Implementasi Service Learning Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa SD/MI

Authors

  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin
  • Suharti Suharti Universitas Islam Negeri Alauddin
  • Nur Akni Ardita Universitas Islam Negeri Alauddin

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35706

Keywords:

Membaca, Menulis, Permulaan, Service Learning

Abstract

Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Selain itu, guru kewalahan dalam membelajarkan siswa yang belum mampu membaca dan menulis dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi kegiatan service learning mahasiswa prodi PGMI terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa SD/MI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-eksperimental design. Jumlah mahasiswa yang melakukan kegiatan service learning sebanyak 79 orang sehingga sampelnya berjumlah 79 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian adalah tes, yakni pretes dan posttes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif maupun inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh implementasi kegiatan service learning terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa SD/MI yang dilakukan oleh Mahasiswa. Setiap masalah yang dihadapi siswa diberi solusi oleh mahasiswa dengan menggunakan metode, eja, metode suku kata, metode global, dan metode SAS. Implikasi dari penelitian ini adalah mendekatkan mahasiswa pada masalah yang terjadi di masyarakat dan memberikan bantuan terhadap kesulitan belajar di sekolah, hal tersebut sebagai praktik pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia di bangku kuliah dengan langsung mendampingi dalam mengatasi masalah pembelajaran.

References

Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Metode Quantum Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 158–171. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v6i2.607.

Alexander-Ruff, J. H., & Ruff, W. G. (2021). The impact of cultural immersion service learning on BSN graduates: A quasi-experimental evaluation. Nurse Education in Practice, 54. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103099.

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 237–244. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.

Armstrong, A. G., Mattson, C. A., & Lewis, R. S. (2021). Factors leading to sustainable social impact on the affected communities of engineering service learning projects. Development Engineering, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.deveng.2021.100066.

Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338.

Azmussya’ni, & Wangid, M. N. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di Sdn 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2640.

Bera, & Lukas. (2018). Peningkatan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Word Square pada Siswa Kelas VA SD Inpres Iligetang. Jurnal Kependidikan, 4(2), 163 – 172. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1125.

Bhattacharjee, B., & Deb, K. (2016). Role of ICT in 21 st Century’s Teacher Education. International Journal of Education and Information Studies, 6(1), 1–6.

Cahyaningsih, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 45–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707.

Capellini, S. A., César, A. B. P. D. C., & Germano, G. D. (2015). Early identification of reading problems: Preliminary study with students of 1st grade. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1351–1355. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.758.

Chandra, & Amerta, S. (2017). Perwujudan Berpikir Kritis Siswa dalam Implementasi Literasi Membaca Berbasis Strategi The Big Questions and Bookmark Organizers di Sekoah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Chiva-Bartoll, O., Ruiz-Montero, P. J., Olivencia, J. J. L., & Grönlund, H. (2021). The effects of service-learning on physical education teacher education: A case study on the border between Africa and Europe. SAGE Journals. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1356336X211007156.

Deja, M., Rak, D., & Bell, B. (2021). Digital transformation readiness: perspectives on academia and library outcomes in information literacy. The Journal of Academic Librarianship, 47(5). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102403.

Fakhruddin, Z., Amzah, A., & Nurchalis, N. F. (2019). Technology-Based Teaching Material Development Training for Pre-Service Teachers to Improve Students’ Learning Outcomes. NOBEL: Journal of Literature and Language Teaching, 10(1), 87–102. https://doi.org/10.15642/nobel.2019.10.1.87-102.

Fuad, Z. Al, & Helminsyah. (2018). Language Experience Approach Sebuah Pendekatan Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 164–174. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.

García-Rico, L., Santos-Pastor, M. L., Martínez-Muñoz, L. F., & Ruiz-Montero, P. J. (2021). The building up of professional aptitudes through university service-learning’s methodology in sciences of physical activity and sports. Teaching and Teacher Education, 105. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103402.

Hermansyah, A. K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus (Journal of Primary Education), 1(2), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468.

Karlela, D., & Anisah, A. S. (2016). Penerapan Model Service Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Naturalistic, 1(1), 7–18. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/494870.

Kovalenko, C., & Vellenga, B. (2021). A Descriptive Analysis of the Experiences of Nursing Students Who Participated in an International Service-Learning Project in Haiti. Journal of Professional Nursing, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.profnurs.2021.08.003.

Le, T. T. H., Tran, T., Trinh, T. P. T., Nguyen, C. T., Nguyen, T. P. T., Vuong, T. T., Vu, T. H., Bui, D. Q., Vuong, H. M., Hoang, P. H., Nguyen, M. H., Ho, M. T., & Vuong, Q. H. (2019). Reading habits, socioeconomic conditions, occupational aspiration and academic achievement in Vietnamese junior high school students. Sustainability (Switzerland), 11(18), 1–29. https://doi.org/10.3390/su11185113.

Li, F.-Y., Hwang, G.-J., Chen, P.-Y., & Lin, Y.-J. (2021). Effects of a concept mapping-based two-tier test strategy on students’ digital game-based learning performances and behavioral patterns. Computers & Education, 24. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104293.

Márquez-García, M. J., Kirsch, W., & Leite-Mendez, A. (2020). Learning and collaboration in pre-service teacher education: Narrative analysis in a service learning experience at Andalusian public schools. Teaching and Teacher Education, 96. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103187.

