Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Tema Berbagai Pekerjaan dengan Fun thinkers
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37730Keywords:
berpikir kritis, media, fun thinkersAbstract
Adanya kesulitan pada guru dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga membuat siswa menjadipasif dan membuat kemampuan berpikir kritas siswa tidak berkembang. Berasarkan hal tersebut diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa daam pembelajaran misalnya dengan media fun thinkers. Penelitian ini bertujuan utnuk memvalidasi media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis untuk siswa SD kelas IV pada tema 4 berbagai pekerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen sebagai ahli materi, 2 orang dosen sebagai ahli media, 2 orang guru sebagai respon praktisi, dan 10 siswa sebagai respon siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas media fun thinkers adalah rating scale berupa lembar penilaian media fun thinkers dari ahli. Data dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis. Penelitian ini menghasilkan media fun thinkers yang telah dinyatakan valid berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli materi, ahli medi, guru, dan siswa dengan rata-rata beradada pada rentang 4.21 < Va < 5.00 dengan kualifikasi sangat valid. Berdasarkan analisis tersebut menunjukkan bahwa media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis untuk siswa SD kelas IV tema 4 berbagai pekerjaan yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
References
AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501. DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369. DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Deepublish.
Akmal, S., Masna, Y., Tria, M., & Maulida, T. A. (2020). EFL Teachers’ Perceptions: Challenges and Coping Strategies of Integrated Skills Approach (ISA) Implementation at Senior High Schools in Aceh. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 4(2), 363. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v4i2.522. DOI: https://doi.org/10.21093/ijeltal.v4i2.522
Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39
Andriawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Praktik Batu Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton di SMKN 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 3(3), 1–7. https://doi.org/http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21282.
Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100–111. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26466.
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Asmara, Y. P., Kurniawan, T., Sutjipto, A. G. E., & Jafar, J. (2018). Application of plants extracts as green corrosion inhibitors for steel in concrete - A review. Indonesian Journal of Science and Technology, 3(2), 158–170. https://doi.org/10.17509/ijost.v3i2.12760. DOI: https://doi.org/10.17509/ijost.v3i2.12760
Ayçiçek, B. (2021). Integration of critical thinking into curriculum: Perspectives of prospective teachers. Thinking Skills and Creativity, 41, 100895. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100895. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100895
Babys, U. (2017). Kemampuan Literasi Matematis Space And Shape Dan Kemandirian Siswa SMA Pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 43. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.82. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.82
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The implementation of contextual learning to enhance biology students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451–457. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.11721. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.11721
Fatdha, S. E., & Alamsyah, M. (2020). Penerapan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Media Pembelajaran Multimedia Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(2), 284–297. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i2.807. DOI: https://doi.org/10.36378/jtos.v3i2.807
Giyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 37. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.635. DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.635
Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.
Hikmawati, N. (2018). Analisa kesiapan kognitif siswa SD/MI. Kariman, 6(1), 109–128. https://doi.org/10.52185/kariman.v6i1.15.
Hilmy, M., & Niam, K. (2020). Winning the Battle of Authorities: The Muslim Disputes Over the Covid-19 Pandemic Plague in Contemporary Indonesia. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 8(2), 293. https://doi.org/10.21043/qijis.v8i2.7670. DOI: https://doi.org/10.21043/qijis.v8i2.7670
Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29
Ismail, M. E., Utami, P., Ismail, I. M., Hamzah, N., & Harun, H. (2018). Development of massive open online course (MOOC) based on addie model for catering courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 184. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828
Jainuddin. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa Kelas XI. IPA 1 SMA Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(3), 44–52. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i3.42. DOI: https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i3.42
Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353
Khairunnisa, I. S. J. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i1.3970. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970
Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106. DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106
Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770
Maemanah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Kimia Abad Ke 21. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 143–154. https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i2.4901.
Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298
Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2), 98. https://doi.org/10.29210/146600. DOI: https://doi.org/10.29210/146600
Noviyanti, E., Rusdi, R., & Ristanto, R. H. (2019). Guided Discovery Learning Based on Internet and Self Concept: Enhancing Student’s Critical Thinking in Biology. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1196. DOI: https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1196
Pham, V. H., Cichy, I., Wawrzyniak, S., & Rokita, A. (2020). “BRAINballs” educational balls - An innovative teaching method in education “Children learn while playing.” VNU Journal of Science: Education Research, 36(4), 68–74. https://doi.org/10.25073/2588-1159/vnuer.4443. DOI: https://doi.org/10.25073/2588-1159/vnuer.4443
Prasetyono, R. N., & Trisnawati, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Empat Pilar Pendidikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 162. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679. DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679
Pratiwi, D. S., & Andayono, T. (2019). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Terhadap Penggunaan E-Learning. Cived, 6(4). https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.106894. DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.106894
Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258. DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a. DOI: https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3, 351–365. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136
Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330. DOI: https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330
Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.411329
Saroh, I. (2016). Pengembangan Media Flash CardFun thinkers Tematik Sebagai Pendukung Pembelajaran Saintifik Pada Siswa Kelas II SD N Karang Tempel: Vol. III (Nomor 2). Universitas PGRI Semarang.
Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmanarti, D., Juniarso, T., & Wardani, I. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. MANGGALI: Jurnal Pengabdian dan Pembelajaran Masyarakat, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547. DOI: https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154. https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23608.
Untari, E. (2017). Pentingnya Pembelajaran Multiliterasi untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16–22. https://doi.org/10.17977/um035v25i12017p016. DOI: https://doi.org/10.17977/um035v25i12017p016
Wijaya, I. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2021). the Influence of Fun thinkers Book Media Towards Science Concepts Understanding of 5Th Grade Student on Min 3 Central Lombok in 2020/2021 Academic Year. Progres Pendidikan, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i2.128. DOI: https://doi.org/10.29303/prospek.v2i2.128
Yunita, & Aris Susanto. (2020). Merancang Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Dreamweaver Pada SMAN 1 Kapoiala. Simkom, 5(2), 9–18. https://doi.org/10.51717/simkom.v5i2.43. DOI: https://doi.org/10.51717/simkom.v5i2.43
Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)