Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Soal Tes Berpikir Kritis Berbasis ESD

Authors

  • Risma Rakhmayani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35296

Keywords:

kemampuan, guru, soal tes, ESD

Abstract

ESD (Educational Sustainable Development) adalah program UNESCO dalam bidang pendidikan supaya di era selanjutnya siswa dapat bertanggung jawab dalam mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan lingkungan, ekonomi dan sosial. Untuk menunjang ketercapaian program ESD tersebut dibutuhkan pemikiran yang kritis. Penilaian menggunakan soal tes berpikir kritis diyakini mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Namun guru di sekolah belum mampu membuat soal yang sesuai. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan soal tes berpikir kritis berbasis ESD serta faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan metode deskptif kualitatif. Sumber data utama meliputi 7 guru kelas IV, V, dan VI di sekolah dasar yang berbeda-beda. Sumber data pendukung berupa dokumen soal-soal tes tertulis. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, lembar studi dokumentasi dan lembar kuesioner. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 6 guru sudah membuat soal tes berpikir kritis namun belum maksimal dan 1 lainnya sudah, hal tersebut dikarenakan sulitnya menentukan KKO (kata kerja operasional) dan memilih stimulus. Di samping itu, terkait pembelajaran berbasis ESD belum dimengerti secara konsepnya, namun pelaksanaan di lapangan sudah terealisasikan. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan soal tes berpikir kritis berbasis ESD masih rendah dan perlu adanya pembinaan serta pelatihan.

References

Agusti, K. A., Wijaya, A. F. C., & Tarigan, D. E. (2019). Problem Based Learning dengan Konteks ESD untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sustainability Awareness Siswa SMA pada Materi Pemanasan Global. VIII, SNF2019-PE-175–182. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.22

Clarisa, G., Danawan, A., Muslim, & Wijaya, A. F. C. (2020). Penerapan Flipped Classroom dalam Konteks ESD untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Membangun Sustainability Awareness Siswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.8953

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Destiniar, Mulbasari, A. S., Fuadiah, N. F., Octaria, D., Ningsih, Y. L., Retta, A. M. R., & Isroqmi, A. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS untuk Mengambangkan Kemampuan Pedagogik Guru. J-APDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 163–170.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2018). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019). The Struggle of Indonesian Students in The Context of TIMSS and PISA Has Not Ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 393–406. http://www.iaeme.com/ijciet/issues.asp?JType=IJCIET&VType=10&IType=02

Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas IV. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 87–96. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C, PPK dan HOTS. Jurnal SOLMA, 8(1), 14–23. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2949

Kadir, A. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Al-Ta’dib, 8(2), 70–81. https://doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411

Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan KonteksPedesaan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370–376. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0A

Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(3), 430–450. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i3.302

Miles, Huberman, & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis. In A Methods Sourcebooks, Edition 3. SAGE Publication, Inc.

Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216–227. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856

Narayanan, S., & Adithan, M. (2015). Analysis Of Question Papers In Engineering Courses With Respect To Hots (Higher Order Thinking Skills). American Journal of Engineering Education (AJEE), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.19030/ajee.v6i1.9247

Oh, H.-J., & Park, J.-K. (2017). The Development and Application of Education for Sustainable Development (ESD) Program related to Creative-Experience Activity for Elementary School Students. Journal of Korean Elementary Science Education, 36(4), 316–330. https://doi.org/10.15267/keses.2017.36.4.316

Putri, T., Suwarma, I. R., Danawan, A., & Wijaya, A. F. C. (2019). Penerapan Model Real World Situation Problem Based Learning Menggunakan Konteks Esd Dalam Meningkatkan Sustainability Awareness Siswa Di Kelas X. VIII, SNF2019-PE-419–428. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.53

Rahaju, E. B., Fardah, D. K., Prandoyo, W., & Ismail. (2020). Kemampuan Guru-Guru Matematika SMP Kabupaten Ponorogo dalam Mengembangkan Soal Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 75–81. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i1.10640

Rahmat, A. A., Hamdu, G., Nur, E., & Muiz, D. A. (2020). Pengembangan Soal Tes Tertulis Berbasis STEM dengan Pemodelan RASCH di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(1), 29–40. https://doi.org/10.17509/md.v16i1.25099

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan RASCH Pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Suratmi, Laihat, & Asnimar. (2020). Development of Assessment Instruments Based on Higher Order Thinking Skills (HOTS) for Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 6(1), 199–211. https://doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.7356

Taimur, S., & Sattar, H. (2018). Education for Sustainable Development and Critical Thinking Competency. Springer Nature Switzerland AG, September, 1–11. https://doi.org/10.1007/978-3-319-69902-8_64-1

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21–30. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Panduan Penilaian Tes Tertulis. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

UNESCO. (2014). Roadmap for Implementing the Global Action Programme on Education for Sustainable Development. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://sustainabledevelopment.un.org/content/documents/1674unescoroadmap.pdf

Vieira, R. M., Tenreiro-Vieira, C., & Martins, I. P. (2011). Critical Thinking: Conceptual Clarification and Its Importance in Science E...: Discovery Service for University of Exeter. Science Education International, 22(1), 43–54. http://0-eds.a.ebscohost.com.lib.exeter.ac.uk/eds/pdfviewer/pdfviewer?vid=1&sid=67b15f8f-7107-4267-ba0e-d74f55da15b4%40sessionmgr4009

Widana, I. W. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Asemen HOTS terhadap Kemampuan Guru Matematika SMA/SMK Menyusun Soal HOTS. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 66–75. https://doi.org/10.5281/zenodo.3743923

Winarti, Hairida, & Lestari, I. (2021). Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Soal Berdasarkan pada Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Landak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 108–115. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zulkifli, M. (2018). Analisis Bentuk Evaluasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 125–143. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.29

Downloads

Published

2021-07-08

How to Cite

Rakhmayani, R., & Hamdu, G. (2021). Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Soal Tes Berpikir Kritis Berbasis ESD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 320–329. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35296

Issue

Section

Articles