasetyo, Z. K. (2016). Keefektifan Pembelajaran Metematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Pada Kelas V SD Timuran. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 163–175. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7791.

Kurniawan, Dian, & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media screencasto-matic mata kuliah kalkulus 2 menggunakan model 4-d thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1). https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.193.

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 318–325. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331.

Maghfiroh, A. D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Model Contextual Teaching Learning Berbantu Media Video Tutorial. Jurnal Pendas Mahakam, 2(1), 14–18. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/98.

Marhani, A., & Umar, S. (2017). Pengembangan Media Video untuk Perolehan Belajar Konsep Norma-norma Kehidupan pada Pelajaran Pedidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18504/0.

Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.

Mulyono, aldian boby, Abidin, Z., & Husna, A. (2019). Pengembangan media video pengoprasian bagian - bagian kamera dslr dalam mata pelajaran desain grafis percetakan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 290–296. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/8168.

Nahdi, D. S., Devi, A. Y., & Nurul, F. . (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050.

Nawir, K. A., & Pristiwaluyo, T. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Melukis Peserta Didik Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Donri Donri Kabupaten Soppeng. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 1(1). https://ojs.unm.ac.id/assesment/article/view/1774.

Nilayanti, P. M., Putra, I. K. A., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. Mimbar PGSD, 5(3), 1–9. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10781.

Nurwahidah, C. D., Zaharah, & Sina, I. (2013). Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan FIKR: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 118–137. http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168.

Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31–43. https:// doi: 10.1016/j.tsc.2018.10.002.

Rista, B. (2019). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949/0.

Scherer, R., Howard, S. K., Tondeur, J., & Siddiq, F. (2021). Profiling teachers’ readiness for online teaching and learning in higher education: Who’s ready? Computers in Human Behavior, 118, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106675.

Sulfemi, W. B., & Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2). https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/229.

Sulfemi, Wahyu Bagja, & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019.

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Dinoyo 1 Malang. Jurnal Kependidikan Dan Keislaman FAI Unisma, 10(2). http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/166.

Sulthon. (2016). Pembelajaran Ipa Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Elementary, 4(1). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1969.

Sun, H., & Gao, Y. (2016). Impact of an active educational video game on children’s motivation, science knowledge, and physical activity. Journal of Sport and Health Science 5, 239–245. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2014.12.004.

Suryansyah, T., & Suwarjo. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209–221. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393.

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Rendahnya motivasi belajar siswa kelas Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200. file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/318-Article Text-621-1-10-20200124-2.pdf.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.

Tseng, S. (2021). The influence of teacher annotations on student learning engagement and video watching behaviors. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00242-5.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Widana, I. N. S., Sumaryani, N. P., & Ayuning, N. L. W. (2018). Memicu Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Blended Learning Berbantuan Komik Digital. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 38–48. http://doi.org/10.5281/zenodo.1407735.

Yu, Z. (2021). The effects of gender, educational level, and personality on online learning outcomes during the COVID‑19 pandemic. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00252-3.

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Bayu, I. M. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi dengan Media Konret. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 248–257. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990

Issue

Section

Articles