Masrur, I., Irawati, E., & Sulistyo, G. H. (2020). Integrating Writing Process with Quantum Learning Framework in English Language Teaching. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13262.

Muhammad, Sholichah, & Aziz. (2019). Pengaruh Budaya Membaca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat Tahun 2019. Anragogi, 1(2), 332–343. https://doi.org/http://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.61.

Mustami, K. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.

Mustofa, I. (2019). Praktik Service Learning Manajemen Madrasah Diniah Sebagai Laboratorium Sosial. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 14–32.

Ni’matuzahroh. (2015). Efektifitas Strategi Membaca Kolaboratif untuk Meningkatan Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal RAP, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/rapun.v6i2.6621.

Nuzulia, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Papercraft Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.564.

Pradnyawathi, N. N., Chintya, Ngr, G., & Agustika, S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementy Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660.

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283–289. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144.

Rahzianta, & Hidayat, M. L. (2016). Pembelajaran Sains Model Service Learning Sebagai Upaya Pembentukan Habits Of Mind Dan Penguasaan Keterampilan Berpikir Inventif. Unnes Sciense Education Jurnal, 5(1), 1128–1137. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9646.

Rodríguez-Izquierdo, R. M. (2021). Does service learning affect the development of intercultural sensitivity? A study comparing students’ progress in two different methodologies. International Journal of Intercultural Relations, 82. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2021.03.005.

Rojaki. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas X 3 Sma Negeri 2 Sekayu Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Guru, 2, 59–72. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/3964.

Rosciano, A. (2015). The effectiveness of mind mapping as an active learning strategy among associate degree nursing students. Teaching and Learning in Nursing, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.teln.2015.01.003.

Sabrina, A., & Laily, I. F. (2016). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Siswa Kelas I Melalui Tk Dengan Tidak Melalui Tk di Mi PGM Kota Cirebon. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 291–304. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.896.

Saito, E., Reisch, R., & Davis-Risen, S. (2021). Utilizing a faculty-led student assessment team to evaluate international interprofessional service learning opportunities. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 13(9). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cptl.2021.06.037.

Saprudin, S., Liliasari, L., Prihatmanto, A. S., & Setiawan, A. (2019). The Potential of Gamification in Developing Pre-Service Physics Teachers’ Critical and Creative Thinking Skills. Omega: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(1), 167–171. https://doi.org/10.31758/OMEGAJPHYSPHYSEDUC.V5I1.7.

Saprudin, S., Liliasari, L., Setiawan, A., & Prihatmanto, A. (2020). Optical Gamification (OG); Serial Versus Random Model to Improve Pre-Service Physics Teachers’ Concept Mastery. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(9), 39–59. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijet.v15i09.11779.

Sismulyasih, N. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching Pada Mahasiswa Pgsd Unnes. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 64–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2724.

Soegondo, S. P. S., & Arifin, L. S. (2020). Service-Learning Dalam Pendidikan Arsitektur: Momen Kritis Dalam Suatu Refleksi. ATRIUM: Jurnal Ersitektur, 6(2), 89–100. https://doi.org/https://doi.org/10.21460/atrium.v6i2.118.

Spencer, J. A. (2021). Integrating Service Learning into the RN to BSN Curriculum with the Application of QSEN Competencies. Journal of Professional Nursing, 25. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.profnurs.2021.08.007.

Suryandari, Sajidan, Rahardjo, Prasetyo, & Fatimah. (2018). Project-Based Science Learning And Pre-Service Teachers’ Science Literacy Skill And Creative Thinking. Cakrawala Pendidikan, 37(3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/17229/pdf.

Syamsudduha, S., & Tekeng, N. Y. (2017). Penerapan Service Learning Dalam Pembelajaran Matakuliah Pedagogik Pada Kurikulum Pendidikan Calon Guru. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Pendidikan, 20(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a1.

Szanto, B. (2020). Reading and Writing Comprehension in the Mother Tongue in the Romanian National Assessment – Objectives, Tests, Results. Technium Social Science Journal, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.47577/tssj.v9i1.933.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Kwangsan, 4(2), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80.

Widayanti, Sutama, & Wisudariani. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20268.

Widiarti, P. W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa Smp Se Kota Yogyakarta. Informasi, 47(1), 135. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035.

Windrawati, W., Solehun, & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda, 2(1), 10–16. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405.

Yasin, J. H. M., No, L., Gowa, K., Selatan, S., Ilmu, F., & Iain, K. (2019). Higher Order Thinking Skills Assessment Based on Environmental Problem (HOTS-AEP): Mendesain Evaluasi Pembelajaran Abad 21 Ilmi. Jurnal Biotek, 7(1), 48–57.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yunita, Y., Fitri, F., & Zulfahita, Z. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 12–17. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.231.

Yusnidar. (2014). Penerapan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Analytical Exposition Bahasa Inggris Siswa Kelas Xi Ipa-1 Man Model Banda Aceh. Getsempena English Education Journal, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46244/geej.v1i2.676.

Downloads

Published

2021-07-02

How to Cite

Halimah, A., Suharti, S., & Ardita, N. A. (2021). Implementasi Service Learning Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa SD/MI. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 195–202. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35706

Issue

Section

Articles