Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA

Authors

  • I Made Gede Swiyadnya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kade Agus Sudiandika SD Negeri 3 Temukus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111

Keywords:

PBL, hasil belajar, IPA, LKPD

Abstract

Kepaduan pembelajaran pada kurikulum 2013 ternyata kurang berdampak pada muatan pelajaran IPA yang dilaksanakan di sekolah. Minimnya inovasi pembelajaran mengakibatkan siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan belum dikondisikan untuk belajar mengeksplorasi materi pelajaran yang diberikan sehingga terkesan monoton dan siswa menjadi bosan. Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi siswa dengan gambaran di atas perlu adanya inovasi penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan antusias siswa salah satunya dengan pembelajaran yang menuntut siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas model Problem Based Learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas V. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 28 siswa. Selanjutnya objek penelitian ini adalah hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan LKPD. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan hasil belajar siswa adalah metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik analisis deskripsif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah  68,21 dan meningkat pada siklus II menjadi 79,64. Daya serap siswa pada siklus I sebesar 68,21% dan meningkat pada siklus II menjadi 79,64% serta ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 82%. Jadi, model Problem Based Learning berbantuan LKPD efektif dalam meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa.

Author Biographies

I Made Gede Swiyadnya, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru

I Made Citra Wibawa, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zlhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dsar dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37–50. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720.

Dewi, M. P., & Kristin, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas V Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.6346.

Ekawati, N. P. N., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis 4C Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i1.2866.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unhawas, 4(1), 14–25. http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690.

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543.

Hasanah, Z., Pada, A. U. T., & Safrida. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 65–75./ https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134.

Hidayah, R., & Pujiastuti, P. (2016). Pengaruh PBL Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 186–197. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7789.

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1594–1601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.629.

Lestari, N. D. (2018). Pembelajaran Autentik dalam Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Efektor, 5(2), 74–85. https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12079.

Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/1849.

Naimah, J., Winarni, D. S., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilanpemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 91–100. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14462.

Nelvianti, & Fitria, Y. (2020). Karakteristik Model Problem Based Learning Berbantuan E-learning Portal Rumah Belajar pada Pembelajaran IPA Tematik. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(02), 162–172. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i2.31367.

Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas VI SD No 5 Jineng Dalem. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 10–15. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar ipa pada pembelajaran tematik menggunakan pbl. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391.

Prihantoro, A., & Hidayah, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. /https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Siswa Kelas III SD. 1(1), 21–32. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Regita C, Pramesthi, D., Hakim, A. R., & Triwahyuningtyas, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama, 4, 291–303. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/511.

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa. Jurnal Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Numbered Heads Together Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440–447. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8720.

Sari, W. P., & Ma’rifah, D. R. (2020). Pengembangan Lkpd Mobile Learning Berbasis Android Dengan Pbl Untuk Meningkatkan Critical Thinking Materi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 49. /http://dx.doi.org/10.17977/um052v11i2p49-58.

Setiadi, H. (2016). pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013 the implementation of assessment in the curriculum 2013 Jural Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.

Silitonga, B. N. (2020). edagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 1–12. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i1.23335.

Siswanto. (2017). Penilaian dan Pengukuran Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik. Bosscript.

Sufiyanto, M. I. (2020). Pembelajaran IPA SD/MI. Manggu.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183.

Suratini. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan LKPD Pada Materi-Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–7. https://i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/1102.

Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 63 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7932.

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 300–309. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2879.

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26.

Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 49–55. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676.

Wardani, R. F. A. K., Rifai, M., & Mandalawati, T. K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 104. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1596.

Wicaksono, A. G., Jumanto, & Irmade, O. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PE:Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2020). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983.

Zakia, R., Khaldun, I., & Safitri, R. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Melalui School Watching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 46–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10748.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203–210. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111

Issue

Section

Articles