PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

Authors

  • Eka Ardi Wrisca Febriyanti .
  • Drs. I Nyoman Jampel,M.Pd .
  • Drs. Syahruddin,S.Pd,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Two Stay Two Stray (TS-TS) berbantuan media konkret dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Abang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Abang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 98 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling yang berjumlah 43 siswa. Data hasil belajar Matematika dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda dengan satu jawaban benar. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Two Stay Two Stray (TS-TS) berbantuan media konkret dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional (thitung = 5,813> ttabel = 2,021). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) berbantuan media konkret lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Artinya penggunaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) berbantuan media konkret berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Abang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : metode Two Stay Two Stray (TS-TS), media konkret, hasil belajar Matematika.

This research aims to describe differentces in learning outcomes Mathematics among students who take lesson with methods Two Stay Two Stray (TS-TS) concrete media assistance with student who take learning with conventional learning methods in fifth grade elementary schools students in Cluster III Districten Abang Academic Year 2013/2014. This type of research is a quasi axperimental research with design using non-equivalent post-test only control group design. Population in this study was all fifth grade students of elementary schools in Cluster III Districten Abang Academic Year 2013/2014 the amount is 98 all together. Samples were taken by means random sampling the amount is 43 students. Mathematics learning outcomes data were collected using a multiple-choise test with one correct answer. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics are t-test. The results showed that there were significant differences in learning outcomes between students who take mathematics teaching methods Two Stay Two Stray (TS-TS) concrete media assited by students who take lesson with the conventional method (t = 5,813> ttab = 2,021). Based on the results of this research can be said that the group of students who learned with the learning method Two Stay Two Stray (TS-TS) concrete media assisted better than the group of students who learned with conventional learning method. Means the use of learning method Two Stay Two Stray (TS-TS) concrete media assistance effect on improvement of students learning outcomes Mathematics in fifth grade elementary schools students in Cluster III Districten Abang District of Karangasem Academic Year 2013/2014.
keyword : method Two Stay Two Stray (TS-TS), concrete media, Mathematics learning outcome.

Published

2014-07-21

How to Cite

., E. A. W. F., ., D. I. N. J., & ., D. S. (2014). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3540

Issue

Section

Articles