PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NO. 3 KALIUNTU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

I Dewa Gede Diana Putra ., Drs. I Made Suarjana, M.Pd ., Drs. Made Sumantri .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) pada siswa kelas III Sekolah Dasar no. 3 Kaliuntu tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar no. 3 Kaliuntu tahun pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus persentase tingkat ketuntasan belajar, selanjutnya dikonversikan ke dalam tingkat hasil belajar IPA berdasarkan PAP skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71,75% termasuk kategori sedang. Pada siklus II meningkat menjadi 86,75% termasuk kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15%. Ini berarti pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III Sekolah Dasar no. 3 Kaliuntu tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions), hasil belajar IPA

This study purposed to determine the improvement of science learning outcomes by implementing STAD (student teams achievement divisions) cooperative learning model to the third grade students of elementary school number 3 kaliuntu academic year of 2013/2014. This study is a classroom action research which conducted in two cycles. The subjects were the third grade of elwmetary scool number 3 kaliuntu academic year 2013/2014. Methods of data collection in this study using the test. Data were analized using the formula percentage level of mastery learning subsequntly converted into the level of science learning outcomes based on PAP 5 scale. The results showed an increasement in student learning outcomes classically in cycle 1 was 71.75% considered as moderate catagory in cycle II raising to 86.75%. considered as higher catagory. Improvment of student learning outcome from cycle 1 to cycle 2 by 15%. This means STAD (student teams achievement divisions) cooperative learning can inprove student learning outcomes in science class III elementary school number 3 kaliuntu academic year of 2013/2014.
keyword : STAD (student teams achievement divisions) cooperative learning, science learning outcomes.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.