Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar

Authors

  • Trisna Sari Asih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665

Keywords:

Video Pembelajaran, Matematika, Powtoon

Abstract

Permasalahan yang ditemukan setelah melakukan observasi di sekolah sasaran, antara lain rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran Matematika, motivasi belajar Matematika siswa menurun, siswa menganggap Matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan, serta terbatasnya media pembelajaran daring, khususnya untuk pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran dengan berbantuan aplikasi Powtoon pada pembelajaran Matematika, khususunya materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE sebagai pedoman. Subjek dalam penelitian ini adalah video pembelajaran berbantuan aplikasi Powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV sekolah dasar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner semi tertutup dalam bentuk skala likert, dengan rentang skala 5. Teknik analisis data digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas ahli media diperoleh persentase sebesar 97,7%. ahli materi diperoleh persentase validitas sebesar 93,3%, dan uji validitas respon guru diperoleh persentase sebesar 96,6%. Dari hasil analisis uji validitas tersebut, dapat dikualifikasikan dalam kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbantuan aplikasi Powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan dinyatakan telah layak dan valid untuk menunjang proses belajar mengajar.

Author Biographies

Trisna Sari Asih, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Putu Rahayu Ujianti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education, October, 131–146. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/7659.

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Andrianti, Y., Susanti, L. R. R., & Hudaidah. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra, 5(9), 58–68. https://doi.org/10.36706/jc.v5i1.4802.

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50. https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033.

Anwar, Z., Kahar, M. S., Rawi, R. D. P., Nurjannah, N., Suaib, H., & Rosalina, F. (2020). Development of Interactive Video Based Powerpoint Media In Mathematics Learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 167. https://doi.org/10.26858/est.v6i2.13179.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Astawa, I. N. T. (2017). Memahami Peran Masyarakat dan Pemerintah dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 197. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.200.

Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika dengan bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 85–96. http://dx.doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.15482.

Erwin, V. A., & Yarmis. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 901–908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.183.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514.

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran Matematika di Masa Pandemic Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Math Educator Nusantara, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813.

Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10061.

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Istikomah, E., & Wahyuni, A. (2018). Student’s Mathematics Anxiety on The Use of Technology in Mathematics Learning. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(2), 69. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i2.6364.

Julianingsih, D., & Krisnawati, E. (2020). Efektivitas Video Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Trigonometri. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 129. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.975.

Kafah, A. N. K., Nulhakim, L., & Pamungkas, A. S. (2020). Development of Video Learning Media Based on Powtoon Application on the Concept of the Properties of Light for Elementary School Students. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 34–40. https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.6825.

Karlina, N., & Setiyadi, R. (2019). The Use of Audio-Visual Learning Media in Improving Student Concentration in Energy Materials. PRIMARYEDU: Journal of Elementary Education, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.22460/pej.v3i1.1229.

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM, 7(1), 91–96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Melva, Z., & Sherlyane, H. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80.

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029.

Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40.

Megawanti, P. (2015). Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Formatif, 2(3), 227–234. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.105.

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, June, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198.

Mustamid, & Raharjo, H. (2015). Pengaruh Efektifitas Multimedia Pembelajaraan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Invers. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.21.

Nugrawati, U., Nuryakin, & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs dengan Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Indomath: Indonesia MathematicsEducation, 2(1), 97–104. http://dx.doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2543.

Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2019). Elementary School Teacher’s Obstacles in the Implementation of Problem-Based Learning Model in Mathematics Learning. Journal on Mathematics Education, 10(2), 229–238. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5386.229-238.

Nurzazili, Irma, A., & Rahmi, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 172–179. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.43.

Nuswantoro, D., & Wicaksono, V. D. (2019). Pengembangan Media Video Animasi Powtoon “Hakan” pada Mata Pelajaran PPKn Materi Hak dan Kewajiban Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. JPGSD, 7(4), 3161–3170. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/28270.

Oyedotun, T. D. (2020). Sudden change of pedagogy in education driven by COVID-19: Perspectives and evaluation from a developing country. Research in Globalization, 2(June), 100029. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100029.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(4), 4–9. https://doi.org/10.7759/cureus.7541.

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Penalaran Matematis di Era Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 993–1004. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3133.

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.184.

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA.

U.S, S. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92.

Umam, K., & Yudi. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1.2016pp84-92.

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259.

Wulandari, S., & Rahma, I. F. (2021). Efektivitas Media Video KineMaster terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Secara Daring Sri Wulandari. 7(1), 33–45. .

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.

Downloads

Published

2021-10-04

How to Cite

Asih, T. S., & Ujianti, P. R. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375–384. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665

Issue

Section

Articles