Validitas Video Pembelajaran Topik Jarak dan Kecepatan pada Pembelajaran Matematika SD

Authors

  • Ni Komang Sri Asih Arina Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36181

Keywords:

Video, Jarak, Kecepatan, 4D

Abstract

Penerapan pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19 yang secara tiba-tiba, menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam menentukan media pembelajaran yang sesuai untuk digunakan. Oleh karena itu, dirasa perlu untuk mengembangkan media pembelajaran yang bisa mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran pada topik jarak dan kecepatan kelas V SD yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D. Subjek pada penelitian ini adalah 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang praktisi, dan 6 orang siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media video. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan wawancara. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata validasi media video pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa pengembangan produk video pembelajaran memiliki rata-rata berada pada rentangan 4,01 < X ≤ 5,01, dengan kualifikasi “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa produk video pembelajaran topik jarak dan kecepatan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD dinyatakan valid.

Author Biographies

Ni Komang Sri Asih Arina, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Desak Putu Parmiti, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Ana, R. F. R. (2018). Penggunaan Model Four D dalam Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran pada Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung. Jurnal Pedagogy, 5(2). https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/14.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033.

Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41–46. http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012.

Ashari, J., Asfar, A. H., Kurnia, A., FA, A. N., Fatmawati, F., & Nurwahyuni, N. (2020). Sinergitas Media Gurecceng Melalui Model Pembelajaran Controlling (Contextual Problem Solving) Terhadap Kemampuan Berpikir Realistik Siswa. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 170–174. http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/download/2348/2060.

Atmoko, S. W., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2017). Pengembangan Media Utama (Ular Tangga Matematika) dalam Pemecahan Masalah MatematikaMateri Luas Keliling Bangun Datar Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 119–128. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1476.

Aziz, L. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SDN 24 Cakranegara. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 96–103. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1689.

Bekagema, M. D., Mahadewi, L. P. P., & Tastra, I. D. K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Budaya Masyarakat Hindu Bali Kelas IV SDN 3 Banjar Tegal. Jurnal Edutech Undiksha, 4(3). http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v4i3.8561.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.

Chauhan, S. (2017). A meta-analysis of the impact of technology on learning effectiveness of elementary students. Computers & Education, 105, 14–30. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.11.005.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Hariati, P. N. S., Lily, R., & Islamiani, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 6(1), 18 – 22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657.

Hidayah, I., & Sugiarto. (2015). Model of Independent Working Group of Teacher and Its Effectiveness towards the Elementary School Teacher’s Ability in Conducting Mathematics Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 214, 43–50. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.591.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SD Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 6(1), 45–50. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/7401.

Hong, J.-C., Lee, Y.-F., & Ye, J.-H. (2021). Procrastination predicts online self-regulated learning and online learning ineffectiveness during the coronavirus lockdown. Personality and Individual Differences, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38.

Ilhami, R. S., & R, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2). https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., Widyanti, E., & Setyaningtyas. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 63–73. /https://doi.org/10.20961/jpd.v7i1.29002.

Jr., L. D. L., Tiangcoa, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Mark, J. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the Covid-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131./https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.396.

Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/MI. Journal of Elementary Education, 3(5). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5888.

Masrifatun, M. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Nilai dan Kesetraan Pecahan Mata Uang Melalui Media Video Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 118–124. /https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45814.

Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/UM031V3I22017P158.

Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, June, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Oktafia, I. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3). https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932.

Perdana, S. A., & Slameto. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret, 4(2), 73–78. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/diksar/article/view/9300.

Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 79–90. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/137.

Rachmawati, I., Supriyono, S., & Pangestika, R. R. (2021). Pengembangan Media Buletin Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.32-44.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7, 297–302. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768.

Scherer, R., Howard, S. K., Tondeur, J., & Siddiq, F. (2021). Profiling teachers’ readiness for online teaching and learning in higher education: Who’s ready? Computers in Human Behavior, 118, 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106675.

Suryansyah, T., & Suwarjo. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209–221. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393.

Tegeh, I. M., S., A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Pengembangan 4D pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2). /http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Tuma, F. (2021). The use of educational technology for interactive teaching in lectures. Annals of Medicine and Surgery 62, 231–235. /https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.01.051.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.

Widodo, S., & Kartikasari. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving (CPS). Prisma, 6(1), 57–65. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28.

Downloads

Published

2021-07-02

How to Cite

Arina, N. K. S. A., & Parmiti, D. P. (2021). Validitas Video Pembelajaran Topik Jarak dan Kecepatan pada Pembelajaran Matematika SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 229–237. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36181

Issue

Section

Articles