PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DALAM MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN MARGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • I Made Giantara .
  • Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam Matematika siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Marga Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Disain penelitian ini menggunakan “ Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Marga. Sampel dalam penelitian ini adalah SD Negeri 2 Peken dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 1 Peken dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang hasil belajar matematika dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian normalitas dan homogenitas terhadap data yang didapat dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t dan menunjukkan thitung = 3,072 dan ttabel =2,000 dengan db = 59 (n1 + n2 – 2 = 30+31-2=59) dan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, thit > ttabel (3,072 >2,000), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran secara konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Marga.
Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar matematika

The aim of this research is to know significant differences between instaling cooverativea learning model type STAD with conventional learning in improving the result of addition and substraction fraction in Math from the student of the elementary school no 5 grade 5 in Margaa regency. The type of this reserach is apparent experiment the design of this research is using “nonequivalent control group design”. The population of this research is the student of the elementary schoola grade 5 No. 5 in Marga regency. Athe example of this reseacrh is the elementary school no. 2 in Peken villaage with 30 total student as a control group. Data about the result of Math learning collected by double choises objective test than continue to be analised by using T-test. Based on the result of the normality test and homogeneity test from the collected data of tahe experiment group and control group distribute normally and homogeneus.a next step to the hypothesis test with T-test and showing tcount = 3.072 and t tabel = 2.000 with db = 59 (ni + n2-2 = 30 + 31 – 2 = 59) and significant extent is 5%. Based on test acriteria, t hit t tabel (3.072 > 2.000), so the accepted and Ho rejected. It means there are significant difference for the final resitl of the Math learning between student who learn with cooperative learning model type “Student teams Achievement Division(STAD) has an effect with student who learn with conventional learning. So the conduction is the cooverative learning model type “Student teams Achievement Divisions (STAD) as an effect to the result of the Math learning for the student of the Elementary school no 5 grade 5 Marga regecny.
keyword : Cooperative learning type STAD, Math learning result

Published

2014-08-04

How to Cite

., I. M. G., ., D. I. B. S. M. M., & ., D. I. G. A. O. N. M. (2014). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DALAM MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN MARGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3743

Issue

Section

Articles