Media Monopoli Sains (MONOIN) Untuk Pembelajaran IPA Pada Materi Semester I Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.37888Keywords:
Media Pembelajaran, Monopoli, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil analisis lapangan kepada guru yang kesulitan mengembangkan media pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran dan tidak dapat memahami materi secara maksimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran Monopoli Sains (MONOIN) untuk mata pembelajaran IPA semester 1 (satu) pada Kelas IV Sekolah dasar. Riset ini memakai pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang pakar yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan guru, serta uji coba dilakukan pada kelompok kecil 5 siswa dan kelompok besar 10 siswa pada kelas IV untuk uji coba media. Hasil review validasi oelh ahli media didapatkan persentase sebesar 79% dikategorikan ”Baik”, hasil validasi ahli materi didapatkan persentase sebesar 95,2% dikategorikan “Sangat Baik”, hasil validasi pendidikan didapatkan persentase sebesar 97,3% dikategorikan “Sangat Baik”, hasil respon peserta didik pada kelompok kecil didaptkan persentase sebesar 87,73% dikategorikan “sangat baik” dan kelompok besar didapatkan hasil 94,40% dikategorikan “Sangat Baik”. berdasarkan hasil perolehan data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Monopoli Sains ini layak digunakan sebagai media pendidikan IPA semester I pada kelas IV sekolah dasar.
References
Aditama, H. S., Zainuddin, M., & Bintartik, L. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sentul 1. Wahana Sekolah Dasar; Vol 27, No 2 (2019), 27(2), 29–35. http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/view/12471.
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446.
Arshad, A. M., Halim, L., & Nasri, N. M. (2021). Impact of Integrating Science and Engineering Teaching Appoarch on Student’ Achievement: A Meta Analysis. 10(2), 159–170. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29839.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.
Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131.
Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855.
Ega Rima Wati, S. pd. (2016). Ragam Media Pembelajaran (A. Jarot (ed.)). Kata Pena.
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34. http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i1p27-34.
Gumilang, juwita retna. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri 1 Gondang. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1112.
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6.
Haviz, M. (2016). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235.
Hidayah, P., Untari, M. F. A., & Wardana, M. Y. S. (2018). Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(4), 306. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16109.
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3, 10–15. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.720.
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di Sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255.
M.Ramli. (2017). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al Quran dan Hadist. 13(23), 130–154. http://dx.doi.org/10.18592/ittihad.v13i23.1737.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6, 212–221. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37973.
Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424–437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243.
Monita, F. A., & Ikhsan, J. (2020). Development Virtual Reality IPA (VR-IPA) learning media for science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012103.
Mukti, intan nur cahya, & Nurcahyo, H. (2017). Developing Computer- Based Biology Learning Media to Improve the Students’ Learning Outcom. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137–149. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.7644.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.
Nurlaela, L. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 180–187. https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.108.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik (Tim Redaksi Pustaka setia (ed.); Cetakan Ke). CV Pustaka Setia.
Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.
Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 4-6–43. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1797.
Risma, R., Bua, A. T., & Annisa, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Tema Ekosistem untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 92. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.301.
Siskawati maya, pargiti, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. 4(1), 72–80. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/11522/8189.
Suryani, E. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd Menggunakan Two-Tier Test Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of Primary Education, 5(1), 56–65. https://doi.org/10.15294/JPE.V5I1.12893.
Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan (Mulyadi (ed.); 1st ed.). DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Ulfaeni, S. (2018). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas Iii Sdn Pedurungan Kidul 02 Semarang. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 143. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.4990.
Wahyuni, S., Erman, Sudikan, S. Y., & Jatmiko, B. (2020). Edmodo-based Interactive Teaching Materials as an Alternative Media For Science Learning to Improve Critical Thinking Skills of Junior High School Students. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(9), 166–181. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i09.13041.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.
Wardhana, ludfi A., & Alawiyah, yustika tuti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis tematik pada Tema 4 (Hidup Bersih dan Sehat) Kelas II SDN Sumbersuko Kabupaten Probolinggo. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014.
Wicaksono, A. G., Jumanto, & Irmade, O. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PE:Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. https://scholar.google.co.id/citations?user=l2KFhksAAAAJ&hl=id.
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2016). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1–8. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9759.
Zaenal Fais, M., Listyarini, I., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097.
Zulirfan, Z., Rahmad, M., Yennita, Y., Kurnia, N., & Hadi, M. S. (2018). Science Process Skills and Attitudes toward Science of Lower Secondary Students of Merbau Island: A Preliminary Study on the Development of MaritimeBased Contextual Science Learning Media. Journal of Educational Sciences, 2(2), 90. https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.90-99.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)