Video Pembelajaran Kontekstual pada Topik Daur Hidup Hewan dan Upaya Pelestariannya untuk Kelas IV SD

Authors

  • Ketut Dwi Ulan Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Alexander Hamonangan Simamora Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37724

Keywords:

video, kontekstual, daur hidup hewan

Abstract

Pembelajaran selama kegiatan belajar dari rumah lebih berfokus pada pemberian tugas. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media video pembelajaran kontekstual pada topik daur hidup hewan dan upaya pelestariannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur model ADDIE. Subjek uji coba penelitian yaitu 2 orang ahli isi pelajaran, 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang ahli desain pembelajaran, 2 orang praktisi, 6 orang siswa untuk uji coba perorangan, dan 12 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah ratting scale. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data hasil validitas dihitung menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-ata skor validitas media. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, rata-rata skor validitas video pembelajaran kontekstual dari segi ahli isi sebesar 3,8 (sangat baik), dari segi ahli media sebesar 3,83 (sangat baik), dari segi desain sebesar 3,67 (sangat baik), dari segi praktisi sebesar 3,94 (sangat baik), skor yang diperoleh dari uji coba perorangan sebesar 3,95 (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 3,81 (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis tersebut, video pembelajaran kontekstual pada topik daur hidup hewan dan upaya pelestariannya dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Ketut Dwi Ulan Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dsar

I Gede Astawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Alexander Hamonangan Simamora, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesia, Education and Relation to The Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752.

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Developmen. Pearson Education.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37–47. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Arif, M. F., Praherdhino, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329–335. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/10155.

Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Baber, H. (2021). Modelling the Acceptance of e-learning during the pandemic of COVID-19-A Study of Sounth Korea. The International Journal of Management Education, 19(2). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503.

Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring Ditengah Pandemi Covid-19. 5(2), 79–88. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1377.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112.

Batubara, B. M. (2021). The Problems of the World of Education in the Middle of the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 450–457. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1626.

Bigelow, F. J., Clark, G. M., Lum, J. A. G., & Enticott, P. G. (2021). The Mediating Effect of Language on the Development of Cognitive and Affective Theory of Mind. Journal of Experimental Child Psychology, 209, 105158. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105158.

Budiono. (2018). Use of Learning CD Media to Improve Student Motivation and Mathematics Learning Outcomes. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2), 101–110. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i2.2459.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon. Jurnal Al Ibtida, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 53–56. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018.

Elsani, S., Nugraha, A., & Suryana, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Siklus Hidup Hewan terhadap Hasil Belajar Siswa pada Siswa Kelas IV SDN Mugarsari. Metaedukasi, 2, 26–32. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2511.

Fadillah, A., Dewi, N. P. L. C., Ridho, D., Nurkholis, A., Majid, & Prastiwi, M. N. B. (2017). The effect of application of contextual teaching and learning (CTL) model-based on lesson study with mind mapping media to assess student learning outcomes on chemistry on colloid systems. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 101–108. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5128.

Fauzi, H. A., Komalasari, K., & Malik, Y. (2017). Utilization of Audio Visual Media to Improve Student Learning Result in IPS Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 88. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8666.

Giatman, M., Siswati, S., & Basri, I. Y. (2020). Online Learning Quality Control in the Pandemic Covid-19 Era in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 6(2), 168–175. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne.

Hidayah, P., Untari, M. F. A., & Wardana, M. Y. S. (2018). Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(4), 306. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16109.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP : Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045.

Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50–58. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.11.

Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112.

Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442.

Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An Effective Blended Online Teaching and Learning Strategy During the COVID-19 Pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.

Makovec, D. (2018). The Teacher’s Role and Professional Development. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 6(2), 33–45. https://doi.org/10.5937/ijcrsee1802033M.

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293.

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Ope, 1, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Muamanah, H., & Suyadi. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 161–180. https://doi.org/10.29240/belajea.v5.

Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20627.

Nawas, A. (2018). Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach through REACT strategies on improving the students’ critical thinking in writing. International Journal of Management and Applied Science, 4(7). https://digital.library.adelaide.edu.au/dspace/handle/2440/124867.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421.

Pal, D., & Patra, S. (2020). University Students’ Perception of Video-Based Learning in Times of COVID-19: A TAM/TTF Perspective. International Journal of Human-Computer Interaction, 37(10), 903–921. https://doi.org/10.1080/10447318.2020.1848164.

Palupi, B. S. (2020). Penggunaan Video Untuk Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Sekolah Didik Sekolah Dasar Kelas Empat. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 02(02), 34–41. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/54.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, Novaliyosi, & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705.

Potdevin, F., Vors, O., Huchez, A., Lamour, M., Davids, K., & Schnitzler, C. (2018). How Can Video Feedback be Used in Physical Education to Support Novice Learning in Gymnastics? Effects on Motor Learning, Self-Assessment and Motivation. Physical Education and Sport Pedagogy, 23(6), 559–574. https://doi.org/10.1080/17408989.2018.1485138.

Riani, H. R., & Sulistiowati. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Materi Daur Hidup Hewan pada Siswa Kelas IV di SDN Lakarsantri II/473 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/27915.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video (P3AUIPI (ed.)).

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019.

Sari, M. K., & Putri, Y. (2018). The Implementation of Using Picture Media on Teaching Present Continuous Tense. Language Circle: Journal of Language and Literature, 13(1). https://doi.org/10.15294/lc.v13i1.16658.

Selvaraj, A., Radhin, V., KA, N., Benson, N., & Mathew, A. J. (2021). Effect of Pandemic Based Online Education on Teaching and Learning System. International Journal of Educational Development, 85, 102444. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102444.

Seo, K., Dodson, S., Harandi, N. M., Roberson, N., Fels, S., & Roll, I. (2021). Active Learning with Online Video: The Impact of Learning Context on Engagement. Computers & Education, 165, 104132. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104132.

Shah, S. S., Shah, A. A., Memon, F., Kemal, A. A., & Soomro, A. (2021). Online Learning During the COVID-19 Pandemic: Applying the Self-Determination Theory in the ‘New Normal.’ Revista de Psicodidáctica (English Ed.), 26(2), 168–177. https://doi.org/10.1016/j.psicoe.2020.12.003.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892.

Sulihin, S., Asbar, A., & Elihami, E. (2020). Developing of Instructional Video Media to Improve Learning Quality and Student Motivation. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 4(2), 51–55. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/692/346.

Sun, H., & Gao, Y. (2016). Impact of An Active Educational Video Game on Children’s Motivation, Science Knowledge, and Physical Activity. Journal of Sport and Health Science, 5(2), 239–245. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2014.12.004.

Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Videoscribe untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang Kota Tangerang Tahun 2018. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.

Winarto, W., Syahid, A., & Saguni, F. (2020). Effectiveness the Use of Audio Visual Media in Teaching Islamic Religious Education. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 81–107. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol2.iss1.14.

Yoon, M., Lee, J., & Jo, I.-H. (2021). Video Learning Analytics: Investigating Behavioral Patterns and Learner Clusters in Video-Based Online Learning. The Internet and Higher Education, 50, 100806. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2021.100806.

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8.

Downloads

Published

2021-10-04

How to Cite

Dewi, K. D. U., Astawan, I. G., & Simamora, A. H. (2021). Video Pembelajaran Kontekstual pada Topik Daur Hidup Hewan dan Upaya Pelestariannya untuk Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 385–396. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37724

Issue

Section

Articles