Pendidikan Muatan Lokal Sebagai Penanaman Karakter Cinta Tanah Air
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36414Keywords:
karakter, cinta tanah air, muatan lokalAbstract
Karakter cinta tanah air merupakan salah satu nilai dalam pendidikan karakter. Karakter cinta tanah air merupakan cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menunjukkan penghargaan terhadap tanah air. Untuk menanamkan karakter ini salah satunya dapat melalui mata pelajaran muatan lokal seni budaya Banjar. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peran dan dampak penanaman karakter cinta tanah air melalui mata pelajaran muatan lokal di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yakni jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul dilakukan proses pengkondingan data dan dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian yang diperoleh yakni; Peran penanaman karakter cinta tanah melalui mata pelajaran muatan lokal seni budaya Banjar yakni dengan keteladanan makna seni budaya Banjar, pembelajaran, pemberdayaan dan pembudayaan, penguatan, dan penilaian. Dampak penanaman karakter cinta tanah air melalui mata pelajaran muatan lokal seni budaya Banjar adalah bertambah sikap dan perilaku melestarikan budaya Indonesia khususnya seni budaya Banjar. Nilai-nilai tersebut mengacu pada indikator karakter cinta tanah air pada siswa sekolah dasar. Dapat disimpulkan secara garis besar dampaknya siswa bertambah semangat untuk mempelajari seni budaya, tumbuh perasaan senang, peduli, dan bangga terhadap seni budaya Banjar.
References
Ainurrosidah, L., Ulfatin, N. & Wiyono, B. B. (2018). Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Sekolah Berbasis Pesantren Melalui Implementasi Kurikulum Terpadu. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 160–170. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p160.
Amaliah, D. (2016). Pengembangan Muatan Lokal Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Masyarakat Eekonomi Asean (MEA). Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 23. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/53522012/Prosiding_4_Pendidikan-with-cover-page-v2.pdf?.
Arif, M. (2018). Revitalisasi Pendidikan Cinta Tanah Air di Pondok Pesantren Darul Ihsan Meganti Gresik. Jurnal Iqra: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 277–296. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.369.
Arifin, M. Z., Ulfa, S. & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan kurikulum muatan lokal karawitan sebagai upaya mengkonstruksi pengetahuan dan pelestarian budaya jawa di jenjang sma. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 2–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3707.
Basri, B. & Dwiningrum, N. R. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 139–160. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273.
Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M. & Tiruye, H. (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100171. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171.
Danti, N. R., Benty, D. D. N. & Nurabadi, A. (2019). Sistem Pengasuhan Dalam Kurikulum Khusus Sebagai Pembentukan Karakter Di Sma Berbasis Ketarunaan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 232–237. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p232.
Faisal, E. El & Sulkipani, S. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 113–126. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12721.
Fauzi, H. A., Komalasari, K. & Malik, Y. (2017). Utilization of Audio-Visual Media to Improve Student Learning Result in IPS Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 88–103. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8666.
H, A. W. (2017). Penerapan Media Video Jejak Petualang Trans 7 Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 3 Lembang. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(1), 88–99. https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i1.2086.
Khoirina, I., Suyitno, S. & Winarni, R. (2017). Character Educational Value of Kalamata Novel By Ni Made Purnama Sari and Its Relevance for Teaching Literature in High School. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 11(2), 123. https://doi.org/10.24036/ld.v11i2.7944.
Mahfudlo, M., Sulton, S. & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Seni Ukir Jepara Sebagai Upaya Kelestarian. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 238–244. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p238.
Mahilda, D. K. & Wihaskoro, A. M. (2018). Multimedia Interaktif Bermuatan Keanekaragaman Budaya Indonesia pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Elementary School, 5(1), 130–138. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v5i1.606.
Marwa, A. & Kamalia, N. (2019). Representasi Pendidikan Karakter Di Film Dua Garis Biru Berdasarkan Perspektif Thomas Lickona. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 32–41.
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565.
Muktadir, A. (2018). Model Bahan Ajar Mulok Berbasis Cerita Rakyat untuk Pendidikan Karakter Di SD. Litera, 17(1), 135–142. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19128.
Nafisah, D. (2016a). Peran pendidikan muatan lokal terhadap pembangunan karakter bangsa. CITIZENSHIP: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, Vol. 4(No. 2), 451–468. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1078.
Nafisah, D. (2016b). Peran Pendidikan Muatan Lokal Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 451. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1078.
Puspitasari, F. B. & Herdiati2, D. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Lagu Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Musik, 1(2), 138–151. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pm/article/view/16181.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/download/27830/15867.
Segoro, B., Sapto, A. & Yuniastuti, Y. (2019). Buku Ajar Tematik Berbasis Muatan Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11827.
Sulfahri. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Mengapresiasi Karya Seni Rupa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Appreciation Card Pada Mahasiswa Semester VIA, Mata Kuliah Pendidikan Keterampilan Seni Rupa Program PGSD di Stkip Taman Siswa Bima Tahun 2017. Jurnal Pendidikan IPS, 8(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpi.v8i1.112.
Sundari, R., Karyono, T. & Soeteja, Z. S. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Bermuatan Lokal Bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal PGSD, 11(2), 100–105. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3334.
Syaifuddin, M. A. & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kurikulum Muatan Lokal di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(November), 267–285. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.358.
Torimtubun, H., Arifin, S. & Yarnest. (2020). Analysis of the Influence of Character, Compensation and Teaching Experience on Teacher Professionalism in the Kepulauan Tanimbar Regency of Indonesia. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 06(08), 74–81. https://doi.org/10.31695/ijasre.2020.33863.
Utomo, C. B. & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27332.
Wicaksono, M. A., Suhkabuden & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran yang Berupa Suplement pada Muatan Lokal Khas Ngawi. Journal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3716.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)