Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35271Keywords:
Scrapbook, Fable Tales, Literacy, MediaAbstract
Literasi sangat perlu dikembangkan sejak siswa masih berada pada jenjang pendidikan dasar, apalabi saat ini kemapuan literasi siswa SD sangat lemah yang menuntut guru harus mampu membelajarakan siswa dengan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Scrapbook Dongeng Fabel. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan desain penelitian milik Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah 11 Orang siswa SD, ahli materi, ahli media dan ahli praktisi. Metode pengumpulan data yang diagunkan adaalah angket. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran Scrapbook dongeng fabel terhadap minat literasi baca tulis siswa SD. Berdasarkan hasil uji kelayakan terhadap ahli media diperoleh kriteria sangat layak dengan nilai rata-rata sebesar 84,5%. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh kriteria sangat layak dengan nilai rata-rata sebesar 84%. Hasil validasi oleh ahli bahasa memperoleh kriteria layak dengan nilai rata-rata sebesar 74,15%. Adapun hasil angket respons siswa pada uji coba terbatas memperoleh nilai rata-rata sebesar 93,3% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, media Scrapbook Dongeng Fabel dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas II SD.
References
Alfiah, A. N., Putra, N. M. D., & Subali, B. (2018). Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 57. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p57-67.
Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125.
Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724.
Chen, D., Putri, N. D., Meliza, W., Astuti, Y., Wicaksono, L. Y., & Putri, W. A. (2020). Identifikasi Minat Siswa SMA Kelas X Terhadap Mata Pelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 36–39. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.36-39.
Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804.
Fiangga, S., Amin, siti M., Khabibah, S., Ekawati, R., & Prihartiwi, nina rinda. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118.
Kasdriyanto, D. Y., & Wardana, L. A. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Picture And Picture Berorientasi Wawasan Kebangsaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 271–278. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1255.
Lisma, E., Rahmadhani, R., & Siregar, M. A. P. (2019). Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 85–91. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345.
Muslimin. (2018). Foster a Culture of Literacy Through Increased Reading. Cakrawala Pendidikan, 2. https://media.neliti.com/media/publications/237931-none-74db0b06.pdf.
Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411.
Nurdiana, I., & Murjainah. (2018). Hubungan Penggunaan Media Scrapbook Dengan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 41 Palembang. Edutech, 16(3), 274–287. https://doi.org/10.17509/e.v16i3.8079.
Nurfadilla, & Rosleny. (2018). Hubungan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V SD Gugus III Seyegan. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1), 443–450. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/1173/1071.
Nurhab, M. irpan. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Perbankan Syariah, 1(2), 255–274.
Pambudi, B. A. (2018). Hubungan Penggunaan Jaringan Internet, Pelayanan Administratif, Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 159–168. https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p159.
Pangesti, fitraning tyas puji. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.
Pratiwi, siti habsari. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. Fitrah, 3(1), 27–48. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/fitrah/article/download/835/556/.
Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003.
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405.
Sadli, M., & Saadati, baiq arnika. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829.
Saeful, A. R. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatkan Minat Membaca pada Pembelajaran Indonseia SD Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 30. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/7494.
Sari, dwi arum, & Supriyadi. (2021). Penguatan literasi budaya dan kewargaan berbasis sekolah di sekolah menengah pertama. 4(1), 13–17. https://doi.org/10.12928/citizenship.v4i1.19409.
Sari, I. P., Yuliantini, N., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/download/14563/7147.
Sari, L. P., Patimah, S., & Yusandika, A. D. (2019). Pengembangan Scrapbook Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 270–276. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4367.
Setiawan, andika aldi, & Sudigdo, A. (2019). Penguatan literasi siswa sekolah dasar melalui kunjungan perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 27.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333.
Sirajuddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1), 64–83. https://doi.org/10.32493/JEE.v1i1.1982.
Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xisma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453.
Sulistyawati, E. (2020). Keefektifan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal ditinjau dari prestasi, minat belajar, dan apresiasi terhadap matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 27–42. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421.
Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1), 12. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70.
Suwandi, S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Mencerdaskan Dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 1–17. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1562.
Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan, 12(1), 26. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972.
Utaminingsih, S., Agustini, F., & Aniq KHB, M. (2019). Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 64. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17378.
Utomo, H. N., Arifin, I., & Timan, A. (2018). Latar Minat & Animo Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah Menengah Kejuruan 4 Tahun. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/um027v1i12018p45.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa SMA Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91–99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/24762.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)