PENGARUH PEMBELAJARAN TALKING STICK DISERTAI REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DI GUGUS VI KECAMATAN ABIANSEMAL BADUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Luh Putu Ary Santini .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran Talking Stick disertai Reinforcement dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Semester 2 SD Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD No. 2 Mambal dan semua siswa kelas V SD No.4 Mambal Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data hasil pembelajaran Talking Stick disertai Reinforcement Bahasa Indonesia dikumpulkan dengan cara observasi berupa rubrik penilaian. Data dianalisis dengan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran Talking Stick disertai Reinforcement dengan siswa yang mengikuti teknik pembelajaran konvensional (thitung = 2,171> ttabel = 2,000). Rata-rata nilai hasil pembelajaran Talking Stick disertai Reinforcement bahasa Indonesia kelas V, yang menyebutkan hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran Talking Stick disertai Reinforcement lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (78,7 > 69,8). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick disertai Reinforcement berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD No. 2 Mambal , Abiansemal Badung.
Kata Kunci : Pembelajaran Talking Stick disertai Reinforcement dan Hasil Belajar.

This study aims to determine significant differences between the outcomes of learning Indonesian students who take the Talking Stick with reinforcement learning with students who take conventional learning in class V Cluster VI Semester 2 SD Abiansemal Academic Year 2013/2014. This study was a quasi-experimental study (quasi experiment) with the design of the study is a non-equivalent control group design. The population in this study were all students of class V SD No.. 2 Mambal and all the fifth grade students of elementary Mambal 4 Academic Year 2013/2014. Samples were taken with a random sampling technique. Data results Reinforcement learning with Talking Stick Indonesian collected by observation in the form of an assessment rubric. Data were analyzed with t.Hasil test showed that there were significant differences in learning outcomes between students who take the Talking Stick with reinforcement learning with students who take conventional learning techniques (of t = 2.171> t table = 2.000). The average value of the results of reinforcement learning with Talking Stick Indonesian class V, who called the results show that the model of reinforcement learning with Talking Stick higher than students who take conventional learning (78.7> 69.8). It can be concluded that the model of reinforcement learning with Talking Stick positive and significant effect on learning outcomes of students of class V SD No.. 2 Mambal, Abiansemal Badung.
keyword : Talking Stick with Reinforcement Learning and Learning Outcomes.

Published

2014-08-04

How to Cite

., N. L. P. A. S., ., D. M. R. K., & ., D. N. W. S. M. (2014). PENGARUH PEMBELAJARAN TALKING STICK DISERTAI REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DI GUGUS VI KECAMATAN ABIANSEMAL BADUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3702

Issue

Section

Articles