PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

I Ketut Trimawan ., Drs. Ignatius I Wayan Suwatra,M.Pd ., I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan implementasi model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran IPA siswa Kelas V SD Negeri 1 Cempaga, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri 1 Cempaga Tahun Pelajaran 2013/2014, sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar IPS siswa. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 1 Cempaga, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Pada siklus I presentase hasil belajar siswa adalah 66,67% berada pada katagori baik. Namun presentase siklus I ternyata kurang dari kriteria keberhasilan penelitian yaitu 85%, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Ternyata terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II menjadi 86,67% berada pada katagori sangat baik. Jadi, simpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Cempaga, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : quanrum teaching, pembelajaran IPA, hasil belajar

This present study aimed to improve the student learning outcomes after the implementation of quantum teaching in teaching science in five grade of SD N 1 Cempaga in Cluster I Banjar, Buleleng district the academic year 2013/2014. This study is a classroom action research was conducted in two cycles. The subjects were students of five grade of SD N 1 Cempaga in the academic Year 2013/2014, there are 30 students. The data collection in this study was conducted using of tests. Test used to collect Data were analyzed using descriptive-quantitative analysis method.The results showed that, The implementation of quantum teaching learning can improve student learning outcomes in science teaching Five Grade SD Negeri 1 Cempaga Buleleng in the academic Year 2013/2014. Presentase student learning outcomes an increase in cycle I to 66.67% in the category of well, but the result less than 85%, so continue to cycle II. That was an improvement in cycle II to 86.67% at the very good category. The conclusion of this study there is an improvement student learning outcomes in learning science with the implementation of quantum teaching learning to student five grade of SD N 1 Cempaga in Cluster I Banjar, Buleleng district the academic year 2013/2014
keyword : quantum teaching learning, learning science, learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.