Pendekatan Komunikatif Berpengaruh Terhadap Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Gianyar

Authors

  • Luh Farmita .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .
  • Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3541

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan komunikatif dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan rancangan “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Gianyar pada Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas dengan 151 orang siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas dengan 64 orang siswa yang ditentukan dengan random sampling. Data tentang keterampilan berbicara dikumpulkan menggunakan rubrik penilaian. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan dk =62 (thitung=3,227 > ttabel = 2,000), menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan komunikatif dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2013/2014. Ini berarti, pendekatan komunikatif berpengaruh terhadap keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2013/2014
Kata Kunci : pendekatan komunikatif, bahasa indonesia, keterampilan berbicara

A research is conducted to know the significant differences between skill speaking Indonesian languageof student’s which used communicative approachment with student’s used convencional teaching of the fifth grade students cluster VI Kecamatan Gianyar in academic year 2013/2014. A research used designed as non equivalent group control. Population of this research focused on the students grade V Cluster VI Kecamatan Gianyar in academic year 2013/2014 with have 5 classes of 532 student’s. The sample of research is 2 class with 64 student were taken with a random sampling technique. The data about students skill of speaking is collected with rubric assessment. The research shows significant 5% dan db=62 (thitung=3,227 > ttabel = 2,000), shows significant differences between skill speaking of student’s which used communicative approachment with student’s used convencional teaching of the fifth grade students cluster VI Kecamatan Gianyar in academic year 2013/2014. , Thus, it can be concluding that communicative approachment effect on skill speaking Indonesian language of the fifth grade students cluster VI Kecamatan Gianyar in academic year 2013/2014.
keyword : communicative approachment, Indonesian language, skill of speaking

Published

2014-07-21

How to Cite

., L. F., ., D. I. G. A. O. N. M., & ., D. N. N. G. M. (2014). Pendekatan Komunikatif Berpengaruh Terhadap Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3541

Issue

Section

Articles