Belajar Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3

Authors

  • Ni Ayu Ketut Sinta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35919

Keywords:

lingkungan, media interaktif, Articulate Storyline

Abstract

Kegiatan belajar subtema 3 lingkungan dan manfaatnya dari rumah kurang efektif akibat kurangnya ketersediaan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype media, menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan games yang teruji validitasnya serta respon praktisi dan peserta didik terhadap media. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli desain, 1 praktisi, 3 peserta didik untuk respon perorangan, dan 6 peserta didik untuk respon kelompok kecil, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media.  Metode pengumpulan data menggunakan metode rating scale, kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumen, untuk mengukur validitas media ini, digunakan instrumen rating scale berskala 4 dengan analisis data menggunakan rumus validitas Aiken dan respon praktisi dan peserta didik menggunakan rumus mean. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan games dinyatakan valid dengan indeks validitas ahli materi, ahli media, ahli desain memperoleh hasil terendah 0,67 dan tertinggi 1. Hasil respon praktisi, respon perorangan dan kelompok kecil memperoleh kategori sangat baik. Jadi, media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan games pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya khususnya pada muatan IPA layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Author Biographies

Ni Ayu Ketut Sinta, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gede Astawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Made Suarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-Bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. Heliyon, 6(11), e05312. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312.

Andreani, W., & Ying, Y. (2019). “PowPow” interactive game in supporting English vocabulary learning for elementary students. Procedia Computer Science, 157, 473–478. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.005.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75.

Annisa, N., & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas Iv Sd Negeri 101776 Sampali. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 217–229. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.

Candiasa, I. M. (2011). Penguji Instrumen Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS (Undiksha P).

Courage, M. L. (2016). Interactive technologies: Tablets, smartphones, and learning. In The Curated Reference Collection in Neuroscience and Biobehavioral Psychology. Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.23561-X.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Fatmawati, F., Hidayat, M. Y., Damayanti, E., & Rasyid, M. R. (2020). Gaya Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 23. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13472.

Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE. Jurnal Transformatika, 16(1), 91. https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894.

Huang, S. Y., Kuo, Y. H., & Chen, H. C. (2020). Applying digital escape rooms infused with science teaching in elementary school: Learning performance, learning motivation, and problem-solving ability. Thinking Skills and Creativity, 37(129), 100681. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100681.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197.

Luh, N., Rasvani, A., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi MaCa ( Materi Pecahan ) Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan Matematika. 9(1), 74–81. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, June, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960.

Rafmana, H., & Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 05(1), 52–65. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/7898.

Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225.

Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Economic & Education Journal, 2, 169–182. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v2i2.892.

Ruipérez-Valiente, J. A., & Kim, Y. J. (2020). Effects of solo vs. collaborative play in a digital learning game on geometry: Results from a K12 experiment. Computers and Education, 159(September). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104008.

Salam, N., Safei, & Jamilah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf. AL-Ahya, 01(01), 219–232. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5613/.

Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas Va SDIT Mutiara Kota Pariaman. 5, 409–415. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/963.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122–130. //dx.doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudarma, I. K., & dkk. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Sukendro, S., Habibi, A., Khaeruddin, K., Indrayana, B., Syahruddin, S., Makadada, F. A., & Hakim, H. (2020). Using an extended Technology Acceptance Model to understand students’ use of e-learning during Covid-19: Indonesian sport science education context. Heliyon, 6(11), e05410. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Tuma, F., Malgor, R. D., & Nassar, A. K. (2021). Actions to enhance interactive learning in surgery. Annals of Medicine and Surgery, 64(March), 102256. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102256.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Wijayanto, R., & Santoso, R. H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal of Education, 1(1), 4. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/628.

Wiwik Saptiani, N. W., & Astawan, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbasis Lingkungan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Kompetensi IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 44. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24332.

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/12673.

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Sinta, N. A. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Belajar Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 211–219. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35919

Issue

Section

Articles