Tingkatkan Berpikir Kritis Siswa Belajar Tema Berbagai Pekerjaan dengan Fun Thinkers

Ni Made Upadani, I Gusti Ayu Tri Agustiana, I Gede Astawan

Abstract


Adanya kesulitan pada guru dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga membuat siswa menjadipasif dan membuat kemampuan berpikir kritas siswa tidak berkembang. Berasarkan hal tersebut diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa daam pembelajaran misalnya dengan media fun thinkers. Penelitian ini bertujuan utnuk memvalidasi media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis untuk siswa SD kelas IV pada tema 4 berbagai pekerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE.  Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen sebagai ahli materi, 2 orang dosen sebagai ahli media, 2 orang guru sebagai respon praktisi, dan 10 siswa sebagai respon siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas media fun thinkers adalah rating scale berupa lembar penilaian media fun thinkers dari ahli. Data dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis. Penelitian ini menghasilkan media fun thinkers yang telah dinyatakan valid berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli materi, ahli medi, guru, dan siswa dengan rata-rata beradada pada rentang 4.21 < Va < 5.00 dengan kualifikasi sangat valid. Berdasarkan analisis tersebut menunjukkan bahwa media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis untuk siswa SD kelas IV tema 4 berbagai pekerjaan yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


berpikir kritis, media, fun thinkers

References


AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39

Andriawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Praktik Batu Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton di SMKN 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 3(3), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21282

Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100–111.

Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Ayçiçek, B. (2021). Integration of critical thinking into curriculum: Perspectives of prospective teachers. Thinking Skills and Creativity, 41, 100895. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100895

Babys, U. (2017). Kemampuan Literasi Matematis Space And Shape Dan Kemandirian Siswa SMA Pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 43. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.82

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The implementation of contextual learning to enhance biology students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451–457. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.11721

Fatdha, S. E., & Alamsyah, M. (2020). Penerapan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Media Pembelajaran Multimedia Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(2), 284–297. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i2.807

Giyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 37. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.635

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p

Hikmawati, N. (2018). Analisa kesiapan kognitif siswa SD/MI. Kariman, 6(1), 109–128. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/kariman.v6i1.15

Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29

Jainuddin. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI LATIHAN MENYELESAIKAN SOAL SECARA SISTEMATIS PADA SISWA KELAS XI. IPA1 SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 1(3), 44–52. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i3.42

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353

Khairunnisa, I. S. J. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i1.3970

Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106

Kusumawardhana, M. M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Adobe Flash CS4 Profesional BerbentukGame Pendidikan Ular Tangga Pintar untuk Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas XI SMKN 2 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770

Maemanah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Kimia Abad Ke 21. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 143–154. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i2.4901

Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298

Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2), 98. https://doi.org/10.29210/146600

Pham, V. H., Cichy, I., Wawrzyniak, S., & Rokita, A. (2020). “BRAINballs” educational balls - An innovative teaching method in education “Children learn while playing.” VNU Journal of Science: Education Research, 36(4), 68–74. https://doi.org/10.25073/2588-1159/vnuer.4443

Prasetyono, R. N., & Trisnawati, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Empat Pilar Pendidikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 162. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679

Pratiwi, D. S., & Andayono, T. (2019). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Terhadap Penggunaan E-Learning. Cived, 6(4). https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.106894

Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3, 351–365. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136

Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330

Saroh, I. (2016). Pengembangan Media Flash CardFun Thinkers Tematik Sebagai Pendukung Pembelajaran Saintifik Pada Siswa Kelas II SD N Karang Tempel: Vol. III (Nomor 2). Universitas PGRI Semarang.

Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmanarti, D., Juniarso, T., & Wardani, I. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. MANGGALI: Jurnal Pengabdian dan Pembelajaran Masyarakat, 1(1), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23608

Untari, E. (2017). Pentingnya Pembelajaran Multiliterasi untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16–22. https://doi.org/10.17977/um035v25i12017p016

Wijaya, I. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2021). the Influence of Fun Thinkers Book Media Towards Science Concepts Understanding of 5Th Grade Student on Min 3 Central Lombok in 2020/2021 Academic Year. Progres Pendidikan, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i2.128

Yunita, & Aris Susanto. (2020). Merancang Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Dreamweaver Pada SMAN 1 Kapoiala. Simkom, 5(2), 9–18. https://doi.org/10.51717/simkom.v5i2.43

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72–80.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37730

Article Metrics

Abstract view : 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha  



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.