Minat Baca dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia

Authors

  • Ni Made Sintya Aryandani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37086

Keywords:

Minat, Orang tua, Keteampilan Membaca

Abstract

Keterampilan membaca bahasa Indonesia siswa mulai menurun di masa pandemi COVID-19. Hal tersebut dipengaruhi oleh randahnya minat baca, serta kurangnya perhatian orang tua di masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan minat baca dan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 terhadap keterampilan membaca bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 49 orang siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode tes dan metode kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis maka terdapat hubungan yang signifikan minat baca dan keterampilan membaca bahasa Indonesia dengan rx1y = 0,706 dengan koefisien determinasi sebesar 49,8% sehingga terdapat hubungan yang signifikan peran orang tua di masa pandemi COVID-19. Keterampilan membaca bahasa Indonesia dengan rx2y = 0,805 dengan koefisien determinasi sebesar 64,7%, secara simultan, terdapat hubungan yang signifikansi minat baca dan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 terhadap keterampilan membaca Bahasa Indonesia dengan rx1x2y = 0,805 dengan koefisien determinasi sebesar 65,9%. Jadi ditemukan terdapat hubungan yang signifikan minat baca dan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 terhadap keterampilan membaca Bahasa Indonesia. Implikasi penelitian ini yaitu peranan orang tua sangat penting untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.578.

Agathi Dian, I. A. A., Kristiantari, R. M. G., & Ganing, N. (2015). Guru Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia ( Keterampilan Membaca ) Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV SD Desa Peguyangan. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5172.

Antara, & Aditya, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263.

Asna, & Mimi. (2016). Peningkatan Hasil dan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Word Square di SD Negeri 27 Batang Anai. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 74 – 78. https://doi.org/10.29210/166%y.

Astuti, & Istiarini. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Baber, H. (2021). Modelling the acceptance of e-learning during the pandemic of COVID-19-A study of South Korea. The International Journal of Management Education, 19(2). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 78–84. /http://dx.doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.

Christianti, M. (2013). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042.

Creed, P. A., Conlon, E. G., & Zimmer-Gembeck, M. J. (2012). Career barriers and reading ability as correlates of career aspirations and expectations of parents and their children. Journal of Vocational Behavior, 70(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jvb.2006.11.001.

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.

Dewi. (2020a). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Dewi, W. A. F. (2020b). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Durnali, M. (2020). The effect of self-directed learning on the relationship between self-leadership and online learning among university students in Turkey. Tuning Journal for Higher Education, 8(1), 129–165. http://dx.doi.org/10.18543/tjhe-8(1)-2020pp129-165 Received.

Fitri, J. (2019). Minat Baca Dan Kebiasaan Mencontek Dalam Hasil Belajar Memahami Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP N 1 Pariaman. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 31–38. http://dx.doi.org/10.26740/jpi.v5n1.p31-38.

Fitriyani, & Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Garad, A., Al-Ansi, A. M., & Qamari, I. N. (2021). The Role Of E-Learning Infrastructure And Cognitive Competence In Distance Learning Effectiveness During The Covid-19 Pandemic. Cakrawala Pendidikan, 40(1). https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33474.

Halawa, N., Ramadhan, S., & Gani, E. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 3(1), 27. https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786.

Halimah. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Peradaban Islam, 1(1), 171–191.

Handayani, Hadi, Isbaniah, Burhan, & Agustin. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2). https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101.

Heldisari. (2020a). Efektivitas Metode Eurhythmic Dalcroze Terhadap Kemampuan Membaca Ritmis Notasi Musik. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 4(3). http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28223.

Heldisari, H. (2020b). Efektivitas Metode Eurhythmic Dalcroze Terhadap Kemampuan Membaca Ritmis Notasi Musik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3). http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28223.

Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845.

Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Lestari, W., & Zulmiyetri, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103014.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640.

Maryani, N., Ichsan, M., & Khairunnisa. (2017). Signifikansi Metode Guide Reading Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Teori Membaca Nyaring Guide Reading Method On Students ’ Learning Motivation In Reading Loudly Lesson. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 126–139. http://dx.doi.org/10.30997/dt.v4i2.924.

Maufur, S., & Puadah, A. (2015). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sd Negeri Cimohong 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Breb. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.178.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443.

Mehrsafar, A. H., Moghadam Zadeh, A., Jaenes Sánchez, J. C., & Gazerani, P. (2021). Competitive anxiety or Coronavirus anxiety? The psychophysiological responses of professional football players after returning to competition during the COVID-19 pandemic. Psychoneuroendocrinology, 129(January), 105269. https://doi.org/10.1016/j.psyneuen.2021.105269.

Mirzon Daheri, Juliana, Deriwanto, A. D. A. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.746.

Muhammad, Sholichah, & Aziz. (2019). Pengaruh Budaya Membaca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat Tahun 2019. Anragogi, 1(2), 332–343. http://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.61.

Nafisah, A. (2016). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 2(2). https://doi.org/10.21043/libraria.v2i2.1248.

Ni, S., Lu, S., Lu, K., & Tan, H. (2021). The effects of parental involvement in parent–child reading for migrant and urban families: A comparative mixed-methods study. Children and Youth Services Review, 123. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.105941.

Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3), 261–270. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.

Pranata, I. W. (2014). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus V Tampaksiring. Mimbar Ilmu Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3135.

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1). http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405.

Rosalina, A., Widyasari, Y., Ismi, M., & Hapsari. (2010). Peranan Orangtua Dalam Dongeng Sebelum Tidur Untuk Optimalisasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini. PSYCHO IDEA, 8(2). https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i2.236.

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804.

Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555.

Saputro, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhdap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 37–43. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/1238.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.g14714.

Shaik Alavudeen, S., Easwaran, V., Iqbal Mir, J., Shahrani, S. M., Ali Aseeri, A., Abdullah Khan, N., … Abdullah Asiri, A. (2021). The influence of COVID-19 related psychological and demographic variables on the effectiveness of e-learning among health care students in the southern region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009.

Soekirno. (2011). Memberdayakan Perpustakaan Dan Budaya Baca Indonesia. Baca : Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 21(3). https://doi.org/10.14203/j.baca.v21i3-4.280.

Suastariyani, N. K. N., & Tirtayani, L. A. (2020). Survei Persepsi Orang Tua Mengenai Program Paud Inklusi Di Kota Denpasar Tahun 2020. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25156.

Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 6(1). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/8121.

Wang, L., & Liu, D. (2021). Unpacking the relations between home literacy environment and word reading in Chinese children: The influence of parental responsive behaviors and parents’ difficulties with literacy activities. Early Childhood Research Quarterly, 56(3). https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.04.002.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Kwangsan, 4(2), 67–80. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80.

Warsihna, Jaka. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kwangsan, 4(2), 67 – 80. https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80.

Widodo, A., Indraswasti, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. N. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum, 10(1). https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5968.

Widyastuti, Kurniawan, S. B., & Rintayati, P. (2021). Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(449). https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/48781.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Zhao, Y., & Wu, X. (2021). Impact of visual processing skills on reading ability in Chinese deaf children. Research in Developmental Disabilities, 113. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2021.103953.

Downloads

Published

2021-10-04

How to Cite

Aryandani, N. M. S., Mahadewi, L. P. P., & Wibawa, I. M. C. (2021). Minat Baca dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 459–467. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37086

Issue

Section

Articles