Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Berhubungan Erat terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Ni Luh Chintya Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sudarma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36046

Keywords:

pola asuh, motivasi, hasil belajar

Abstract

Kendala yang dialami orangtua dalam membimbing anak untuk belajar dapat berpengaruh terhadap rendahnya motivasi dan hasil belajar IPA siswa khususnya pada muatan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pola asuh orangtua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 143 siswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orangtua, motivasi belajar, dan hasil belajar saling mempengaruhi. Apabila dijabarkan adalah sebagai berikut; pertama terdapat hasil yang signifikan antara pola asuh dengan hasil belajar yang diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (0,908 >0,163), kedua terdapat hubungan signifikan antara motivasi dengan hasil belajar yang diperoleh nilai Fhitung> Ftabel (0,166 >0,163), ketiga terdapat hubungan signifikan antara pola asuh dan motivasi terhadap hasil belajar IPA yang diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (0,166 >0,163). Jadi, terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar secara terpisah dan simultan. Penelitian ini berdampak terhadap perbaikan berupa upaya orangtua, guru, dan masyarakat untuk menanamkan konsep diri yang positif terhadap anak melalui pola asuh yang baik untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Author Biographies

Ni Luh Chintya Sari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Komang Sudarma, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

Pedidikan Guru Sekolah Dasar

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3534.

Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Anggraini, Hartuti, P., & Sholihah, A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.10-18.

Batoebara, M. U., & Hasugian, B. S. (2021). Peran Orang Tua dalam Komunikasi Pembelajaran Daring. Warta Dharmawangsa, 15(1), 166–176. https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1058.

Budiarnawan, K. B., Antari, N. N. M., & Rati, N. W. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2224.

Desta, I. G. B. U., Putri, D. A. W. M., & Suarni, N. K. (2014). Determinasi Intensitas Pola Asuh Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas IX SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3938.

Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 53. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24578.

Fitasari, N. P. D., Suniasih, N. W., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313.

Fransisca, I., & Mintohari. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Tata Surya Kelas Vi SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(11), 1916–1927. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/24661/22575.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.

Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273.

Khodijah, N. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Kultur Islam Melayu (Studi Terhadap Pola Asuh Orang Tua, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas Remaja Pada Suku Melayu Palembang). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 21–39. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1949.

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Undiksha Press.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.

Machmud, H. (2018). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Keterampilan Sosial Anak (Penelitian Expost Facto Pada PAUD Rintisan di Kendari). Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 127–145. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.1108.

Mahmud, S. N. D., Nasri, N. M., Samsudin, M. A., & Halim, L. (2018). Science teacher education in Malaysia: challenges and way forward Siti. Asia-Pacific Science Education ORIGINAL, 4(8), 153–155. https://doi.org/10.1186/s41029-018-0026-3.

Maswin, Ilyas, M., & Nurdin. (2020). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 24–30. https://doi.org/10.30605/2615-7667.482.

Meo, L., We’u, G., & BS, Y. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.97.

Moslem, M. C., Komaro, M., & Indonesia, U. P. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21803.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8(2), 304–314. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830.

Pucangan, K. Y. J., Suarni, N. K., & Arini, N. W. (2017). Hubungan antara konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar SD kelas II. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11007.

Riski Juniarti1, N. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273.

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071.

Sabrina, R., Fauzi, & Yamin. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 108–118. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/7736/3350.

Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.

Sari, R. I. P. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), II(1), 26–32. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1237.

Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta.

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Disiplin, Motivasi, Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Tahun Akademik 2016-2017). Jurnal Mandiri, 1(2), 207–226. https://doi.org/10.33753/mandiri.v1i2.19.

Tarmidzi. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Psychological Self Concept Anak Dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1), 23. https://doi.org/10.33603/caruban.v1i1.1167.

Widiantari, N. L., & Suarjana, I. M. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar IPA siswa kelas V. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 25(2), 85–94. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i2.4196.

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Sari, N. L. C., Sudarma, I. K., & Japa, I. G. N. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Berhubungan Erat terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 442–449. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36046

Issue

Section

Articles