E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813Keywords:
LKPD berbasis daring, pecahanAbstract
Adanya COVID-19 membuat proses pembelajaran dilakukan di rumah (daring) sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Oleh sebab itu, diperlukan suatu media yang menarik yang dapat memotivasi siswa dalam belajar, salah satunya adalah LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media LKPD pelajaran matematika materi operasi pecahan berbasis daring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada responden. Instrumen yang dipakai dalam mengukur tingkat validitas media LKPD adalah rating scale berupa lembar penilaian media LKPD dari ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase guna mengetahui skor persentase validitas media LKPD dan reliabelitasnya menggunakan alpha cronbach yang setelahnya dilakukan uji coba ke siswa. Persentase validitas materi media LKPD yang diperoleh adalah 90% dengan kualifikasi sangat baik dan reliabelitasnya memperoleh 0.918 dengan kualifikasi sangat kuat. Validitas media LKPD yang diperoleh adalah 95,92 % dengan kualifikasi sangat baik dan reliabelitasnya memperoleh 0.748 dengan kualifikasi kuat. Sedangkan hasil uji coba ke siswa sebanyak 25 orang memperoleh hasil persentase 96 % dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media LKPD berbasis daring yang dikembangkan pada materi operasi pecahan dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar.
References
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32. jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat.
Awaluddin, R. F. D., & R., P. W. (2016). Pengembangan Modul Elektronik PCL Pada Standar Kompetensi Pemprogran Peralatan Sistem Pengendali Elektronik Dengan PCL Untuk SMK Raden Patah Kota Mojolerto. Jurnal Pendidikan Teknik EEektro, 5(3), 712–716. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/16080/14602.
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199. https://core.ac.uk/download/pdf/297684592.pdf.
Faiqoh, A. N., Irianto, S., & Anggoro, S. (2019). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 103–106. http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1484.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/5338/5006.
Hanifah, N. M., B., M. A. K., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi (Kotela) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(3), 134–139. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734.
Hung, M. . (2016). No TitleTeacher readiness for online learning: Scale development and teacher perceptions. Computers & Education, 94, 120–133. https://doi.org/10.1016/ j.compedu.2015.11.012.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1). https://www.jurnal.arraniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197.
Ilhami, R. S., & R, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2). https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.
Jr., L. D. L., Tiangcoa, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Mark, J. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the Covid-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.
Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and challenges for teaching successful online courses in higher education: A literature review. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29. https://doi.org/10.1177/ 0047239516661713.
Khusnul, K., Ambarita, A., & Fuad, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Berbasis Learning Cycle 5E. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pedagogi/article/viewFile/13455/pdf.
Komarudin, & Permana, prisma T. (2019). LKPD Berbasis Scientific Approach Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 79–91. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4385.
Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.
Nawir, K. A., & Pristiwaluyo, T. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Melukis Peserta Didik Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Donri Donri Kabupaten Soppeng. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 1(1). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7757.
Nusuf, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Software Ispring pada Materi Larutan Penyangga. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=47727.
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://jbasic.org/index.php/basicedu/index.
Pahlevi, A., Damayani, A. T., & Kiswoyo. (2019). Keefektifan Model NHT (Numbered Heads Together) Berbantu Media Sapuan Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(1), 9–15. /http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17278.
Permata, S. Y. (2019). Pengembangan LKPD Elektronik dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains pada Materi Gelombang Bunyi. http://repository.radenintan.ac.id/8054/1/SKRIPSI.pdf.
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Pratiwi, D. (2016). Pengembangan LKS Materi Pecahan Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V SD di Kec. Tanjung Pura. http://digilib.unimed.ac.id/19671/.
Rahayu, D., & Budiyono. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06(3), 249–259. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23506.
Rovers, S. F. E., Clarebout, G., Savelberg, H. H. C. M., & van Merriënboer, J. J. G. (2018). Improving student expectations of learning in a problem-based environment. Computers in Human Behavior, 87, 416–423. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.016.
Sari, A. P. P., & Lepiyanto, A. (2016). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis scientific approach siswa sma kelas x pada materi fungi. Bioedukasi, 7(1), 41–48. https://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/489/438.
Scherer, R., Howard, S. K., Tondeur, J., & Siddiq, F. (2021). Profiling teachers’ readiness for online teaching and learning in higher education: Who’s ready? Computers in Human Behavior, 118, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106675.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56.
Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PINUS, 4(1), 44–53. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus.
Sutrimo, K., & Saharudin. (2019). LKPD bermuatan inquiry dan budaya Jambi: Efektivitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Indonesian Mathematics Education, 2(1), 29–36. http://dx.doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3841.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pecahan Di Kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Jurnal Bina Gogik, 3(1), 35–42. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/26.
Tirka, W., & Kusumawatin, N. M. (2017). Optimalisasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1(1), 86–95. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11443.
Wibawa, I. M. C., & Arnawa, I. K. T. (2017). Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 1(2), 129–136. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11605.
Yuni, E., Ernawati, M. D. W., & Malik, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek pada Materi Termokimia di Kelas XI SMA. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(1), 6–11. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5306.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)