Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster

Authors

  • I Wayan Putra Priyandana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36520

Keywords:

Hasil belajar, mind mapping, IPA

Abstract

Masih banyak anak yang memiliki kemampuan IPA yang rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi Edraw Mindmaster. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur 4D. subjek uji coba produk berjumlah 6 orang para ahli. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang dilakukan oleh ahli materi pelajaran mendapatkan nilai 3,75 (sangat baik), hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 3,41 (sangat baik), dan hasil penilaian dari ahli praktisi mendapatkan nilai 3,76 (sangat baik). Jadi mind mapping memiliki kategori sangat baik sehingga layak diterapkan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan mind mapping dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.

References

Abrams, Z. I., & Byrd, D. R. (2016). The effects of pre-task planning on L2 writing: Mind-mapping and chronological sequencing in a 1st-year German class. System, 63. https://doi.org/10.1016/j.system.2016.08.011.

Afifah, N. (2019). Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol Videoscribe. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2). https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.512.

Agustiani, N. putu I., & Pramita. (2014). Pengaruh Model Experiential Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA kelas V Kecamatan Sukasada. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2609.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.

Astuti, N. P. A. W., Ardana, I. K., & Suardika, I. W. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Gugus III Mengwi. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1231.

Buran, A., & Filyukov, A. (2015). Mind Mapping Technique in Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 206. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.010.

Bystrova, T., & Larionova, V. (2015). Use of Virtual Mind Mapping to Effectively Organise the Project Activities of Students at the University. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 214. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.724.

Chaeruman. (2015). Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dames, I., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Penerapan Model Examples Non-Examples Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 1 Siswa Kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.59.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Fauzi, H. A., Komalasari, K., & Malik, Y. (2017). Utilization of Audio-Visual Media to Improve Student Learning Result in IPS Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 88–103. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8666.

Fu, Q.-K., Lin, C.-J., Hwang, G.-J., & Zhang, L. (2019). Impacts of a mind mapping-based contextual gaming approach on EFL students’ writing performance, learning perceptions and generative uses in an English course. Computers & Education, 137. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.005.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project-based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767.

Harto, K. (2018). Tantangan Dosen PTKI Di Era Industri 4.0. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159.

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.

Khamparia, A., & Pandey, B. (2017). Impact of interactive multimedia in E-learning technologies: Role of multimedia in E-learning. Enhancing Academic Research With Knowledge Management Principles, (April), 199–227. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2489-2.ch007.

Khan, F. M. A., & Masood, M. (2015). The Effectiveness of an Interactive Multimedia Courseware with Cooperative Mastery Approach in Enhancing Higher Order Thinking Skills in Learning Cellular Respiration. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 977–984. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.567.

Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857.

Kiong, T. T., Yunos, J. M., Mohammad, B., Othman, W., Heong, Y. M., & Mohamad, M. M. (2012). The Development and Implementation of Buzan Mind Mapping Module. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.464.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermaan, 1(1). https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18.

Liu, Y., Tong, Y., & Yang, Y. (2018). The Application of Mind Mapping into College Computer Programming Teaching. Procedia Computer Science, 129. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.03.047.

López-Bernabé, E., Foudi, S., & Galarraga, I. (2020). Mind the map? Mapping the academic, citizen and professional stakeholder views on buildings and heating behaviour in Spain. Energy Research & Social Science, 69. https://doi.org/10.1016/j.erss.2020.101587.

Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532.

Mardiah, M., Hendra, H., & Hastina, N. (2019). Aplikasi Edraw Mind Map Bagi Guru Sd Negeri 050702 Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v2i2.71-77.

Merchie, E., & Keer, H. Van. (2016). Mind mapping as a meta-learning strategy: Stimulating pre-adolescents’ text-learning strategies and performance? Contemporary Educational Psychology, 46. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2016.05.005.

Paramita, Tastra, & Wibawa. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Pupuan. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6950.

Pascual, M., Miñana, E. P., & Giacomello, E. (2016). Integrating knowledge on biodiversity and ecosystem services: Mind-mapping and Bayesian Network modelling. Ecosystem Services, 17. https://doi.org/10.1016/j.ecoser.2015.12.004.

Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The effect of mind mapping on young children’s critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743.

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–68. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.

Putri, Suwatra, & Tegeh. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Qondias, Anu, & Niftalia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176--182. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590.

Resmawan, I. K., Pudjawan, K., & Suarjana, I. M. (2017). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 5(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773.

Ridwan, I., Widiasturi, A., & Yulianeta, Y. (2016). Pandangan Pramoedya Terhadap Resistansi Perempuan dalam Novel Era Revolusi dan Reformasi. Adabiyyat : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 15(1). https://doi.org/10.14421/ajbs.2016.15104.

Rosciano, A. (2015). The effectiveness of mind mapping as an active learning strategy among associate degree nursing students. Teaching and Learning in Nursing, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.teln.2015.01.003.

Sari, P. E., Koto, I., & Sakti, I. (2019). Hubungan Kecerdasan Intelektual Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1). https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.49-56.

Sartono, N., Komala, R., & Dumayanti, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terintegrasi Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Filum Arthropoda. BIOSFER : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1). https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.4.

Shaik Alavudeen, S., Easwaran, V., Iqbal Mir, J., Shahrani, S. M., Ali Aseeri, A., Abdullah Khan, N., … Abdullah Asiri, A. (2021). The influence of COVID-19 related psychological and demographic variables on the effectiveness of e-learning among health care students in the southern region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009.

Siswanto, B. T. (2012). Model Penyelenggaraan Work-Based Learning Pada Pendidikan Vokasi Diploma III Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1013.

Sujana, D. M. A., Dharsana, I. K., & Jayanta, I. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19462.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.

Sunarman, I. P. A., Suniasih, N. W., & Putra, M. (2015). Model Pembelajaran Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus 2 Luwus Mekarsari. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4841.

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 334–346. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.

Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Trianawati. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2018/2019. International Journal of Elementary Education, 4. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337.

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.

Widiari, M., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3548.

Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2). https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250.

Willya, Poluakan, Dikayuana, Wibowo, & Raharjo. (2019). Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2). https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241.

Wu, T.-T., & Chen, A.-C. (2018). Combining e-books with mind mapping in a reciprocal teaching strategy for a classical Chinese course. Computers & Education, 116. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.08.012.

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459.

Yanti, K. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperarif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7445.

Zahro, Degeng, & Mudiono, A. (2018a). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2). https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021.

Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018b). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021.

Zulfana, F., Purwadi, & Mudzanatun. (2020). Pengaruh Model Nht Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd N 02 Ujung Pandan Jepara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.474.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Priyandana, I. W. P., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 287–294. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36520

Issue

Section

Articles