PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK-V BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V

Ni Komang Jayanti ., Drs. I Made Suarjana, M.Pd ., I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Heuristik-V berbantuan peta konsep dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Buleleng Tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalen post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas V di Gugus III Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 159 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD No. 1 jinengdalem yang berjumlah 21 orang dan kelas V SD No. 2 Jinengdalem yang berjumlah 23 orang. Data pemahaman konsep IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan anava satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh Fhitung = 18,81 dan Ftabel (pada taraf signifikansi 5%) = 4,08. Hal ini berarti bahwa Fhitung > Ftabel, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Heuristik-V berbantuan peta konsep dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Buleleng. Perbandingan hasil perhitungan rata-rata pemahaman konsep IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran Heuristik-V berbantuan peta konsep adalah 39,29 lebih besar dari rata-rata pemahaman konsep IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 33,13. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran Heuristik-V berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V di Gugus III Kecamatan Buleleng.
Kata Kunci : model Heuristik-V, peta konsep, pemahaman konsep IPA

The purpose of this research are analyze the differences of understanding of science concepts between students who are learning by Heuristik-V with concepts mapping and students who are learning by conventional the fifth class students in Gugus III Buleleng District academic year 2013/2014. This research is a quasi experimental study with non equivalen post-test only control group design. The study population was all fifth class students in Gugus III Buleleng District academic year 2013/2014, total to 159 people. The sample of this research consist of fifth class students at SD No. 1 Jinengdalem (total 21 people) and SD No. 2 Jinengdalem (total 23 people). The research data (understanding of science concepts) collected by essay test instrument. The data collected were analyzed using descriptive statistical analysis and anava one lane. Based on the results of this research concluded that there are significant differences of understanding of science concepts between students who are learning by students who are learning by Heuristik-V with concepts mapping and students who are learning by conventional the fifth class students in Gugus III Buleleng District academic year 2013/2014 (Fcount > Ftable = 18,81 > 4,08, significance level of 5%). The mean comparison of understanding science concepts between students who are learning by students who are learning by Heuristik-V with concepts mapping and students who are learning by conventional l (39,29 vs 33,13). The means that the application learning by Heuristik-V with concepts mapping affect of understanding of science concepts.
keyword : Heuristik-V model, concept mapping, understanding of science concepts

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.