Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA

I Made Gede Swiyadnya, I Made Citra Wibawa, I Kade Agus Sudiandika

Abstract


Kepaduan pembelajaran pada kurikulum 2013 ternyata kurang berdampak pada muatan pelajaran IPA yang dilaksanakan di sekolah. Minimnya inovasi pembelajaran mengakibatkan siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan belum dikondisikan untuk belajar mengeksplorasi materi pelajaran yang diberikan sehingga terkesan monoton dan siswa menjadi bosan. Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi siswa dengan gambaran di atas perlu adanya inovasi penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan antusias siswa salah satunya dengan pembelajaran yang menuntut siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas model Problem Based Learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas V. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 28 siswa. Selanjutnya objek penelitian ini adalah hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan LKPD. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan hasil belajar siswa adalah metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik analisis deskripsif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah  68,21 dan meningkat pada siklus II menjadi 79,64. Daya serap siswa pada siklus I sebesar 68,21% dan meningkat pada siklus II menjadi 79,64% serta ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 82%. Jadi, model Problem Based Learning berbantuan LKPD efektif dalam meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa. Hasil penelitian ini berimplikasi pada siswa berperan aktif dalam pembelajaran karena dihadapkan pada permasalahan autentik, pembelajaran bermakna, peningkatan daya ingat, belajar mandiri, dan pembelajaran berpusat pada siswa.

Keywords


PBL; hasil belajar; IPA; LKPD

References


Amali, Khairul, Yenni Kurniawati, and Zlhiddah. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Journal of Natural Science and Integration 2(2):191–202. doi: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151.

Aqib, Zainal, and M. Chotibuddin. 2018. Teori Dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru/Kepala Dan Pengawas Sekolah/Dosen Dan Mahasiswa/Peneliti.

Bujuri, Dian Andesta. 2018. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan 9(1):37–50. doi: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Dewi, Melinda Puspita, and Firosalia Kristin. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas V Sd.” Mimbar Sekolah Dasar 4(1):67–78. doi: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.6346.

Ekawati, N. P. N., N. Dantes, and A. A. I. N. Marhaeni. 2019. “PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS 4C MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN TABANAN.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3(1):41–51. doi: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i1.2866.

Fitria, Happy, Muhammad Kristiawan, and Nur Rahmat. 2019. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas.” Abdimas Unhawas 4(1):14–25. doi: http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690.

Fuadati, Maulidiyani, and Insih Wilujeng. 2019. “Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terintegrasi Potensi Lokal Pabrik Gula Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 5(1):98–108. doi: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543.

Hasanah, Zainatul, Andi Ulfa Tenri Pada, and Safrida. 2021. “Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Pencemaran Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) 9(1):65–75. doi: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134.

Hidayah, Ratna, and Pratiwi Pujiastuti. 2016. “Pengaruh PBL Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Siswa SD.” Jurnal Prima Edukasia 4(2):186–97. doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7789.

Huda, Arindra Ikhwan Nur, and Muhammad Abduh. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1594–1601. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.629.

Lestari, Nurul Dwi. 2018. “Pembelajaran Autentik Dalam Menulis Teks Deskripsi.” Jurnal Efektor 5(2):74–85. doi: https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12079.

Meilasari, Selvi, Damris M, and Upik Yelianti. 2020. “Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains 3(2):195–207. doi: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849.

Naimah, J., D. S. Winarni, and Y. Widiyawati. 2019. “Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilanpemecahan Masalah Siswa.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) 7(2):91–100. doi: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14462.

Nelvianti, and Yanti Fitria. 2020. “Karakteristik Model Problem Based Learning Berbantuan E-Learning Portal Rumah Belajar Pada Pembelajaran IPA Tematik.” Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan 18(02):162–72. doi: https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i2.31367.

Oktaviani, Laras, and Nirmala Tari. 2018. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA PADA SISWA KELAS VI SD NO 5 JINENG DALEM.” Jurnal Ilmu Pendidikan 16(1):10–15. doi: https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718.

Pramudya, Erviyanti, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2019. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl.” Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran 3(2):320–29. doi: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391.

Prihantoro, Agung, and Fattah Hidayah. 2019. “Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 9(1):49–60. doi: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Putri, Ayu Ade Anjelina, Ign Wayan Swatra, and I. Made Tegeh. 2018. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA SISWA KELAS III SD.” 1(1):21–32. doi: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Regita C, Diah Pramesthi, Arief Rahman Hakim, and Dyah Triwahyuningtyas. 2020. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR.” Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama 4:291–303.

Rosidah, Cholifah Tur. 2018. “PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA.” Jurnal Inventa 2(1):62–71. doi: https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627.

Sari, Winda Purnama, and Destri Ratna Ma’rifah. 2020. “Pengembangan Lkpd Mobile Learning Berbasis Android Dengan Pbl Untuk Meningkatkan Critical Thinking Materi Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Biologi 11(2):49. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um052v11i2p49-58.

Setiadi, Hari. 2016. “PELAKSANAAN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 THE IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT IN THE CURRICULUM 2013 Pendahuluan Pada Tahun Pelajaran 2014 / 2015 Telah Mulai Diberlakukan Kurikulum 2013 Di Selu- Ruh Indonesia Yang Merupakan Pembaharu- an Dan Penyempurnaan Ku.” Jural Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 20(2):166–78. doi: https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.

Silitonga, Bertha Natalina. 2020. “Edagogia Jurnal Ilmu Pendidikan.” Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan 18(01):1–12. doi: https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i1.23335.

Siswanto. 2017. Penilaian Dan Pengukuran Sikap Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Klaten: Bosscript.

Sufiyanto, Moh. Imam. 2020. Pembelajaran IPA SD/MI. Bandung: Manggu.

Supiandi, Markus Iyus, and Hendrikus Julung. 2016. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA.” JPS (Jurnal Pendidikan Sains) 4(2):60–64. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183.

Suratini. 2020. “PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD PADA MATERI-MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 5(2):1–7. https://i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/1102

Syafriana, Dona. 2017. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 63 Surabaya.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1(1):30–43. doi: https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7932.

Tiarini, Ni Putu, Nyoman Dantes, and Kadek Yudiana. 2019. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA.” Jurnal Mimbar Ilmu 24(3):32–41. doi: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422.

Wahyuningtyas, Rizki, and Firosalia Kristin. 2021. “Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar.” Mimbar PGSD Undiksha 9(1):49–55. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676.

Wardani, Riska Fajar Ayu Kusuma, Moh. Rifai, and Titin Kuntum Mandalwati. 2017. “Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 7(02):104–14. doi: 10.25273/pe.v7i2.1596.

Wicaksono, Anggit Grahito, Jumanto, and Oka Irmade. 2020. “Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” PE:Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10(2):215–26. doi: 10.25273/pe.v10i2.6384.

Yunitasari, Indah, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2020. “Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3(2):524–32. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983.

Zakia, Rizki, Ibnu Khaldun, and Rini Safitri. 2018. “Pengaruh Problem Based Learning Melalui School Watching Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMP.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 6(1):46–54. doi: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10748.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111

Article Metrics

Abstract view : 968 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha  



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.